Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

rexan92Avatar border
TS
rexan92
Versi Eep, Ini 5 Faktor Anies-Sandi Menang Telak Lawan Ahok-Djarot
Jakarta - CEO Polmark Indonesia yang juga Timses Pemenangan Anies-Sandi, Eep Saefulloh Fatah, menyebut ada lima faktor penyebab jagoannya menang dengan selisih jauh dari Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)-Djarot Saiful Hidayat. Ini lima faktor tersebut.

Pertama, Eep mengatakan terkarantinanya pemilih Ahok. Maksudnya adalah jumlah pemilih Ahok-Djarot tidak meningkat dan tidak mengecil.

"Ada lima faktor menyebabkan Anies-Sandi menang jauh, pertama adalah terkarantinanya pemilih Ahok-Djarot. Maksud terkarantina adalah jumlah atau besaran pemilih Basuki-Djarot tidak meningkat dan tidak mengecil di putaran dua bahkan mengalami penurunan hampir 14 ribu pemilih," ujar Eep di Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (22/4/2017).

Selanjutnya, Eep mengatakan angka partisipasi meningkat dari 77% menjadi 78%. Ini mengulang seperi tahun 2012 yang naik 2%.

"Angka partisipasi meningkat dari 77 menjadi 78. Dari putaran satu ke putaran dua mengalami peningkatan bukan penurunan. Jadi mengulang trend 2012. Meningkat 2%. Sekarang meningkat 1, sekian persen, peningkatan terjadi," imbuhnya.

Menurut Eep yang terpenting adalah pada saat-saat terakhir atau masa tenang itu dapat menentukan. Ketika masa tenang timbul isu sembako.

"Ketika menurut saya penting, apa yang terjadi di akhir seperti masa tenang. Suasana kolektif yang mempengaruhi mereka, pada saat itu ada hujan sembako terjadi. Saya menduga secara kualitatif itu berfungsi negatif bagi yang berkampanye, itu pertama dalam sejarah pilkada membagikan sembako pada masa tenang dan memakai atribut kampanye," jelasnya.

Keempat, adalah perlawanan terhadap keunikan TPS atau potensi kejahatan kecurangan pemilu. Menurutnya indikasi ini datang pada putaran satu yang terkonsentrasi pada tempat-tempat paslon tertentu.

"Faktor selanjutnya adalah perlawanan terhadap keunikan TPS atau potensi kejahatan atau kecurangan pemilu. Di Jakarta ini ada 1848 tps yg terindikasi seperti itu. Indikasi itu datang dari pemilih tambahan, hampir 250 ribu DPTB pada putaran satu. Itu terkonsentrasi di tempat-tempay yang paslon tertentu berpotensi menang besar, jadi bisa kita kaitkan kedua TPS," imbuhnya.

Terakhir adalah faktor agama, menurut Eep itu memiliki pengaruh tertentu. Faktor agama dianggap sebagai air bah.

"Faktor agama tentu saja memiliki pengaruh tertentu dikarenakan Al- Maidah. Saya ingun bilang kalau faktor agama itu seperti air bah, penyebabnya adalah bendungan yang dibuka. Jadi kalau ada pemimpin yang menjaga lisannya, masuk ke isu sensitif di negeri seperti Indonesia, maka harus terima konsekuensinya," tutup Eep.

Sumber :
https://m.detik.com/news/berita/d-3481435/versi-eep-ini-5-faktor-anies-sandi-menang-telak-lawan-ahok-djarot?_ga=1.93266013.1100434032.1492845710


Sudah kuduga emoticon-Cape d...
0
3.9K
39
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan