Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

bearbrickAvatar border
TS
bearbrick
Benci kena sariawan? Makanya hati-hati sama penyebabnya.

Halo Gan.. Welcome to my thread..



Sariawan adalah salah satu penyakit mulut yang sering jadi keluhan banyak orang. Penyakit ini bisa muncul di bibir, di lidah ataupun rongga mulut. Gue adalah salah satu orang yang sering mengalami sariawan. Gimana rasanya? Rasanya itu mirip kalo kita disakitin pacar, perih dan menyakitkan. Mau makan susah, minum pun jadi malas. Orang yang pernah ngerasain sariawan bakal bilang kalo ini adalah salah satu penyakit yang menyakitkan. Dan gue setuju itu.
Saking seringnya kena sariawan, gue sampe harus cari tau kesana kemari tentang penyebab sariawan itu sendiri. Karena setau gue, gue udah menerapkan pola hidup sehat, tapi kenapa kok bisa sering kena sariawan. Dibawah ini adalah beberapa hal yang bisa jadi penyebab sariawan:


1. Kurang Vitamin C

Spoiler for :

Vitamin C adalah salah satu vitamin yang bisa menunjang daya tahan tubuh. Dengan mengkonsumsi vitamin c, maka daya tahan tubuh kita akan meningkat, dan tubuh tidak akan mudah terinfeksi bakteri. Sariawan muncul karena adanya bakteri virus di mulut. Jadi, buat kalian yang jarang mengkonsumsi vitamin c, hati-hati ya sama kesehatan mulut kalian. Alangkah lebih baiknya kita mulai rutin mengkonsumsi vitamin c, yang bisa kita dapetin dari buah-buahan, misalnya : jeruk, jambu biji, stoberi dan lain-lain.


2. Daerah rongga mulut tergigit

Spoiler for :


Pernah ngalamin waktu lagi enak2 makan, tiba2 daerah bagian rongga mulut kegigit? Itu rasanya sakit banget. Gue sering ngalamin ini gara2 makan buru2. Awalnya biasa aja gak ada keluhan apa2, tapi besok2nya baru kerasa deh ada sariawan tumbuh disekitar rongga mulut. Dan itu ganggu banget.
Biasanya sariawan karna “kegigit” ini punya masa penyembuhan yang relative buat tiap orang. Hal ini tergantung sama kondisi tubuh dan asupan makanan yang mengandung vitamin c.


3. bracket dari kawat gigi

Spoiler for :


Buat kalian yang sekarang lagi perawatan gigi pake kawat gigi, pasti udah sering ngalamin gejala sariawan. Hal ini disebabkan oleh pemasangan bracket kawat gigi, yang bisa menimbulkan luka di bagian gusi dan rongga mulut. Ada baiknya kalian memeriksakan kesehatan gigi kalian secara rutin. Jangan sampai pemasangan bracket ini malah menimbulkan masalah baru.


4. kuman, plak dan bakteri yang berkembang di mulut

Spoiler for :


Sariawan bisa juga muncul karena kuman, bakteri atau plak yang bersarang di dalam mulut yang gak dibersihin dengan baik. Nah tuh yang jarang gosok gigi tiati dah. Kalo giginya udah dikerumunin bakteri, maka kuman akan menginfeksi bagian mulut yang menyebabkan gangguan kesehatan, misal : sakit gigi, atau gigi berlubang.


5. Depresi

Spoiler for :


Siapa bilang sariawan cuma muncul karena masalah kesehatan dan juga kebersihan secara fisik? Faktanya, sariawan juga bisa muncul karena adanya masalah kesehatan secara mental. Kalo kalian lagi dalam keadaan tertekan atau stress, bisa jadi di area mulut timbul sariawan secara tiba2. Sariawan yang muncul disebabkan kondisi rongga mulut terlalu kering akibat sekresi air liur berkurang gara-gara depresi.


6. Kanker mulut dan kanker rongga mulut

Spoiler for :


Ini salah satu penyebab dari sariawan yang paling berbahaya dan juga menakutkan. Ya, kanker rongga mulut atau yang dikenal juga dengan canker sores, yaitu tumor atau juga sel kanker pada bagian rongga mulut, dimana salah satu gejala utamanya adalah sariawan yang berulang atau recurrent mouth ulcers dalam istilah lainnya. Jadi, apabila anda mengalami sariawan, terutama dalam jangka waktu yang sangat lama, dengan titik kemunculan sariawan yang berubah-ubah dan juga besarnya sariawan yang gak normal, kita wajib, mengkonsultasikan hal ini ke dokter kepercayaan kita. Bukan gak mungkin gejala sariawan seperti yang telah disebutkan tersebut merupakan gejala dari kanker mulut. Hiii seram..


7. Dinding pembuluh darah kapiler yang mengalami pendarahan

Spoiler for :


Selain itu, penyebab sering sariawan juga dapat disebabkan karena adanya pembuluh darah kapiler pada bagian mulut yang mengalami pendarahan. Pendarahan ini dapat menimbulkan sariawan pada bagian rongga mulut kita.


8. Hemofilia

Spoiler for :


Salah satu jenis penyakit langka yaitu hemofilia, yang merupakan jenis penyakit genetis dan salah satu penyakit yang dapat menyebakan sariawan. Biasanya, sariawan yang dialami oleh penderita hemofilia juga disertai oleh beberapa jenis pendarahan, dan terjadi secara tidak normal


Itulah beberapa penyebab sariawan yang harus kita waspadai. Sariawan gak bisa dianggap remeh, karena bisa jadi sariawan itu adalah gejala dari salah satu penyakit berbahaya. Maka dari itu, yuk kita jaga kesehatan mulut kita mulai dari sekarang, minimal dengan rajin sikat gigi dulu gan dan pilih pasta gigi terbaik yang cocok sama gigi kita, kalo gue sih dirumah biasa pake pasta gigi enzim, kalo kalian pake apa?


Terima Kasih buat yang udah mampir dan ngasih apresiasi dalam bentuk apapun.. emoticon-Kiss (S)emoticon-Kiss (S)



Gigi dan rongga mulut sehat, hidup nikmat, karena jauh dari penyakit sekecil apapun.







Gigi dan rongga mulut sehat, hidup nikmat, karena jauh dari penyakit sekecil apapun.

Diubah oleh bearbrick 05-04-2017 08:46
0
26.2K
183
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan