Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

cukur.rambuAvatar border
TS
cukur.rambu
Geger! Uang Baru Sudah Berhasil Dipalsukan, Ini Ciri-Cirinya


Akhir tahun 2016 lalu, pemerintah Indonesia baru saja menerbitkan uang rupiah cetakan baru. Belum juga uang ini tersebar secara meluas di Indonesia, sudah ada yang mampu membuat tiruannya.

Hal ini diketahui dari unggahan pengguna Facebook Budiyanto Chen, Kamis (30/3/2017). Pada postingan tersebut, Budiyanto menuliskan peringatan beserta sejumlah foto yang membandingkan bentukuang pecahan Rp 50.000 yang asli dan palsu.

“Hati2 ya guys, uang palsu type terbaru sudah beredar. Semoga informasi ini berguna membantu bagi kita semua, semoga Bank Indonesia dan Kepolisian kita cepat mengusut uang palsu yang jelas merugikan masyarakat kita. #uangpalsu#waspada,” tulis Budiyanto.

Jika dilihat sekilas, memang tak ada beda antara uang asli dan palsu tersebut. Keduanya terlihat amat mirip, terlebih jika belum pernah melihat uang baru secara langsung. Namun, jika dicermati lebih teliti, akan nampak sejumlah perbedaan yang cukup mencolok.

Berikut sejumlah perbedaan mencolok antara uang asli dan palsu:

Bagian pita


Pada uang asli terlihat dengan jelas tulisan “Negara Kesatuan Republik Indonesia” tercetak diatas pita dan menyatu dengan baik. Namun, pada uang palsu, tulisan ini seakan tertindih oleh pita.

Gambar timbul air


Masih ingat kan cara mengecek uang dengan diterawang? Pada uang asli, gambar timbul air jika dilihat akan tampak jelas gambar pahlawan. Namun, pada uang palsu gambar ini tampak buram dan tak jelas.

Tulisan Bank Indonesia dan Nominal


Pada uang asli, cetakan tulisan “Bank Indonesia” dan nominal “50000” tampak jelas berada dalam sebuah trapesium dengan titik-titik putih. Namun, pada uang palsu, tulisan ini terlihat buram. Bentuk trapesiumnya pun tak tampak dengan jelas.

Kondisi fisik


Jika dibandingkan, terlihat perbedaan yang begitu kentara diantara keduanya, mulai dari warna, bentuk dan ketebalan tulisan, hingga sejumlah gambar pada uang.



Pada uang asli terlihat dengan jelas hingga detail terkecilnya. Namun, pada uang palsu detail-detail ini seakan menghilang begitu saja.

Cek TKP

Yuk, bagikan artikel ini agar saudara dan kerabat kita lebih waspada terhadap uang palsu ini! emoticon-I Love Indonesia

Quote:
Diubah oleh cukur.rambu 02-04-2017 15:11
0
15.4K
113
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan