Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

everesthomeAvatar border
TS
everesthome
Polling CNN: Solusi Banjir Ahok Lebih Baik dari Anies
Polling CNN: Solusi Banjir Ahok Lebih Baik dari Anies
Senin, 27/02/2017 13:02 WIB



Jakarta, CNN Indonesia -- Hujan deras yang mengguyur wilayah Jabodetabek sehari setelah pencoblosan, 16 Februari lalu, menyebabkan banjir di sejumlah titik. Calon gubernur Anies Baswedan menyodorkan solusi banjir yang berbeda dengan sang petahana, Basuki Tjahaja Purnama.

Setidaknya ada tiga solusi yang dia tawarkan untuk Jakarta mengatasi persoalan banjir. Yaitu pengendalian air yang turun melalui sumur resapan atau vertical drainage; penampungan melalui situ atau waduk; dan ketiga, membenahi penyerapan di daerah hulu.

“Jadi ada yang harus dibereskan dengan penambahan situ, ada yang harus dibereskan dengan vertical drainage. Ada yang harus dibereskan dengan pengerukan. Tidak satu solusi untuk seluruh masalah," kata Anies, 17 Februari lalu.

Sementara Ahok telah lebih dulu melakukan normalisasi sungai, solusi banjir yang menurutnya pasti akan dilakukan juga oleh Anies.

"Kalau dia (Anies) enggak melakukan normalisasi seperti yang saya lakukan, bohong itu. Saya berani taruhan. Itu namanya kebutuhan kampanye saja," ujar Ahok, 20 Februari lalu.

Solusi mana yang lebih baik?

CNNIndonesia.com melakukan jajak pendapat (polling) Twitter yang dilakukan pada 24-26 Februari lalu. Hasilnya, sebanyak 85 persen responden menyatakan, solusi Ahok dan pasangannya Djarot Syaiful Hidayat lebih baik, 15 persen lainnya memilih solusi yang ditawarkan Anies-Sandiaga Uno.

Polling CNNIndonesia.com dilakukan melalui Twitter dengan pertanyaan tunggal: soal banjir, Anies mengandalkan drainase vertikal dan Ahok normalisasi sungai. Menurut Anda, mana solusi banji yang lebih baik?

Jajak pendapat ini bukan polling ilmiah. Polling ini diikuti oleh 4.376 pengguna media sosial tersebut.

Pada 22 Februari lalu, Djarot menyatakan, program normalisasi sungai akan tuntas pada 2022. Merujuk evaluasi Pemprov DKI, normalisasi sungai sudah berjalan 40 persen.

Djarot menuturkan, jika program normalisasi sungai secara konsisten dikerjakan, potensi banjir Jakarta akan terus berkurang. Syaratnya, normalisasi harus diikuti pembukaan ruang terbuka hijau, embung, waduk, ruang terbuka biru, dan pembuatan sumur resapan. (rdk)

Sumber

[Nasbung MODE ON]

Fix...CNN Indonesia media nastak.. emoticon-Mad

[Nasbung MODE OFF]
0
3.2K
25
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan