Quote:
Hotel dan tamu adalah 2 bagian yang tidak pernah dipisahkan. Apalah arti hotel kalau gak ada tamunya. Begitu juga tamu, butuh hotel waktu pergi keluar rumah. Semua setuju, yang namanya tamu adalah raja. Tamu yang sudah membayar, berhak mendapatkan service dan fasilitas terbaik dari hotel itu. Tapi namanya juga manusia, diciptakan berbeda-beda rupa dan karakter. Begitu juga dengan yang namanya tamu. Tipenya berbeda-beda.
Terinspirasi dari pengalaman Nadya Ulfa, salah satu hostnya C***O*Y**, berikut ane coba simpulkan, tipe tamu kaya gimana sih yang sering ada di hotel. Cekidot Gan!
Quote:
1. Tipe Gak Ribet Nerima Semua Apa Adanya
Mereka ini adalah tipe tamu hotel yang sangat diidam-idamkan oleh semua petugas hotel. Gak ribet. Waktu check in, sabar nunggu giliran. Waktu masuk kamar gak komplen walaupun kamarnya bau asap rokok. Meskipun air di kamar mandi kecil, gak masalah. Pokoknya, mereka ini udah bersyukur bisa nginep di hotel. Ada masalah dikit, gak usah dipusingin.
Quote:
2. Tipe Ribet Minta Ini Itu
Dari mulai check in udah request macem-macem. Mau kamar non smoking, ranjangnya double bed + extra bed dan 2 bantal tambahan, lantainya jangan terlalu bawah tapi harus menghadap kolam renang. Setelah check in, tambah ribet, minta dibawain setrikaan, hair dryer, sama sandal hotel yang baru. Waktu sarapan, minta telur rebus setengah mateng yang direbus 3 menit aja. Intinya, super ribet.
Quote:
3. Tipe Gak Mau Rugi, Semua Diambil
Prinsip mereka, udah bayar mahal, jangan mau rugi. Pertama mereka bakal ngambil semua barang gratisan yang ada di kamar hotel mulai dari shampoo, sabun, sikat gigi, sendal hotel, bolpen sampai notes. Minuman yang ada di lemari es juga bakal diambil biar besoknya bisa di-reload lagi. Giliran lagi sarapan, semua menu dicoba dan kalau bisa dalam jumlah yang banyak. Gak boleh rugi deh pokoknya!
Quote:
4. Tipe Main Kucing-Kucingan Sama Petugas
Biasanya mereka ini datang rombongan tapi pelit/ kere/ gak mau rugi/ mau hemat. Mereka cuman pesan 1 kamar yang biasanya cuman buat 2 orang. Padahal mereka datang ber-5. Triknya adalah 2 orang akan mengantri check in, yang lain tunggu di luar. Begitu 2 orang masuk ke kamar, yang lain datang seolah-olah jadi teman tamu yang menginap. Ujung-ujungnya gak turun-turun sampai waktu check out. Wkwkwkwkwk
Quote:
5. Tipe Komplen Melulu
Kerjaannya komplen melulu.
“Kok gak ada tempat parkir yang bener sih Mas?”
“Kok lama banget sih check in-nya Mas?”
“Kamarnya bau rokok banget Mba, minta ganti dong”
“AC-nya gak dingin nih Mba”
“Sepreinya bau apek nih Mas”
“Lantainya lengket, minta dipel-in ya”
“Wah, terlurnya belum mateng nih Mas, minta yang baru ya”
“Nasinya udah abis, minta ditambah dong Mas”
Dan list komplennya masih terus belanjut…
Quote:
6. Tipe Nanya Melulu
Maklum, ada pepatah bijak mengatakan, malu bertanya sesat di jalan. Prinsip ini sangat dipegang teguh oleh tipe tamu hotel yang ini. Karena mereka adalah turis, biasanya mereka lebih bawel, nanya ini itu. Contohnya, “Makanan enak dekat hotel apa ya?” “Gimana caranya pergi ke tempat wisata X” “Tukang sewain sepeda di mana ya?” “Gimana cara nawar, biar dikasih harga murah di pasar Y?”
Yah, intinya 1001 macem deh tipe-tipe tamu hotel. Makanya, pihak hotel harus pintar-pintar membaca karakter setiap tamunya biar tamu puas, hotelnya pun jadi terkenal. Nah, kalau Agan termasuk tipe yang mana nih?
Quote:
Mau tau tips-tips yang lain? Klik
di mariGan!