natnatasyaAvatar border
TS
natnatasya
Ahok Tak Dinonaktifkan, Ormas Islam Ancam Gelar Aksi 212 Jilid II
Ahok Tak Dinonaktifkan, Ormas Islam Ancam Gelar Aksi 212 Jilid II
Editor: Regina Nabila - Feb 15, 2017 07:19
Ahok foto bersama warga di Balai Kota setelah kembali jadi Gubernur Jakarta (Sherly/Kriminalitas.com)

KRIMINALITAS.COM, Jakarta – Segelintir ormas masih tak rela dengan diaktifkannya Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) sebagai Gubernur DKI Jakarta. Padahal, saat ini dia berstatus sebagai terdakwa.

Seperti yang dilakukan Forum Umat Islam (FUI) misalnya, mereka mengaku akan melakukan aksi yang dilakukan pada 21 Februari sebagai bentuk protes kembalinya Ahok di Balai Kota.

“Kalau untuk Ahok aksinya Insya Allah tanggal 21 Februari karena kebetulan disingkatnya 212 juga,” kata Sekjen FUI, Muhammad Al Khaththath di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (14/2/2017).

Adapun aksi unjuk rasa itu bertepatan dengan sidang kasus dugaan penistaan agama. Dia berharap dengan semangat 212, maka tuntutan agar Ahok segera dipenjara dapat tercapai.

“Pak Permadi saja yang mendapatkan tuduhan yang sama segera ditahan, masa Ahok tidak. Ya disitulah ketidakadilannya,” tegasnya.

Meski begitu, dia mengaku belum bisa memastikan apakah Imam Besar Front Pembela Islam, Habib Rizieq Shihab akan terlibat dalam aksi 212 jilid II itu.

“Saya belum tanya Habib Rizieq, yang pasti ini kan ini baru disampaikan. Nanti tergantung kalau misalnya nggak ada yang merespon ya nggak jadi,” pungkasnya.

Dalam UU Nomor 23 Tahun 2014 disebutkan kepala daerah yang didakwa dengan ancaman hukuman 5 tahun harus diberhentikan. Namun, Ahok didakwa dengan dua pasal secara alternatif. Pasal utama memiliki ancaman hukuman 4 tahun, sedangkan pasal alternatifnya memiliki ancaman 5 tahun penjara.

Alhasil, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengaku akan menyampaikan polemik pasal berlapis ini ke Mahkamah Agung (MA). Dia akan menginventarisasi semua masalah dalam status Ahok ini.

Elga Hikari Putra and Regina Nabila
http://kriminalitas.com/ahok-tak-dinonaktifkan-ormas-islam-ancam-gelar-aksi-212-jilid-ii/
0
22.8K
333
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan