Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

antihoax2017Avatar border
TS
antihoax2017
Jawaban SBY dari Penyadapan Hingga Tuduhan di Balik Dugaan Makar
https://indonesiaoversight.com

Jawaban SBY dari Penyadapan Hingga Tuduhan di Balik Dugaan Makar
01/02/2017 18:00

JAKARTA – Ketua Umum Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) bereaksi soal namanya yang disebut dalam percakapan telepon yang melibatkan dirinya dengan Ketua MUI, KH Maruf Amin. SBY meminta aparat penegak hukum untuk mengusut kabar kebenaran tersebut. SBY juga kembali merespons soal tudingan dirinya yang diseret-seret dalam tuduhan makar.

“Kalau betul ada percakapan saya dengan Pak Ma’ruf Amin, artinya disadap tanpa perintah pengadilan dan hal-hal yang tidak dibenarkan undang-undang, itu namanya ilegal,” kata SBY saat menggelar konferensi pers di Wisma Proklamasi, Jalan Proklamasi, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (1/2).

Sebelumnya, kabar penyadapan pembicaraan telepon dirinya dengan Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Maruf Amin berhembus menyusul pengakuan tim kuasa hukum Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) yang memiliki transkrip pada persidangan dengan saksi KH Ma’ruf Amin.

“Merupakan sebuah kejahatan karena melanggar hukum UU Informasi Tansaksi Elektronika (ITE). Saya meminta negara hadir untuk mengusut tuntas,” ujarnya menambahkan. Menurutnya, institusi yang berwenang melakukan penyadapan hanya KPK, Polri, BIN (Badan Intelijen Negara) dan BAIS TNI.

Menurut SBY jika penyadapan tersebut bermotif politik itu disebut dengan political spying. Perilaku tersebut, kata SBY, merupakan kejahatan yang terjadi di negara mana pun, yang juga pernah terjadi dalam kasus Watergate. Sebab itu, SBY menginginkan keadilan atas tudingan tersebut. SBY menginginkan kebenaran diungkap terkait hal ini.

SBY juga menyatakan bahwa dirinya telah dituduh mendanai aksi damai 411, menginisiasi gerakan makar, hingga rencana pengeboman Istana Merdeka. Atas semua tuduhan itu, SBY menegaskan bahwa hal tersebut merupakan fitnah. SBY bahkan merasa pemerintah seolah mendapatkan informasi yang keliru.

“Saya sampaikan bahwa semua itu tidak benar,” ucap SBY.

Merespoons tudingan yang didapatnya beberapa waktu terakhir, SBY berharap diberikan kesempatan untuk meluruskan semua tuduhan itu kepada Presiden Jokowi. “Kalau ada niatan bertemu, saya mau ngomong blak-blakan. Siapa yang melaporkan kepada beliau, siapa yang beri informasi intelijen kepada beliau yang menyampaikan saya ada di balik aksi damai 411, pemboman, hingga urusan makar,” ucap dia.

Menurut SBY, ini perlu dilakukan untuk meluruskan hal-hal yang keliru, dengan memberikan klarifikasi secara baik dengan niat dan tujuan yang baik. “Supaya tidak ada yang menyimpang atau curiga,” kata SBY. (ryu)
0
2.5K
20
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan