Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

metrotvnews.comAvatar border
TS
MOD
metrotvnews.com
ACTA Cabut Gugatan Perdata Ahok


Metrotvnews.com, Jakarta: Advokat Cinta Tanah Air ( ACTA) mencabut gugatan class action yang ditujukan kepada Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

 

"Ya, benar untuk gugatan class action tersebut siang tadi kita cabut," kata Wakil Ketua Aku Cinta Tanah Air (ACTA), Ali Lubis kepada Metrotvnews.com, Jumat (20/1/2016).

 

Ali menerangkan, gugatan tersebut mereka layangkan berdasarkan Pasal 98 KUHAP. Isinya, hakim bisa menggabungkan gugatan ganti kerugian kepada perkara pidana, jika perbuatan yang menjadi dasar dakwaan menimbulkan kerugian bagi orang lain.

 

Namun, kata Ali, Hakim Ketua belum mengabulkan permohonan gugatan ganti rugi tersebut. Karena itu, ACTA mencabut gugatannya dari Pengadilan Negeri Jakarta Utara.

 

"Menurut kami tidak perlu diteruskan gugatan ini. Dari awal kami sepakat tujuan gugatan perdata ini untuk menguatkan dakwaan pidana," katanya.

 

Sebelumnya, pada 8 Desember 2016, ACTA mengajukan gugatan perdata ganti rugi atas penistaan agama yang dilakukan Ahok ke PN Jakut dengan Register Perkara No. 599/Pdt.G/2016/ PN.JKT.Utara.

 

Di dalam gugatannya, ACTA meminta ganti rugi imateril berupa surat permintaan maaf 1 halaman penuh di 9 surat kabar nasional dan ganti kerugian materil sebesar Rp470 miliar.

 

"Pada hari kamis 19 Januari 2017 digelar sidang perdana atas gugatan tersebut, namun saat persidangan dibuka, pihak penggugat (ACTA) melalui kuasa hukumnya mencabut gugatannya. Dengan demikian gugatan perdata tersebut sudah tidak ada lagi," kata Tim Kuasa Hukum Ahok, Humphrey dalam keteragan tertulisnya.

 

Sumber : http://news.metrotvnews.com/read/201...n-perdata-ahok

---

Kumpulan Berita Terkait KASUS HUKUM AHOK :

- ACTA Cabut Gugatan Perdata Ahok

- Pengacara Ahok: 8 Saksi Pelapor Tak Kredibel

- Pengacara Ahok Nilai Rizieq tak Layak Jadi Saksi Ahli Agama

anasabila
anasabila memberi reputasi
1
21.9K
38
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan