Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

rizalx2Avatar border
TS
rizalx2
Tagihan PLN PascaBayar Ga Wajar Bila Tidak DiPakai Berbulan - Bulan
Sekedar share pengalaman pribadi mengenai tagihan listrik pascabayar, ada yang unik dari PLN sekarang bila Meteran listrik pascabayar tidak digunakan sama sekali selama berbulan - bulan yakni tagihannya mengulang mirip bulan sebelumnya termasuk posisi awal & akhir stand meternya. Seingat saya harusnya dikenakan tagihan biaya beban bulanan saja tentu tidak keberatan.





Bayar listrik belum pernah nunggak, sehingga kagak pernah mendapatkan denda dari PLN, Meteran listrik pascabayar tidak terpakai sejak kurang lebih bulan Oktober 2016 hingga saat ini, tagihan awalnya makin menurun Oktober sekitar 150rb, November dibawah 50rb seingatku, tagihan desember terasa mencurigakan kok malah kayak terpakai meterannya kena 174.509 & terulang kembali tagihan tersebut di bulan Januari 2017. Apakah tim IT perusahaan segede PLN tidak mengantisipasi kemungkinan meteran listrik tidak terpakai berbulan-bulan? Kalau urusan naik mereka fast respon dalam mengupdate harganya hal tersebut dirasakan oleh lebih awal para pengguna listrik prabayar 900va, di daerah saya awalnya token 100rb dapat 150kwh tetapi untuk bulan januari hanya mendapatkan 116kwh dan akan terus berkurang hingga mei 2017 dikarenakan pencabutan subsidi.

Untuk pengguna pascabayar 900va akan merasakannya dampak kenaikannya bertahap pada tagihan bulan Februari 2017 - Juni 2017 kurang lebih akan naik 2xlipat dari tagihan januari (pada bulan Juni 2017). Pendapatan PLN makin melimpah, harusnya tidak mengerjai secuil tagihan pascabayar saya, bulan Januari saya dikenakan tagihan 300kwh yang mana sama persis dengan tagihan desember 2016, saya sempat menfotonya posisi meteran listrik pada bulan desember & Januari 2017 siapa tau bergerak sendiri walau ga dipakai tetapi ternyata kagak gerak 1kwh-pun trus darimana tagihan 300kwh itu?



Jika terusan begini tagihan Februari 2017 bakalan diatas 258.600 karena tahap pencabutan subsidi 900va. Tagihan PLN seolah-olah mutlak dan tidak bisa diganggu gugat, menimpa juga di tetanggaku dimana meteran tersegel PLN karena 3bulan tidak digunakan dan tidak dibayar, ketika mau digunakan kembali dikenakan biaya tagihan selama 3bulan sebesar 500rb, teman disulawesi juga bernasib sama pascabayar tidak digunakan 3bulan mendapatkan tagihan sebesar 500rb dan ketika komplain ke PLN malah mendapat teguran "bila tidak digunakan dalam waktu lama harusnya lapor ke PLN". alasan apapun tagihan PLN harus dibayar emoticon-Frown

Sekedar saran bila memiliki rumah yang masih menggunakan listrik pascabayar dan tidak ditempati dalam waktu lama sebaiknya pakailah listrikmu minimal 1kwh/bln untuk menghindari kejadian serupa seperti saya.

Sekian saja share informasi dari saya, maaf bila ada salah kata atau terlalu panjang tulisannya :v
0
9.5K
21
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan