shinhikarugenjiAvatar border
TS
shinhikarugenji
Project Steve, Proyek Parodi yang Sukses Kalahkan Proyek Asli
Spoiler for Steve:


Sebelum bicara soal apa itu Project Steve, kita simak dulu latar belakangnya.

Berawal dari tahun 2001, saat Discovery Institute (terlepas dari namanya yang berbau ilmiah, DI adalah organisasi kreasionisme kristen yang mempromosikan pseudo sains intelligent design dan sempat berusaha mengkampanyekan agar kreasionisme diajarkan di kelas sains sebagai perbandingan terhadap teori evolusi) mengeluarkan A Scientific Dissent from Darwinism (atau Dissent from Darwinism), pernyataaan skeptisme terhadap 'Darwinisme". Mereka berusaha mengumpulkan tanda tangan para ilmuwan yang setuju dengan mereka, dan katanya sudah mengumpulkan lebih dari 700 tanda tangan ilmuwan (meski sebagian yang namanya dicatut merasa tak sepandangan dengan mereka). Entah sekarang sudha terkumpul berapa banyak emoticon-Ngakak (S)

Di tahun 2003, NCSE (National Center for Science Education) membuat parodi untuk menanggapi pihak kreasionis yang berusaha mengumpulkan nama-nama ilmuwan yang mereka klaim mendukung kreasionisme atau menentang teori evolusi. Proyek ini mengumpulkan nama para ilmuwan dengan nama Steve dan variasinya (Stephen, Stephanie, Esteban). Penamaan proyek ini juga untuk menghormati Stephen Jay Goud, paleontologis yang juga merupakan seornag evolusionis.

Awalnya proyeknya cuma berniat mengumpulkan 100 nama, tapi target ini langsung tercapai hanya dalam 10 hari, dengan dua ilmuwan peraih Nobel ( Steven Weinberg dan Steven Chu) termasuk di dalamnya. Dalam sebulan, ada lebih dari 200 nama yang sudah terdaftar. Di akhir tahun, nama yang terkumpul mencapai 400 nama (Stephen Hawking adalah nama ke-300). 1000 nama terkumpul di bulan Februari 2009, dan terakhir kalo gak salah sudah ada lebih dari 1300 nama. Padahal Project Steve membatasi hanya mereka yang punya nama 'Steve', dan DI hanya punya sekitar 8 nama 'Steve' di daftar mereka.

Meski bersifat parodi, namun para ilmuwan yang terdaftar adalah ilmuwan asli dan tervalidasi. Dan lebih dari setengah adalah biologis. Tentu saja ini membuat Discovery Institute jadi 'panas', walo mengeluarkan pernyataan yang ujung-ujungnya mengakui bahwa mayoritas ilmuwan memang menerima teori evolusi, dan berdalih bahwa mereka ingin mengemukakan ada tidaknya ilmuwan serius yang menentang konsep naturalisme evolusi.

Tambahan
Selain project Steve. ada juga aksi serupa dalam menanggapi Discovery Institute. Di tahun 2005, saat DI mencoba mempublikasikan petisi untuk mengajarkan ID di sekolah-sekolah, para ilmuwan yang diawali oleh arkeolog R. Joe Brandon mengeluarkan petisi dari mulut ke mulut bertitel A Scientific Support for Darwinism (And For Public Schools Not To Teach "Intelligent Design" As Science), dan hasilnya hanya dalam 4 hari, ada 7733 nama yang terkumpul, dengan hampir 70 persen nama adalah mereka yang berkutat dalam bidang biologi.

Sumur: Project Steve

*NOTE:
Tidak meladeni bahasan seputar teori evolusi di sini, entar ada yang mewek ke momod lagi...
Diubah oleh shinhikarugenji 12-09-2016 13:59
0
3.5K
30
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan