darkslay3rAvatar border
TS
darkslay3r 
[ Review ] Leopold FC980C, Perfect Layout for Space Saving
emoticon-Om Telolet Om! Happy New Year 2017 !!!
Semoga di tahun 2017 ini semua wishlist terpenuhi dan racun semakin kuat !!! emoticon-Om Telolet Om!

Mengawali tahun baru ini, mumpung lagi masa liburan gw mau bahas 1 produk yang menurut gw cukup menarik yaitu Leopold FC980C. C berarti Capacitive yang artinya FC980C ini menggunakan Topre switch.
Layoutnya cukup menarik, setidaknya buat gw, dimana keyboard ini dilengkapi numpad yang lengkap dengan form factor yang mirip dengan TKL keyboard.

Okay without further ado, langsung dibahas mulai dari,

Specification :

Quote:


Quote:


Packaging :

Packagingnya khas Topre banget, desain box nya khas Topre, berupa kardus coklat disertai beberapa informasi, sangat berbeda dengan versi FC980M nya yang cukup colorful emoticon-Big Grin

Spoiler for Packaging:


Begitu dibuka, beruntungnya gak seperti Topre pada umumnya, Leopold menyertakan plastik mika sebagai cover keyboard.

Spoiler for Packaging:


Dan, karena FC980C ini tipe konektornya berupa detachable cable, disertakan juga kabel mini usb to usb.

Spoiler for Packaging:


Yah kurang lebih gitu aja sih dari packagingnya, simple abis emoticon-Ngakak (S)

Keycaps & Typing Experience

Unit yang gw terima ini pake Topre switches dengan bobot 45g, sama seperti yang digunakan pada HHKB. Untuk segi feel, Topre punya ciri khas yaitu tactile yang sangat kerasa namun sangat lembut. Jika dibandingkan dengan CherryMX Brown, akan terasa kalau CherryMX Brown memiliki tactile yang terkesan scratchy dan kasar.
Dan lagi, meskipun ini memakai brand Leopold, FC980C dibuat di Jepang, dengan kata lain semua jeroannya emang Topre genuine parts. Dari sini, kalo gw bandingin dengan board Topre serupa seperti HHKB dan Realforce 45g series, bisa gw bilang feelnya sama persis !! FYI, dulu gw adalah maniak Topre, cukup lama gw pake Topre mulai dari RF87U, HiPro dan HHKB.

Spoiler for Topre:


Untuk keycaps, lagi-lagi karena menggunakan Topre parts, keycaps ini persis seperti yang dipakai HHKB, dari warna, struktur dan juga ketebalannya. hanya saja dibuat dengan ukuran yang berbeda karena perlu disesuaikan dengan layout FC980C sendiri.

Spoiler for Keycaps:


Keycapsnya kalau dibandingkan dengan PBT lainnya, disini gw banding sama punya Varmilo, dapat dilihat caps Varmilo lebih tebel dari punya FC980C.

Spoiler for Keycaps:


Juga lebih tinggi dari punya Varmilo.

Spoiler for Caps:


Ada kabar buruk juga nih buat yang suka gonta-ganti keycaps, layout FC980 ini ga memungkinkan untuk bisa diganti dengan universal keycaps, dimana ukurannya emang agak nyeleneh. Gw pribadi sih anggap give and take sih, emang kudu ada yang dikorbanin berhubung layoutnya agak aneh emoticon-Big Grin

Spoiler for Caps nyeleneh:


Spoiler for Caps nyeleneh:


Build Quality & Design

Untuk build quality, kalo dibanding dengan Realforce series sih masih solid punya Realforce, dari segi bobot sudah dapat dirasakan. Cuman FC980C ini juga tidak kalah juga kalo dibandingkan dengan board lainnya, sama sekali gak terasa kopong pada case, padat banget sih.

Case FC980C sendiri dikasih surface kayak motif kulit jeruk gitu, menurut gw well, nambah kesan solid itu sendiri.

Spoiler for Case:


FC980C ini juga, mungkin Topre selain HHKB yang adaptasi model detachable cable, dimana setau gw sih model Realforce semua kabelnya fixed.

Spoiler for Port USB:


Disertai juga 3 jalur untuk kabelnya.

Spoiler for Jalur Kabel:


Dan seperti HHKB, FC980C juga punya dipswitch dibawah board, mapping functionnya seperti ini :

Spoiler for Dip Switch Map:


Spoiler for Dip Switch:


Rubber feetnya cukup standart sih untuk mechanical board, modelnya masih 1 step. Gripping di meja oke juga.

Spoiler for Feet:


Design dari FC980C ini, sepertinya kudu dibalas lebih dalam, karena ini merupakan selling-point dari board ini. Layoutnya untuk keyboard OEM cukup anti mainstream, bukan produk yang pertama menggunakan layout ini, namun memang gak banyak juga dipasaran apalagi di Indonesia.

Gw mau cerita sedikit, karena gw sehari-hari aktifitas di meja yang ga gede amat, cukup standart untuk ukuran meja komputer, dimana semua gw taruh diatas meja. PC dan speaker udah diatas meja, pas dulu nyari keyboard, gw ingat board pertama gw itu Ducky Shine 3 Fullsize, walau designnya dia gak alay dan cukup compact untuk fullsize board, tapi damn gw tetep kerasa keganggu dengan panjang layoutnya itu, akhirnya gw ganti ke TKL dan emang pas banget sih sama setup meja gw. Gw sendiri penggemar small form factor, khususnya 60% board, alasannya pertama ya karena keterbatasan space meja, yang kedua biar lebih enak dipandang emoticon-Stick Out Tongue

Spoiler for Board:


Nah pas muncul rumor FC980 series itu, gw super excited banget sih. Dimana gw bisa dapat nyaris layout fullsize, dan juga sizenya waktu gw ukur sih beda 1 row doang sama TKL, kalo diperhatiin sih ga kentara malah bedanya dimana. Pada review ini dirilis, gw sendiri udah lunasin payment buat FC980M meskipun belom masuk resmi di toko lokal emoticon-Ngakak (S).

Spoiler for Board:


Spoiler for Beberapa tombol pindah ke atas:


First experience pake board ini sih agak kagok pas mau pake tombol arrownya, posisinya emang agak mepet sama modifier kanan, hal yang sama juga terjadi pada tombol 0 pada numpad, dimana pada board umumnya tombol 0 itu memiliki ukuran besar namun di FC980C ini ukurannya sama seperti angka yang lain, alhasil sering salah pencet disini.
Untuk tombol lainnya ga ada masalah berhubung emang modelnya umum emoticon-Big Grin.

Spoiler for Board:


Conclusion

FC980C merupakan latest product dari Leopold, produknya sendiri juga baru rilis di Korea sekitar bulan September ato Oktober gitu, jadi ya masih fresh, dan masuknya di Indonesia juga menurut gw cukup cepat. Untuk harga FC980C di Indonesia ada di harga 3.5 juta, cukup mahal emang untuk ukuran mechanical keyboard, tapi untuk ukuran Topre board harganya emang segituan sih emoticon-Ngakak (S)
FC980C menurut gw cocok untuk orang kayak gw, yang pengen rasain fullsize keyboard namun dengan layout yang gak makan banyak tempat. Untuk feelnya sih Topre banget, jadi untuk para fans Topre jangan khawatir soal perubahaan feel, gw bisa bilang feelnya sama !!

Pros :
+ TOPREEEEEEEEEE.
+ Saving space keyboard, cocok untuk layout meja yang sempit.

Cons :
- Perlu adaptasi untuk penggunaannya.
- Layout keycaps yang gak universal.
- Harga cukup mahal untuk beberapa orang (ga masalah sih ada versi murahnya FC980M)

Quote:



Regards,

Indra Thamrin aka darkslay3r @Kaskus
0
3.4K
2
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan