Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

nistrioAvatar border
TS
nistrio
Mengenal Apa Itu Financial Technology (FinTech)


:terimakasih Selamat Datang di Thread Ane :terimakasih





National Digital Research Centre di Dublin, Irlandia mendefinisikan financial technology atau fintech sebagai:
“innovation in financial services” atau “inovasi dalam layanan keuangan”.
Definisi tersebut memiliki pengertian yang sangat luas, perusahaan fintech dapat menyasar
segment perusahaan (B2B) maupun ritel (B2C)

FinTech memiliki banyak jenis, antara lain startup pembayaran, peminjaman (lending), perencanaan keuangan (personal finance), investasi ritel, pembiayaan (crowdfunding), remitansi, dan riset keuangan


Sejarah Singkat


Financial Technology (FinTech) adalah salah satu bentuk penerapan teknologi informasi di bidang keuangan. Alhasil, munculah berbagai model keuangan baru yang dimulai pertama kali pada tahun 2004 oleh Zopa, yaitu institusi keuangan di Inggris yang menjalankan jasa peminjaman uang. Kemudian model keuangan baru melalui perangkat lunak Bitcoin yang digagas oleh Satoshi Nakamoto pada tahun 2008. Dalam perspektif sejarah, konsep inti dari pengembangan FinTech sebenarnya tidak bisa dilepaskan dari aplikasi konsep peer-to-peer (P2P) yang digunakan oleh Napster pada tahun 1999 untuk music sharing.

Inovasi yang berkembang di sini adalah pengadaptasian prinsip jaringan komputer yang diterapkan pada bidang keuangan. Meski pada mulanya konsep finansial P2P ini diperuntukkan bagi para start-up (wirausaha baru) dalam mencari investor untuk membiayai bisnisnya. Tetapi dalam perkembangannya finansial P2P ini memiliki partisipan yang lebih luas tidak hanya para pemodal untuk menginvestasikan uangnya kepada start-up baru. Dengan banyaknya partisipan yang berkontribusi memasukkan uang maka kemudian menjadi crowdfunding, sehingga pemanfaatan finansial P2P tidak terbatas bagi para start-up saja seperti yang dilakukan oleh perusahaan Zopa di Inggris.



Peran besar startup fintech

Startup fintech tentunya tidak akan banyak bermunculan bila tidak memiliki peran yang besar. Salah satu peran startup fintech adalah memajukan perkembangan bitcoin. Dengan begitu, masyarakat yang tidak memiliki akun bank tetap bisa melakukan transaksi pembayaran atau pengiriman uang dengan bitcoin.

Kemudian, startup fintech dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat. Pasalnya, startup fintech dapat menghadirkan merchant yang menerima pembayaran kartu debit dan kredit dengan biaya rendah. Startup fintech juga dapat membangun infrastruktur perbankan sebagai solusi untuk meningkatkan daya beli masyarakat.

Selain itu, startup fintech dapat menghapus adanya orang atau badan yang memberikan peminjaman dengan bunga tinggi untuk mengambil keuntungan. Adanya startup fintech bisa membuat sistem peminjaman uang dilakukan dengan cara yang transparan


7 Top StartUp Fintech di Indonesia versi fintechnews.sg


HaloMoney

HaloMoney adalah situs perbandingan untuk produk keuangan seperti asuransi, broadband, perbankan dan pinjaman, bertujuan agar pelanggan dapat mempunyai kontrol atas keuangan mereka.
HaloMoney adalah bagian dari Compare Asia Group, mesin perbandingan keuangan terkemuka yang juga beroperasi di Hong Kong, Filipina, Taiwan, Thailand, Malaysia dan Singapura.


Bareksa


Bareksa.com adalah sebuah portal investasi yang terintegrasi. Diluncurkan pada 2013 oleh PT Bareksa Portal Investasi menawarkan pelanggan dengan layanan:
data dan alat investasi, berita dan informasi, pusat belajar, dan komunitas investor.
Bareksa memungkinkan pengguna untuk membeli dan menjual reksa dana secara online dan bertujuan untuk memfasilitasi orang untuk berinvestasi.


CekAja


CekAja , layanan berbasis di Jakarta milik Compare88 Group Pte., Adalah situs perbandingan untuk produk keuangan yang berfokus pada akurasi, keamanan, dan kesederhanaan. Portal membandingkan pinjaman pribadi, kartu kredit, deposito, dan syariah, deposit yang mengikuti prinsip-prinsip Islam.
CekAja juga menawarkan perbandingan untuk hipotik, pembiayaan kendaraan, asuransi kendaraan, asuransi properti, asuransi jiwa, dan produk asuransi elektronik, dan membantu pelanggan mendaftar untuk layanan terkait.


Doku


Didirikan pada tahun 2007 oleh PT Nusa Satu Inti Artha, Doku adalah layanan penyedia solusi pembayaran dan manajemen risiko berbasis elektronik yang terbesar dan tercepat pertumbuhannya di Indonesia.
Perusahaan ini menyediakan pemrosesan pembayaran elektronik, secara online dan aplikasi pembayaran mobile, dan melayani sekitar 800 perusahaan di Indonesia.


Veritrans


Veritrans mengoperasikan online payment gateway, yang mendukung e-commerce Indonesia.
Veritrans memproses pembayaran melalui kartu kredit, debit langsung (Mandiri Clickpay, CIMB Clicks, e-Pay BRI), transfer bank (Permata Virtual Account, Mandiri Bill Payment), Indomaret, dan dompet digital (T-cash, XL Tunai, BBM Money, Indosat Dompetku, Mandiri eCash).


Kartuku


Didirikan pada tahun 2001, Kartuku (PT Multi Adiprakarsa Manunggal) adalah salah satu perusahaan pembayaran elektronik tertua di Indonesia.
Kartuku adalah Third Party Processor (TPP) and Payment Service Provider (PSP) yang menawarkan produk perangkat keras seperti terminal pembayaran, peralatan jaringan akses, dan printer kartu dan encoders, dan solusi perangkat lunak seperti transaction processing switch, Internet payment gateway, smart card applications, and terminal line encryption.


NgaturDuit.com

NgaturDuit.com menawarkan alat dan jasa yang ditujukan untuk membantu pengguna mengelola keuangan mereka termasuk penganggaran, pelaporan biaya, monitoring portofolio investasi dan konsultasi gratis.



sumber
sumber
sumber
sumber

:terimakasih Sekian dan Terimakasih :terimakasih


Diubah oleh nistrio 31-08-2016 19:48
enay98
enay98 memberi reputasi
1
44.8K
58
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan