neuvazurumi23Avatar border
TS
neuvazurumi23
(FR) Sendirian Ke Karimun Jawa ??? Why Not !!!
Assalamualaikum Wr. Wb.

(Long Journey Begin WIth One Step)

Banyak yang bilang klo Backpacker ke Karimun Jawa Tanpa Trip Operator itu sulit, Iya sih emang sulit tapi klo mau usaha pasti ada jalan kog, kemarin gw baru membuktikannya bahwa Backpacker ke Karimun Jawa gak sesulit dan semahal yang dibayangkan.. Yups tanggal 15 - 17 April 2016 Nekatin ke Karimun Jawa Sendirian dan Mendadak pula karena yang mendadak lebih enak kaya Tahu Bulat goreng emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin
Oiya Berhubung gw PJKA (pergi jumat kembali ahad) maka Itenary tersebut Cuma untuk 2 Hari 1 Malam aja yaa dan disesuaikan dgn jadwal kapalnya..

DImulai dari mencari transportasi murah dan gak makan waktu banyak buat sampai sana..

Plan A : Jakarta – Semarang dengan Lionair, Semarang – Karimun dengan SusiAir.. pas di hitung2 inimah over Budged Banged walaupun bisa maksimal waktu di karimunnya.. okeh PLAN A dicoret..

Plan B: Berangkat Jumat Sore dari Jakarta Ke Jepara Via Bus lanjut KMP SIginjai atau Kapal Cepat Sampai Karimun Jawa Hari.. klo ini rute standart buat ke Karimun Jawa, Tapinya Buat PJKA Gak Cocok diwaktu soalnya bakal sampe dikarimunnya Sabtu Siang dan Gak Bakal Bisa Island Hopping.. Okeh Plan B juga Dicoret..

Plan C : Jakarta Semarang dgn Kereta, Semarang – Karimun Jawa Dengan KM Kelimutu.. Untuk Plan C ini dari segi biaya dan waktu tempuh lebih Memungkinkan.. dan akhirnya gw memilih dgn Plan C..

Selasa 12 April 2016

Selepas Istirahat siang gw menuju lokasi tiket penjualan kapal pelni di kantor pusatnya jalan gajah mada Jakarta pusat. Inget Yaa Gannn Kantor Pelni yang di halamannya ada Sekoci kapalnya yaa, klo nanti lw masuk trus banyak WPnya berarti Fix lw Masuk Malio Spa emoticon-Genit emoticon-Genit ..
Jam Buka Loket Tiket dari 9.00 – 15.00, KM Kelimutu Berangkat Sebulan 2X Semarang – Karimun Jawa PP, untuk info dan jadwalnya bisa dicek di [url=http://WWW.PELNI.CO.ID.]WWW.PELNI.CO.ID.[/url] Kelimutu Menyediakan 3 Kelas, Untuk Tiket kelas 1 Harga tiket Rp.357.000, Kelas 2 Rp.301.000 dan Kelas 3 Rp.138.000. Tentunya gw milih yg kelas termurah hehehe..
Kapal Ini Berangkat dari Pelabuhan Tanjung Mas Semarang Jam 23.55 WIB dan tiba di karimun Jawa jam 6.00 WIB,
Dan Untuk Menuju Semarangnya gw memakai KA. Kertajaya yang Berangkat dari pasar senen jam 14.00 tiba di semarang jam 20.45 wib. Harga Tiketnya Rp.135.000

Spoiler for loket tiket pelni & KA Kertajaya:

Jumat 15 April 2016

Selepas Jumatan dan setelah ijin sama Boss langsung dah menuju Stasiun Stasiun Senen pakai gojek, abangnya ngebut begitu tau gw mesti sampe sana sebelum jam 2 siang hahaha dan akhirnya Pancoran – Stasiun Senen Cuma butuh 25 Menit Doangan..
Dan Kereta Diberangkatkan jam 14.00 Tepat.. selama perjalanan ke semarang gwnya cuma tidur doangan emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin

Jam 21.00 keretanya merapat di Stasiun Semarang Tawang, ishoma dulu di dalem stasiunnya sampai jam 22.00, sbenernya tadi mau ke kota lama tapi berhubung gerimis jadinya langsung ke pelabuhan deh..
dari tawang ke pelabuhan sbenernya jaraknya deket, tadinya mau jalan kaki aja tapi berhubung gw bawa ransel berat dan demi keamanan akhirnya naik gojek dah 15rb hehehe..

dibenak gw yg namanya pelabuhan itu angker, banyak preman, makanya gw slalu masang muka preman emoticon-Cool emoticon-Cool ehh begitu sampai dermaga penumpang malah diluar perkiraan gw coy..

Spoiler for Dermaga Penumpang Pelabuhan Tanjung Mas:

sempet gak percaya ini bandara apa dermaga, katanya sih baru di renovasi jadinya masih bener2 cling banget.. Oya Jangan LUpa Ke Konter Check In Yaa.. soalnya gw maen nyelonong masuk aja emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin maklum dahh..

Dan gw pikir akan naik kapal Roro atau seperti kapal penyebrangan lainnya.. dan ternyata..

Spoiler for KM KELIMUTU:

karena masih lama jalannya maka gw memutuskan untuk langsung boarding sambil muter2 kapalnya..

dan ini tempat duduk ehhh tempat tidur gw..

Spoiler for interior Kelas 3 KM Kelimutu:

antara sadar dan gak sadar selama di dalam kapal hahaha jauh diluar perkiraan gw, kirain sempit umpel2an eh ternyata alhamdulillah diberikan kenyamanan.. oiya jangan takut ga bisa ngisi batrai hp or kamera soalnya di setiap tempat tidur ada stop kontaknya kog..
Menurut gw cuma satu kekurangannya.. Gerahhh bro..emoticon-Nohope emoticon-Nohope iya ac ga berasa sama sekali ...
jam menunjukan pukul 23.00 dan suara klakson kapal bergaung keras.. kirain mau jalan ehh cuma alaram pengingat 1 jam lagi kapalnya jalan.. dan gw karena lelah di kereta cuma tidur ayam akhirnya terpuleskan oleh kasur matras... ada hal menarik pas gw bangun jam 4.00, seharusnya kapal udah jalan dari jam 12 malam tapinya gw ngerasa ini kapal kaga ada goyangan klo udah di tengah laut.. iya kaya kapal diem di dermaga gitu ampe bingung mau nanya ke orang sekitar tapi pada pules semuanya hahah.. dan akhirnya azan subuh berkumandang..
yups disini alhamdulillah ada musholanya di dek 6.. dan baru ngerasa ni kapal goyang pas lagi di dek atas.. gile anginnya kenceng.. rada ngeri-ngeri sedep liat langit gelap dan suara ombak kenceng dan lorong yang gelap emoticon-Takut emoticon-Takut tapi demi ke mushola gw beraniin dah lewat lorong di luar dek atas.. dan alhamdulillah di musholahnya udah rame

Spoiler for Musholah:

Sabtu 16 April 2016

5.00 Dan Kapten Pun Mengumumkan bahwa 1 jam lagi akan merapat di karimun jawa..

Spoiler for Fajar Pertama Di Karimun Jawa:

Mendung Bro .. harapan buat hopping island mulai pupus pas liat awannya tebet bgd..

dan akhirnyaaa....

Spoiler for Lepas Jangkarrr:

Tepat 6.00 Kapal Lepas Jangkar.. dan gw bingung kapal udah berhenti tapinya gak ada dermaganya... dan ternyata kita mesti pake feeder kapal kecil buat ke dermaga karimunnya.. Oya sambil menunggu persiapan berlabuh Terdengar pengumuman untuk ambil makan sarapan.. dan langsunglah berebutan ke pantry.. gw kira sarapannya apa gitu eh ternyata..

Spoiler for Sarapan KM Kelimutu:

butuh 1 jam ternyata buat nungguin feedernya wkwkwkw

Spoiler for bye bye kapal besarr:

finaly touch down karimun jawa..

selanjutnya kemana ??

sebelumnya gw udah searching2 homestay yg murah kog, alhamdulillah disini cuma 70rb/malam/bed tidak termasuk makan..

namanya salami home stay... begitu di dermaga langsung nelp ownernya namanya mas anto dan akhirnya dijemput lah gw sama mbak umi, mbak umi istrinya mas anto cz mas anto lai siap2 ke jepara naik kapal cepat yg tadi didermaga.. dan gw kira dijemput pake motor.. ternyata pake mobil.. alamak jang udah cuma 70rb pake dijemput mobil sgala.. istimewa bgd lah..

Spoiler for Salami Homestay:

Kamarnya lumayan bersih.. ada 3 bed dan karena hari itu cuma gw doang jadinya bebas milih deh hehehe..

Kebetulan hari itu ada tamu salami juga yg mau Island Hopping nah kebetulan bgd gw boleh gabung sama mereka, tarif yg dikenakan 170rb termasuk Makan siang dan peralatan snorkling.. jadi roral yg berangkat ada 9 orang termasuk guidenya dan nahkodanya..

setelah mandi dan mempersiapkan buat snorkling jam 8 tepat berkumpul di depan homestay untuk brifing, lalu siap menuju dermaga yg di dekat alun2.. oiya ini trip bner2 seharian di laut jadi persiapkan peralatan yg selengkap2nya ya gan termasuk bawa baju ganti buat sholat dzuhur dan wajib pake sunblok SPF 30 lah biar ga gosong2 amat.. rencananya menuju pulau gosong dan 2 spot snorkling..

8.30 Start Dari dermaga..

Spoiler for journey begin:

sayangnya pas sampai pulau gosong airnya udah pasang jdi yaa gabisa liat pulaunya dah hehehe.. tapi karimun jawa tuh bener2 indah kog, bener sesuai yg orang bilang tentang maldive van java..

dan inilah keindahannya..

Spoiler for MALDIVE VAN JAVA:

Spoiler for LUNCH TIME DI PULAU CILIK :

Bener2 Seharian dah di lautan.. sampai dermaga awal udah jam 17.30.. rombongan yg lain udah pada balik tapi gw tetap di dermaga buat nunggu sunset..
Spoiler for sunset dermaga karimun jawa :

Malamnya harinya gak kemana2.. cuma sekitaran alun2 aja.. oiya disana banyak pilihan makanan jadi lw bisa di sesuaikan dengan budget masing-masing..

DAY 2

Begitu Buka PIntu Balkon Langsung Disambut Dengan Ini..

Spoiler for Pelangi Karimun Jawa:

Peristiwa Yang Jarang terlihat menurut gw..
Hari ke dua ini gw ikut Land Trip dengan rombongan yang kemarin, patungan 25rb buat transport ke bukit love dan joko tuwo..
oya Sebelumnya land tour gw udah beli tiket kapal cepat ke jepara pemberangkatan jam 11 siang harganya 150rb utk executive..

kita mulai land tournya dari jam 8 sampai jam 10 aja.. di bukit love banyak kog spot yang foto genic.. dan menurut gw spot terbaik ada di bukit joko tuwo yang bener2 view landscape yang keren..

Spoiler for Bukit Love dan Joko Tuwo:

Dan akhirnya tiba di penghujung waktu untuk menikmati Karimun Jawa, Jam 10.30 dengan diantarkan oleh staff salami homestay kita sudah merapat di dermaga.. dan bersiap untuk ke jepara..
karena berhubung pulangnya gak dapet tiket kereta dari semarang, mangkanya gw memutuskan untuk ikut ke jepara dulu trus lanjut naik Bus, dari sisi budged emg itu lumayan mahal tapi mau gimana lagi dari pada kagak balik hehe.. oiya utk jadwal hari minggu ada 2 keberangkatan, yg pertama KM Siginjai jam 7 jalan dari karimun jawa, yg kedua ya kapal cepat ini jalan jam 11 sampai jepara jam 1an..

Spoiler for Kapal Cepat:

13.15 merapat di dermaga kartini jepara.. dan alhamdulillah dibolehin nebeng sama kenalan di karimun kemarin sampai terminal jepara hehe..
dari jepara ke jakarta bnyk banget pilihan bus malamnya, dan gw memilih ini..
Spoiler for Bongkotan Jati Utama :

busnya berangkat jam 4 sore.. berhubung masih banyak waktu maka gw memutuskan untuk ke alun2 Jepara, kebetulan lagi ada acara festival kartini disana..

Spoiler for Kartini Festival :

Tepat Jam 16.00 bus diberangkatkan menuju jakarta dan tiba di Jakarta jam 6.00 keesokan harinya..

Dannn.... Inilah Rekap Pengeluaran Dasar Yang Kemarin Dihabiskan Menuju Karimun Jawa.. ini belum termasuk makan yaa karena tiap orang kan kapasitas makannya beda2 hehehe..

1. Kereta Jakarta semarang : Rp.135.000
2. Kapal Semarang - Karimun Jawa : Rp.138.000
3. Penginapan Homestay Salami : Rp. 70.000
4. Paket Hopping Island : Rp.170.000
5. Tiket Masuk Penangkaran Hiu : Rp. 40.000
6. Patungan Land Tour : Rp. 25.000
7. Tiket Kapal Cepat : Rp.150.000
8. Tiket Bus Jepara - Jakarta : Rp.210.000

Total Pengeluaran Dasar : RP. 938.000 (belum termasuk Makan dan Oleh2)

Terima Kasih Udah Meluangkan waktu untuk membaca FR Ini, Semoga Bermanfaat dan mohon maaf atas ketidak nyamanan atas gaya bahasa maupun tampilan FR Ini..