Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

scarletcloudsAvatar border
TS
scarletclouds
Jamur Tiram Temanggung
Assalamualaikum wr.wb.

apa agan pernah mendengar/ membaca/ melihat yg namanya jamur tiram? jamur tiram atau oyster mushroom itu adalah sejenis jamur yg tumbuh pd media kayu, bentuknya seperti tiram/ cangkang kerang, dan ada memiliki beberapa jenis warna.

nah dsini ada yg mw ane share nih, tapiii. . . . ane ga bkal ngebahas soal masalah "biologis" si jamur ini, bukanya ane ga ngarti, tp ada hal yg menarik n jadi fenomena kecil d daerah tempat ane tinggal, jadi. . . . mari kita mulai

* once upon a time, ada perusahaan dg skala industri yg bergerak d agrobisnis di daerah wonosobo, jateng. perusahaan ini memproduksi & membudidayakan beberapa jenis jamur dan pengolahanya. salah satu yg paling populer adalah jamur tiram. waktu berlalu dan terus berputar, sampai akhirnya perusahaan tsb tidak lagi memproduksi jamur, tapi saat ini pabrik tsb msh buka dan dgunakan u/ pemasaran pengolahan jamur saja. naah karena sudah tidak produksi jamur, otomatis pasar besar dan para pekerja di dalamnya pd bubar jalan. otomatis keadaan pasar jamur dan ketersediaan barang lumayan kacau balau. yang perlu diketahui, sebagian besar pekerja dan org ahli yg bekerja d perusahaan tersebut, adalah pekerja dari kota temanggung, jateng, tempat ane lahir emoticon-Smilie

* naah saat kondisi transisi ini bnyak dimanfaatkan beberapa pihak u/ memulai membangun jaringan pasar dan budidaya baru. nah karena budidaya jamur ini ga bs jauh" dr hawa dingin, dan kebetulan mengingat bnyak org ahli ex perusahaan di wonosobo itu orang temanggung, dan jarak antara 2 kota ini jg cmn 1 jam perjalanan, jadilah kota temanggung ini sekarang menjadi kota sentra jamur tiram di kawasan jawa tengah.

* sentra jamur?? kok bisaa??? sejak kapan?? seberapa banyak jamur dr temanggung?? perasaan temanggung cm tembakau deh, perasaan disana ga pernah liat jamur. . .

ane cm bisa senyum emoticon-Smilie , oke jadi gini ane jelasin sedikit demi sedikit. . .

singkat cerita, pasca perusahaan wonosobo gugur, banyak orang ahli jamur ex perusahaan tsb. memulai usaha mandiri jamur tiram di temanggung, karena suhu iklim dll. yg dijadikan syarat tumbuh si jamur terpenuhi.

disinilah awal pertama ane putusin u/ belajar budidaya jamur tiram. waktu pun berlalu kalender nunjukin bulan desember 2011. pada saat itu hanya ada sekitar 3- 5 pembudidaya jamur tiram dalam skala 'lumayan' dg rata" panen hanya sekitar 500 kg dari keseluruhan petani. tenaaang sob di waktu ini temanggung emg blm bisa dikatain sentra jamur.

keajaiban terjadi sekitar tahun 2012 akhir. ceritanya di waktu itu para sesepuh pembudidaya senior bisa bersatu, dan merumuskan beberapa rumusan jangka pendek dan panjang, tujuanya apaa??

kami waktu itu bertujuan u/ menyatukan, membuat standar baru, menyelaraskan harga, dan me familiar kan jamur tiram pada masyarakat. perlu diketahui, di kota kabupaten seperti di temanggung, orang" msh takut makan jamur, takut beracun :-S

strategi pun ditetapkan, jurus pun dilancarkan. karena adanya penyatuan sumber daya dari para sesepuh, alhasil kami bertemu dg mitra agen jamur di daerah pantura. setelah bertemu ternyata beliau" yg dari pantura ini juga sedang kebingungan. tahu kenapa?? karena mereka dulu dipasok jamur dari wonosobo, dan u/ beberapa waktu ke belakang mereka harus mengambil jamur ke jawa barat yg notabene jaraknya lebih jauh. yaaah berjodoh deh, ketemulah dan bermitralah kami orang.

keajaiban pun mulai terjadi. . . tanpa disangka" yang tadinya hanya dari beberapa sesepuh berkumpul, yang total panenan mereka cuma sekitar 500 kg, 4 tahun bergulir dan kami pun juga tumbuh. bukan hanya sekedar tumbuh, tapi kami juga berkembang secara pesat, baik dari sistem, pasar, mitra, plasma, kualitas, kuantitas, dan potensi.

hanya dalam waktu 4 tahun, kami dapat mempopulerkan jamur tiram, dan rataan panen kami bisa mencapai 3- 5 ton per hari. dan pastinya akan terus meningkat tajam, karena kami menggunakan sistem plasma dalam pembudidayaan. dengan begitu kuantitas panen jamur dapat meningkat 2- 3 kali lipat hanya dalam waktu 1 tahun. dan 1 yang menjadi kelebihan kami adalah kami terorganisir.

mungkin memang belum bisa disebut "sentra" hanya dengan angka tersebut, tapiii yang saya bicarakan disini adalah mengenai potensi. potensi kami u/ menjadi lebih besar, lebih maju, dan lebih luas. sumber daya kami besar, pemasaran kami terorganisir, terbuka dalam experience sharing dan edukasi pertanian modern, potensi kuantitas dan kualitas terus berkembang, dan kami terpadu.

begitulah kurang lebih sejarah perkembangan budidaya jamur tiram di temanggung.

tujuan saya memposting tulisan ini adalah u/ memperkenalkan kami sebagai potensi baru yg layak diperhitungkan, dan juga sebagai trigger bagi para pemuda. kami ingin menunjukan bahwa kita bisa maju dari pertanian, kita bisa besar dari agrobisnis, kita bisa berkelas dg menjadi pemimpin u/ diri sendiri dan beberapa kelompok kecil yang membutuhkan arahan kita.

jadii begitulah kira" sharing experience kami, saya akhiri postingan ini, salam dari kami pembudidaya jamur tiram temanggung.

wassalamualaikum wr.wb.


cp. jayanrales@gmail.com
0
9.8K
77
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan