Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

nevertalkAvatar border
TS
nevertalk
Ini keunggulan Scania dibanding Zhong Tong TransJakarta


Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta baru saja mendatangkan 20 bus baru untuk dioperasikan sebagai bus Transjakarta. Bus bermerek Scania ini diluncurkan tepat pada hari ulang tahun (HUT) Jakarta ke-488 di Silang Monas.

Meski baru diperkenalkan kepada publik, namun Pemprov DKI menggadang-gadang bus ini lebih baik dibanding sebelumnya. Apa bedanya?

Bus gandeng Transjakarta merek Scania ini punya kapasitas 140 orang dan dilengkapi 39 kursi, 6 di antaranya adalah kursi prioritas dan 2 ruang untuk kursi roda. Selain itu, bus ini juga dilengkapi teknologi canggih, punya daya tahan yang lebih baik, memenuhi standar keamanan dan kenyamanan, yakni dengan adanya 4 kamera CCTV di luar maupun dalam.

Kemudian terdapat kendali elektronik yang bisa mengendalikan ketinggian bus dengan suspensi udara, yakni menyesuaikan antara beban dan kondisi jalan. Sedangkan bahan bakarnya telah memenuhi standar emisi Euro VI, bahkan mesinnya mampu menghemat bahan bakar hingga 1,5 kiloliter untuk se liter bensin yang setara dengan RON 88.

Sementara, bus merek Zhong Tong yang diimpor Perum Damri sebanyak 66 unit dari China diklaim memiliki tiga kelebihan.

Bus ini terpasang mesin Global Position System (GPS), announcer dan display yang otomatis. Nantinya, pengemudi tidak perlu menekan tombol lagi namun secara otomatis akan menginformasikan nama halte begitu bus mendekati halte serta adanya CCTV.

Selain itu, bus ini dilengkapi automatic fire fighting, di mana bisa dengan cepat mendeteksi api dan segera menyiramkan air secara otomatis.

Bus buatan China ini diklaim memiliki kekuatan mesin, daya tempuh dan sudah standar Euro V yang sangat ramah lingkungan. Keunikan bus ini terletak pada bentuk bagian depan yang mengambil model sunny, serta sebuah wifi yang diperuntukkan bagi para penumpangnya.

Bus China ini berkapasitas 150 orang, dengan konfigurasi 40 penumpang duduk dan sisanya berdiri. Apabila dipaksakan, dalam jam sibuk, maka bisa memuat 170 penumpang.

Soal mesin, bus ini memakai mesin dari Korea, bernama Dossu, berkekuatan 340 HP (horse power). Bus Zhong Tong ini juga diharapkan bisa membantu mengurangi kemacetan.

http://www.merdeka.com/jakarta/ini-k...hong-tong.html

IBARAT ODONG2 VS SUPERCAR F1 emoticon-Ngakak (S)
0
5.3K
30
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan