KhienvinzAvatar border
TS
Khienvinz
Sharing 1 tahun dengan banyak hardskill dan softskill
Kali ini saya ingin sharing tentang pengalaman saya yang dalam 1 tahun memiliki banyak skill. Dan bagaimana cara saya mudah belajar. Alasan saya sharing ini karena banyak teman, dosen, keluarga, adik kelas, dan partner kerja saya bertanya bagaimana saya bisa belajar dengan cepat dan mempunyai banyak kemampuan baik hardskill (teknikal atau teori-teori) softskill (seperti public speaking, time management, dll).



1. Time Management

Jujur saja, time management sangat membantu saya untuk mengatasi kegiatan-kegiatan saya. Semester ini saya memiliki kegiatan Mengajar di kampus, Mengajar di luar, Kuliah, Minor (mini skripsi binus), Tugas Kuliah, Beberapa proyek freelance dan Kerja sebagai Programmer. Siapa bilang saya tidak memiliki waktu kosong? saya masih dapat nonton film kesayangan saya, saya masih bisa jalan dengan teman saya, saya masih bisa tidur,dll. Setiap minggu, atau setiap hari saya selalu membuat schedule kegiatan saya, karena membantu saya mengatur kapan waktu bermain saya, kapan waktu saya bisa nonton, kapan saya bisa istirahat, kapan saya mengajar, kapan saya bisa mengisi acara workshop, dll.

2. Belajar Teori & Programming

Cara belajar saya tergolong cukup unik, saya belajar hanya sekali di kelas dan di kampus, saya tidak pernah belajar ketika ujian. Cara belajar ini hanya saya terapkan untuk mata kuliah yang tergolong teori, ketika pembelajaran teori saya selalu bertanya kepada dosen jika saya tidak tahu. Pembelajaran programming TIDAK BISA hanya seminggu di pelajari, apa lagi H-1. Minimal 1 Bulan, dan berlatih soal terus. Cara mempelajari Programming yang terpenting adalah pelajari tentang logic dan algoritma, bukan menghafal syntax atau cara validasi, cara insert/delete/update/tampilkan dari database, dll. Jika cara kalian adalah menghafal, kalian tidak akan pernah berkembang, percaya atau tidak itulah kenyataan.

3. Browsing

Biasakan mencari di internet jangan terlalu sering bergantung pada teman, karena di dunia kerja kamu tidak akan selalu bergantung kepada partner kerja kamu karena mereka juga memiliki tugas juga. Dan ini sangat membantu saya untuk mengembangkan rasa pingin tahu saya.

4. Jangan Malas

Jangan pernah malas, paksakan maka nanti akan terbiasa. Saya awalnya orang yang cukup pemalas, tetapi saya paksakan untuk belajar. Saya sering sharing dengan partner kerja saya yang umurnya diatas 20 tahun atau yang sudah masuk di dunia kerja. Rata-rata yang sudah berkeluarga tidak memiliki waktu untuk belajar lagi walaupun mereka sangat pingin.

5. Kurangi Waktu Bermain

Jangan terlalu sering bermain, jangan kebanyakkan berfikir hidup di masa ini, berfikirlah masa depan anda. Karena tidak selalu orang tua yang membiayai hidup anda. Mulai memiliki kegiatan positif, mungkin dari kegiatan belajar, kegiatan organisasi atau lainnya yang dapat membantu perkembangan anda.

6. Ikuti Kegiatan Mahasiswa

Biasakanlah mengikuti kegiatan mahasiswa baik workshop, seminar, ataupun organisasi. Selain meningkatkan softskill akan meningkatkan hardskill juga. Percayalah, skill kalian menentukan masa depan kalian, semakin memiliki banyak skill semakin memiliki banyak peluang pekerjaan bahkan sampai di cari perusahaan.

7. Berteman dengan Orang Pintar & Rajin

Sering-seringlah berteman dengan orang pintar, ini kata-kata kepala sekolah SMA saya dulu. Karena dengan begitu kamu akan tahu bagaimana dia bisa pintar dari kegiatan dia. Bahkan kamu bisa belajar dengannya, di sekeliling saya banyak sekali orang-orang hebat, baik dari kehebatan di bagian web programming, web design, java, mobile, gitar, menggambar, 3D, dll. Sedot ilmu mereka, sharing dengan mereka, maka itu akan membantu sekali menambah kemampuan anda.

8. Sharing

Saya sangat suka sharing dengan teman-teman, seperti diatas saya sebutkan, saya memiliki teman-teman yang hebat sehingga saya selalu sharing dengan mereka, banyak hal yang dapat anda sharing, dari mulai dunia bisnis, dunia kerja, tentang pelajaran, tentang pengalaman mereka, dll. Sharing tentang pengalaman sangat membantu, karena ketika anda sedang di keadaan mereka, anda sudah tahu cara mengatasinya.

9. Jangan pernah berfikir STRES

Jangan pernah berfikir stres, ya jangan pernah jadikan stres menjadi beban. Apalagi stres hanya karena kuliah, percayalah, kuliah tidaklah susah, karena semuanya telah diajari dan kita mengulangi. Seperti teman saya katakan, jadikan stres menjadi fun. Maksudnya adalah, jangan berfikir stres, hilangkan stres sehingga menjadi fun, jangan terus dipikirkan. Apakah kamu tahu bagaimana susahnya orang tua menjadi uang untuk membiayai kuliah dan kehidupan kamu? Apakah mereka pernah bilang stres? Beberapa iya, tetapi kebanyakkan tidak karena mereka tidak ingin anak mereka sedih.

10. Optimis

Jangan pernah menganggap semuanya susah, jika susah BELAJAR. Saya selalu membuat mindset anak didik saya untuk tidak berfikir susah, saya selalu bilang gampang. Bayangkan, orang lain bisa, kenapa kita tidak? Jangan pernah berfikir tidak bisa, susah, atau lainnya, karena itu hanya akan menjadikan suggest di kepala kalian bahwa "ya itu susah" dan kalian tidak bisa melakukannya.


Sekian untuk sharing tentang bagaimana saya dapat memiliki banyak pengetahuan dan kemampuan dalam 1 tahun ini. Teman-teman juga dapat sharing dengan saya, teman-teman bisa mendapatkan kontak saya di website saya www.kevinjonathan.com

Bagi teman-teman yang ingin sharing tentang bagaimana cara mudah untuk mendapatkan hardskill dan softskill dengan cepat mungkin bisa sharing disini.hehe

Maaf jika ada salah-salah kata atau pun yang kurang berkenan. Artikel ini hanya sharing secuil pengalaman saya. Terima kasih.


Quote:
Diubah oleh Khienvinz 27-07-2016 14:28
0
3.4K
20
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan