dhaninrAvatar border
TS
dhaninr
[ASK] Masalah Bluescreen Pada PC Saya
Permisi agan semua.
Saya punya permasalahan lagi nih. Mohon bantuannya dari para master sekalian. Karena saya masih awal soal hardware.
Jadi, begini ceritanya gan. Saya baru beli online MOBO gigabyte G1 Sniper dan Core I7.
Permasalahnya adalah ketika saya menjalannya/menggunakannya. Kurang dari 1 jam komputer saya stop dan muncul bluescreen. Kalau saya tidak salah kode errornya 0x0000000A. Kemudian restast dan stuck tidak bisa booting lagi. Tapi kalau didiamkan/dimatikan (listrik dicabut) selama beberapa saat. Komputer bisa digunakan lagi dengan lancar. Tapi masalah tetap sama, kurang dari 1 jam muncul bluescreen lagi.

Awalnya saya pikir HDDnya. Tapi saya sudah ganti dengan HDD lain (boleh pinjem) masalah tetap sama.
Windowsnya juga sudah beberapa kali saya instal ulang di dua HDD tersebut. Masalah tetap sama.
Lalu saya pikir mungkin RAM. tapi saya pakai di MOBO lama nggak ada masalah. Lagipula sudah sama2 DDR3. Pasti cocok kan.
Battry CMOS juga sudah saya ganti. Tetap saja masalah sama.
Intinya perangkat2 lain saya rasa nggak masalah sudah saya cek dan saya pasangkan di MOBO lama nggak ada masalah.

Yang berbeda cuma 1. Yaitu Power Supply (PSU). PSU yg saya punya ini cuma model ATX 4pin. Sedangkan MOBO baru tersebut 8pin.
Tapi saya baca dan tanya di forum2 katanya nggak masalah selama nggak di Overclock. Saya nggak melakukan itu semua masih default standar. Saya juga sudah coba pinjem PSU teman saya (masih sama 4pin) tapi tidak ada perubahan. Karena saya pikir mungkin PSU saya yang nggak stabil makanya saya coba pinjem.

Pertanyaan saya adalah
  1. Apakah perbedaan PSU 4pin ke MOBO 8pin bisa menyebabkan bluesceen?
  2. Seandainya benar masalah jumlah pin tersebut, Apakah bisa saya menggunakan kabel/konektor 4pin to 8pin yang dijual di toko online?
  3. Seandainya bisa juga, Saya masih agak sedikit bingung. karena kabel itu cuma men-split kabel atau membagi 2 sehingga menjadi 8pin. Apakah itu daya 12V stabil dalam artian tidak kekurangan daya? maksud saya begini. PSU dengan 8pin (4+4) itu berisi 12V+12V=24V atau 6V+6V=12V?. Tentukan berbeda kalau saya pakai kabel/konektor tambahan 4pin to 8pin


Jujur saya sudah kehabisan akal. Dan saya sudah nggak punya modal lagi kalau buat beli PSU baru yang punya 8pin ATX. Setidaknya saya bisa tahu masalahnya sebelum membeli perangkat lain. Tahu sendirilah PSU nggak murah harganya.

Mohon sharing ilmu dan bantuannya gan.

Terima kasih
0
1.9K
16
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan