Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

pendaki langitAvatar border
TS
pendaki langit
Yuk Kenalan Dengan INFLASI, Penyebab Harga Pada Naik Di Pasar
Tulisan ini pernah dimuat di diskartes.com ya, silakan SHARE dan LIKE jika Agan-Agan yang keren ini pada berkenan dan merasa bisa bermanfaat! Terima kasih



Spoiler for Inflasi:


Mau ibu rumah tangga, pedagang kaki lima, bos properti pasti ngrasain kenaikan harga yang identik dengan kata “inflasi”. Padahal kalo tanya orang di kampung saya, mereka nggak ambil pusing dengan inflasi, tapi kesal kalo harga-harga naik. Begitu menyebalkannya, sampai ada suatu pernyataan sarkastik dari seorang Amerika bernama Henny Youngman tentang inflasi seperti ini:

“Orang-orang menjadi semakin kuat. Dua puluh tahun lalu, butuh dua orang untuk membawa barang bernilai sepuluh dolar. Sekarang, anak usia lima tahun bisa melakukannya.”

Ironisnya tidak sedikit orang yang langsung serta merta menyalahkan Presiden, DPR, bos nya di kantor, ibu penjual nasi goreng, dan lain sebagainya. Padahal inflasi sebenarnya adalah hal yang lumrah di era ekonomi seperti sekarang. Nah bagaimana sih investor harus bersikap? Let’s check it out!

Ilusi Uang

Anda pilih mana, naik gaji 10% tapi kena inflasi 15% atau nggak naik gaji tapi cuma kena inflasi 5%? Secara psikologis orang akan milih “yang penting naik gaji”. Padahal nyatanya dari dua skenario tadi, tetap akan merugikan kita sebesar 5%!

Jadi ketika Anda sedang nego sama si bos untuk naik gaji biasanya kan minta bersih dari pajak, sekarang sekalian dihitung ama inflasinya. Saya akan memberi bukti bahwa inflasi benar-benar ada dan masih berlaku sampai sekarang. Lihat..

Spoiler for Inflasi Per Bulan:


Dari grafik yang diambil melalui Trading Economics, inflasi masih di atas nilai nol yang menunjukkan kenaikan harga dari tahun sebelumnya. Oh iya angka kenaikan itu year to year ya, artinya perbandingan bulan itu dengan bulan yang sama dari tahun kemarin. Bukti ini meyakinkan kita semua bahwa layaknya pajak, inflasi juga tidak mungkin terelakkan.

Penyebab Inflasi

Inflasi yang terukur tidak berarti selalu jelek loh. Itu bisa diartikan kondisi perekonomian di daerah “X” sedang naik. Tapi lain cerita kalo inflasinya naik turun nggak karuan, pasti ada sistem yang salah. Nah, yuk kita lihat apa aja yang mempengaruhi inflasi

1. Kenaikan Gaji Karyawan

Dari teori ekonomi klasiknya Adam Smith, menaikkan gaji karyawan berpotensi menambah biaya perusahaan. Akhirnya si perusahaan ngebebanin ke produknya, akibatnya harga barang terkerek naik.

Jangan lupa pula bahwa semakin sejahtera karyawan, maka nilai permintaan akan ikut naik. Tau kan akibatnya? Yes, harga juga merangkak naik.

Mau inflasi ga tinggi-tinggi banget? Pertama, stop minta kenaikan gaji ke bos Anda!

2. Impor Barang

Ahhaaiy, ni poin sering banget dikritik orang! Berapa sih nilai impor migas dan nonmigas Indonesia? Saya comot dari buku laporan BPS nih.
Spoiler for Nilai Impor:


Lumayan tinggi lah ya, di Juni 2016 nilai impor Indonesia sebesar US$12,02 miliar atau naik 7,86 persen dibanding impor Mei 2016. Tapi ternyata nilai ekspor Indonesia lebih tinggi loh, yaitu sebesar US$ 12,9 miliar di Juni 2016. So sebenarnya oke-oke aja, neraca perdagangan negeri kita masih bagus banget!

Namun demikian, kita musti pelajarin lebih dalam tentang “ketergantungan impor”. Sejujurnya, Indonesia mengimpor paling besar di mesin dan peralatan mesin. Efeknya, perubahan harga di unit itu akan berdampak cukup tinggi terhadap volatilitas harga. Selain itu, perlu diperhatikan juga kondisi ekonomi Tiongkok, Jepang, dan Thailand yang merupakan top three pemasok barang negara ini.

3. Pajak dan Nyetak Duit Baru

Kalo poin ini ga perlu panjang lebar lah ya, penggabungan kebijakan moneter dan fiskal. Pajak mendorong orang untuk menaikkan harga. Intinya agar enggak rugi, dan itu bisa dimaklumi. Pembebanan pajak pasti akan dilimpahkan ke konsumen.

Kemudian beberapa kali saya dengar dan baca ada orang nyeletuk, “Kenapa BI ga cetak uang sebanyak-banyaknya agar perekonomian rakyat membaik?

Hati-hati kawan, mencetak uang bukan perkara mudah. Jika BI mencetak tanpa dasar perhitungan ekonomi yang bagus, bukannya sejahtera malah akan berdampak sebaliknya. Inflasi akan naik luar biasa tak terkendali. FYI, BI merilis berita kalo mereka nganggarin sekitar 3,5 triliun untuk sekali mencetak dan mendistribusikan uang ke seluruh Indonesia. Gede juga kan?

Trus, Bagaimana Harus Menyikapi Inflasi?

Santai, tarik napas dalam-dalam, baru beraksi. Buat Anda yang belum memiliki produk investasi, ada baiknya mulai memikirkan investasi jangka panjang. Jaman dulu kala, Bapak saya enggak tau apa itu inflasi. Tapi Beliau menyimpan uangnya dalam bentuk ternak dan emas untuk membiayai sekolah anak-anaknya. Generasi Y lebih hebat lagi, investasinya benar-benar sudah disadari mulai dari yang konservatif macam properti, emas, tanah sampai ke level advance seperti saham, reksadana, bahkan ETF. Tapi, jangan lupa untuk belajar dulu tentang properti atau saham ya jika memang sudah siap.

Pertanyaan selanjutnya akan muncul, apa iya investasi kita bisa lebih tinggi daripada inflasi? Kadang saham jebloook banget, tapi di saat bersamaan emas lagi naik. Trus investasi mana yang harusnya dipake?Bingung milih saham atau reksadana? Pepatah kuno bilang,

“Jangan menaruh seluruh telur dalam satu keranjang

Itulah kenapa perlu mencampur produk-produk investasi milik Anda, jangan terpaku pada satu produk. Terkadang investor terlalu terbawa suasana ketika salah satu produk investasinya menjulang tinggi, hingga malas buat mendiversifikasikan ke produk investasi lainnya. Ada banyak pilihan yang layak dipertimbangkan, tapi sesuaikan dengan budget yang dimiliki. Satu hal lagi, jangan pernah berutang untuk investasi!

Wassalamualaykum pedagang se-Indonesia!
Diubah oleh pendaki langit 28-08-2016 09:17
0
3.3K
49
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan