ali99jihadAvatar border
TS
ali99jihad
Wow Listrik pun sekarang kita IMPOR gan.
Kompas.com dalam laporan nya seperti dibawah ini, “JAKARTA, KOMPAS.com — PT PLN siap merealisasikan rencana impor listrik dari Serawak, Malaysia. Dalam waktu dekat, perusahaan pelat merah tersebut akan memulai konstruksi jaringan transmisi yang akan tersambung dengan wilayah perbatasan Indonesia-Malaysia sepanjang 86 kilometer.
Nur Pamudji, Direktur Utama PT PLN, mengatakan, pihaknya telah melakukan penandatanganan kerja sama pembangunan interkoneksi jaringan listrik Kalimantan Barat-Serawak bersama Serawak Energy Berhad (SEB). Jaringan transmisi tersebut akan menggunakan daya 275 kilovolt (kV) dari Bengkayang, Kalimantan Barat, hingga Mambong, Serawak, sepanjang 122 km.
Rinciannya, jaringan transmisi sepanjang 86 km berada di Kalimantan Barat, sedangkan sisanya berada di wilayah Malaysia. PLN sendiri akan membiayai jaringan yang berada di wilayah Indonesia dengan investasi mencapai 110 juta dollar AS. “Kami akan memulai konstruksinya mulai Juni ini,” kata Nur Pamudji, akhir pekan lalu.
Rencananya, pembangunan jaringan transmisi akan rampung pada pertengahan 2015. Selanjutnya, Indonesia akan mengimpor setrum sebanyak 50 megawatt (MW) dan akan ditingkatkan menjadi 230 MW selama lima tahun ke depan.
Adapun sumber setrum dari Serawak umumnya dihasilkan dari pembangkit listrik tenaga air (PLTA). Wilayah Sabah di Serawak memiliki bendungan yang cukup besar sehingga bisa menghasilkan listrik yang sangat besar. Nur bilang, harga jual beli listrik yang telah disepakati yaitu 9 dollar AS per kilowatt hour (kWh) tanpa ada eskalasi.
Dia mengklaim, impor listrik akan sangat menguntungkan Indonesia. Saat ini, pasokan listrik di Kalimantan Barat baru mencapai 150 MW dengan tingkat rasio elektrifikasi 57,54 persen. Padahal, potensi pertumbuhan ekonomi di sana berkembang pesat dengan adanya industri kelapa sawit maupun rencana pembangunan smelter. “Indonesia akan untung karena pasokan listrik di Serawak cukup tinggi hingga mencapai 6.000 MW,” kata Nur. “

Dan tahun ini saja, PLN berencana akan menjual Obligasi senilai 12 Triliun rupiah. Sesuai dengan pernyataan Wahyu Hidayat, Deputi Bidang Restrukturisasi dan Perencanaan Strategis Kementerian BUMN kepada wartawan.

Dengan dana ini PLN akan menggunakannya sebagai dana cair pembangunan jaringan listrik ke seluruh kepulauan Indonesia.

Apakah keuntungan PLN dan pemerintah Indonesia mengimpor listrik dari Malaysia?

Karena Negara Bagian Serawak Malaysia memiliki pasokan listrik yang mencengangkan yaitu sekitar 6,000 MW. Sedankan populasi nya sekitar 2,5 juta jiwa saja. Luas daerahnya 124,450 km2.
Sedangkan Kalbar, hanya memiliki pasokan 156MW saja, yaitu sekitar 57 persen tingkat rasio kelistrikannya. Dengan luas daerahnya sebesar 147,307 km2. Dan penduduknya sekitar 4,5 juta jiwa.

Menurut PLN, dengan menggunakan dana sebesar 110 juta USD, hanya mampu membangun jaringan transmisi sebesar 100 MW saja. Jadi lebih mudah dalam jangka pendek ini mengimport listrik dari Serawak, Malaysia.


Ane pribadi ga ngerti deh kenapa negara yang kaya akan sumber energi listrik mulai dari geothermal, batu bara dan gas alam malah ngimpor dari malaysia.
begini nih akibat dari pasar monopoli,
pendapat agan-agan yang budiman dan berwawasan luas seperti apa?emoticon-Matabelo
0
1K
4
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan