ndy.chaniago46Avatar border
TS
ndy.chaniago46
Kenapa Jumlah Hari Cuma Ada 7 ?
Assalamua'alaikum wr wb

Selamat malam agan2 n sista, Welcome to my first thread emoticon-Selamat emoticon-Selamat

Kali ini ane mau mengupas sejarah mengenai hari gan, sis. ada yang pernah wondering ga, penasaran gitu sambil ngelamun mikirin hari kok cuma ada 7 hari. Tau ga gan sejak kapan dan dimana masing-masing hari itu diberi nama ? kebayang ga kalo ternyata orang-orang pada zaman dahulu kala gak nemuin ni, yang namanya hari yang jumlahnya 7? mungkin bagi yang jomblo ga perlu pusing mikirin malam mingguemoticon-Wakaka

Sejarahnya bukan terjadi di zaman mesir kuno (3100an Sebelum Masehi (SM)), penemuan ini terjadi di daerah mesopotamia gan (Kalo sekarang mesopotamia ini negara iran + kuwait +syriria +turki + perbatasan iran-iraq)



Meopotamia ini negeri yang diapit oleh dua sungai gan, sungai eufrat dan sungai tigris. Asal muasal nama mesopotamia ini diambil dari bahasa yunani, mesopotamia = negeri antarsungai gan. Jadi, pada jaman dulu dinegeri yang sangat panas ini gan terdapat kota yang bernama babilon. Dan kota babilon ini sempat menjadi kota terbesar di dunia, hiruk pikuk orang dari berbagai penjuru yang membawa barang untuk diperdagangkan. Nah, pada jaman ini, di kota babilon ini belum ditemukan.

penduduk babilon ini menyembah matahari, bulan dan bintang-bintang sebagai dewa-dewi mereka gan, seperti di jaman mesir kuno.Orang babilon yang disebut babilonia terus menyembah matahari dan terus mengamati dan mencatat segala yang mereka amati dilangit. seiiring berjalanya waktu, orang babilon/babilonia mendapati bahwa terdapat bintang-bintang yang bergerak secara teratur. yang kemudian diberi nama oleh penduduk babilon (sekarang dikenal dengan rasi bintang gan).

pada jaman ini, penduduk babilon masih beranggapan bahwa bumi sebagai piringan/ cakram datar tak bergerak, sedangkan langit dan bintang-bintang berupa kubah cekung yang menutupu bumi seperti tudung dan mengitari bumi sekali dalam sehari.emoticon-Matabelo . nah dengan pandangan seperti ini, penduduk babilonia yang kritis terus berpikir dan menganalisis gan, kok bisa ada bintang yang berpindah/pindah atau bergerak karena jika asumsi bentuk bumi dan kondisinya seperti diatas, seharusnya bintang berada pada posisi yang sama gan. penduduk babilonia pun pusing tujuh keliling mikirinnya ganemoticon-Hammer2.

Kalo dalam ilmu sekarang, bintang yang seperti bergerak tersebut adalah bintang yang paling dekat dengan kita gan dengan kata lain bintang tersebut adalah planet. namun hal ini belum diketahui oleh penduduk babilonia. karena mereka pusing gan , akhirnya mereka beranggapan bahwa bintang tersebut memiliki kekuatan gaib yang mengatur hal itu secara misterius ganemoticon-Matabelo . mereka percaya bahwa bintang-bintang tersebut mempunyai arti bagi nasib manusia, sehingga mereka memberi nama bintang-bintang tersebut.

disinilah gan sejarah hari kenapa ada 7 beserta namanya. berbagai bintang/planet tersebut memiliki arti tersendiri, seperti planet Marikh / mars yang berarti perang, planet venus berarti cinta. Kepada setiap dewa planet/bintang ini dipersembahkan 1 hari dan orang babilonia hanya mengetahui 5 planet/bintang saja yakni Mars, Merkurius, Yupiter (Mustari), Venus dan Saturnus beserta matahari dan bulan sehingga hari yang dipersembahkan menjadi 7 hari, so inilah asal-uslu jumlah hari ada 7 gan.

Dalam berbagai bahasa masih terwariskan sebutan untuk matahari dan bulan, contohya SUNday, MONday, serta dalam bahasa jerman Sonntag dan Montag. untuk 5 planet yang diyakini babilonia, masih dapat ditemukan dalam bahasa perancis, mar-di (dari Mars), merc-redi (dari Merkurius), Jeu-di (dari Yupiter), ven-dredi(dari Venus). untuk hari saturnus, dapat ditemukan di bahasa inggris, Satur-day.

Nah kebayang ga gan ternyata sejarah hari yang cuma ada 7 itu sudah ada sejak ribuan tahun sebelum masehi. raja-raja yang hidup dinegeri ini dari tahun 3000 SM hingga 500 SM

Sekian gan trit dari ane, semoga menabah ilmu agan-agan dan makin cinta dengan hal-hal yang berbau sejarahemoticon-Ngakak

Wasalamualaikumemoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-Jempol emoticon-2 Jempol


Sumber : buku sejarah dunia karya Ernst H. Gombrich
Diubah oleh ndy.chaniago46 16-08-2016 05:07
0
6.2K
24
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan