adiocAvatar border
TS
adioc
Launching AMD APU7thGen di Jakarta & Preview kinerja Acer E5-553G Bristol Ridge

Pada Sabtu 18 Juni 2016, ane diundang AMD untuk mengikuti acara "Buka Bersama AMD". Acara tersebut sebenarnya juga merupakan acara Launching AMD 7th Gen APU dan pengenalan notebook yang menggunakan APU terbaru dari AMD tersebut. Event ini merupakan event eksklusif yang hanya dapat dihadiri oleh AMD Red Team serta Komunitas AMDers dan Kaskus. Kami dilarang untuk membocorkan informasi yang diberikan selama acara berlangsung sebelum tanggal 20 Juni, karena sebenarnya acara launching resminya baru dilakukan pada 20 Juni yang mengundang media di Indonesia. Jadi intinya, kami diberikan kesempatan terlebih dahulu untuk mencoba performa AMD 7th Gen APU tersebut sebelum dirilis secara resmi di Indonesia, hehe.
Spoiler for AMD:


Launching AMD 7th Gen APU Global diadakan di Taipei Taiwan pada tanggal 1 Juni 2016. Jadi, launching di Indonesia termasuk cukup cepat, karana hanya dengan selang waktu sekitar 2 minggu dari launching globalnya, pengguna di Indonesia sudah dapat menikmati AMD APU 7th Gen ini.

Video dari ane saat acara berlangsung:

Spoiler for Video AMD:

Event launching AMD 7th Gen APU ini diadakan di Cheese Cake Factory, Grogol, Jakarta Barat. Acara dimulai pada pukul 16.00. Acara berlangsung cukup santai dan interaktif. Ibu Linx-linx dari AMD Indonesia memberikan penjelasan mengenai teknologi terbaru APU generasi ke-7 dari AMD ini. Beliau memaparkan mengenai teknologi, spesifikasi teknis, fitur, dan juga performa APU "Bristol Ridge" tersebut. Dijelaskan pula mengenai peningkatan performa APU 7th Gen ini dibandingkan generasi sebelumnya, dan bagaimana APU ini dapat menunjang produktivitas serta memberikan performa lebih dengan konsumsi daya yang efisien.
Spoiler for AMD:


Presentasi dilanjutkan oleh Reza Afrian dengan fokus pada performa Notebook yang dipersenjatai AMD APU 7th Gen. Reza Afrian juga merupakan reviewer dan overclocker dengan prestasi nasional, sehingga pengetahuan teknis mengenai teknologi komputer tidak diragukan lagi. Dia melakukan demo pengujian performa dari notebook "Bristol Ridge" dan juga menjalankan test perbandingan kinerja dengan notebook yang menggunakan Intel Core I7 6500-U Skylake. Terlihat dari hasil pengujian, AMD APU 7th Gen ini mampu mengungguli performa dari Intel Core I7 6500-U Skylake pada beberapa skenario benchmark. Hal ini membuktikan notebook yang dipersenjatai AMD APU 7th Gen dan memiliki konfigurasi sistem yang optimal, memiliki performa yang sangat bagus dengan harga yang lebih terjangkau.
Spoiler for AMD:


Para peserta juga dipersilakan untuk mencoba performa AMD APU 7th Gen ini secara langsung. Pada skenario pengujian HEVC, dapat dilihat bahwa AMD jauh meninggalkan intel dengan rata2 FPS yang diperoleh di sekitar 30, sedangkan intel hanya mendapat sekitar 5 FPS.
Spoiler for AMD:


Pada pengujian yang dilakukan oleh Alva Jonathan (Master Overclock dengan prestasi internasional) dari jagatreview, performa CPU AMD FX-9800P bisa hampir setara dengan Intel Corei7-6500U skylake pada skenario multithread benchmark (Cinebench). Perbedaan performa CPU AMD FX-9800P dengan Intel Corei7-6500U hanya terpaut sektar 2%. Sedangkan Untuk performa grafis, GPU AMD "Bristol Ridge" ini jauh meninggalkan grafis i7 "Skylake" hingga mencapai perbedaan 50%, padahal notebook dengan Intel Corei7-6500U memiliki harga yang jauh lebih mahal.
Spoiler for AMD:


Dengan TDP 15W, Maximum CPU Frequency 3.6 GHz, Base CPU Frequency 2.7 GHz, dan diperkuat Radeon R7 di sisi pengolahan grafis, AMD FX-9800P akan memiliki performa yang tinggi namun tetap hemat daya. APU 7th Gen ini memiliki performa yang sangat baik. Kita dapat menunjang produktifitas dan dapat diandalkan untuk kebutuhan multimedia, entertainment, office, disain, bahkan menjalankan game terbaru dengan nyaman.
Spoiler for AMD:

Fitur Pada AMD 7th Gen APU
  • Support DirectX® 12, Vulkan APIs & AMD Dual Graphics
  • AMD FreeSync = memberikan tampilan grafis yang sempurna dan lebih lancar terutama saat digunakan untuk bermain game. FreeSync bekerja dengan menghilangkan tearing dan stuttering pada game dan juga mengunci refresh rate layar. AMD FreeSync dapat bekerja tentunya dengan dukungan Hardware dan Sofrware yang sesuai.
  • AMD Advanced Power Management = merupakan power management dari AMD dengan mengatur kinerja prosesor sesuai kebutuhan sehingga pengunaan daya akan lebih efisien, dan hemat baterai tentunya.
  • Dukungan HEVC = HEVC (High Efficiency Video Coding) merupakan next gen video coding/compression. HEVC juga dikenal sebagai H.265. Untuk saat ini, kita masih familiar dan terbiasa dengan H.264, namun kedepannya penggunaan H.265 akan lebih luas dan lebih optimal karena memiliki tingkat efisiensi yang lebih tinggi. HEVC memiliki tingkat kompresi dua kali lebih baik dibandingkan H.264, serta mendukung resolusi hingga 8192×4, termasuk 8K UHD.Dan beruntungnya, AMD 7th Gen APU telah mendukung HEVC secara penuh, sehingga HEVC dapat dijalankan dengan maksimal.
  • AMD Eyefinity = teknologi dari AMD yang akan memudahkan untuk menghubungkan notebook ke banyak monitor eksternal sesuai dengan kebutuhan.

Beberapa notebook yang dipersenjatai AMD APU 7th Gen ini diantaranya adalah HP Envy x360 dan Acer E5-553G.

Acer E5-553G
Spoiler for AMD:

Versi tertinggi Acer E5-553G memiliki sepesifikasi sebagai berkikut :
  • Processor : AMD FX 9800P QUad-Core APU 3.6 GHz
  • Graphics : Radeon R8 M445 DX Graphics 2GB VRAM
  • Screen : 15.6
  • Optical : DVD RW
  • Memory : 2 x 4GB DDR4 Dual Channel
  • Storage : SSD 128 GB + Harddisk 1TB

Acer E5-553G memiliki spesifikasi yang cukup tinggi. Dengan penggunaan prosesor FX 9800P pada clock 3.6 GHz, tentunya notebook ini akan memiliki kinerja CPU yang cukup cepat. Dukungan Radeon R8 M445 pada sisi graphic card akan sangat membantu dalam menjalankan pekerjaan 3D seperti disain, multimedia, maupun game pada resolusi full HD dengan nyaman. Dengan penggunaan RAM DDR4 8 GB tentunya akan mampu untuk menjalankan berbagai aplikasi dengan lancar. Konfigurasi RAM Dual Channel tentunya juga sangat bermanfaat, kita akan mendapatkan bandwidth dua kali dibandingkan penggunaan RAM single channel yang masih sering digunakan dipasaran. Kinerja APU juga akan lebih maksimal dengan penggunaan RAM dual channel ini.
Pada sisi storage, E5-553G dipersenjatai dengan SSD 128 GB yang tentunya akan memberikan performa terbaik. Waktu booting windows dan juga loading aplikasi akan berjalan sangat cepat. Terdapat pula Harddisk 1TB yang siap untuk menampung berbagai data yang kita punya.

Fitur extra pada Acer E5-553G
  • USB 3.1 = merupakan jenis USB terbaru yang lebih cepat dan memiliki konektor yang lebih fleksibel.
  • MU-MIMO = teknologi wireless dengan penggunaan multi antena yang tentunya akan memberikan koneksi wireless yang lebih handal dan cepat.
  • Power-off USB Charging = dengan fitur ini, kita dapat melakukan pengisian daya pada gadget kita walaupun dalam keadaan laptop mati.
  • Acer ExaColor = merupakan teknologi untuk membuat kualitas warna lebih alami dan nyaman digunakan.

Acer Aspire E5-553G memiliki tiga varian. Ketiga varian itu memiliki perbedaan pada sisi Processor yang digunakan. Versi paling murah menggunakan AMD A10 9600P yang dibanderol di harga 6 Jutaan, kemudian AMD A12 9700P dengan harga 7 Jutaan, dan yang tertinggi menggunakan AMD FX 9800P seharga 8 Jutaan. Untuk sektor grafis, ketiganya sudah didukung oleh AMD Radeon R8 M445 DX. Dengan adanya ketiga varian ini, pengguna akan dapat memilih sesuai kebutuhan dan dana yang tersedia. O iya, anda dapat membeli Acer Aspire E5-553G secara online, seperti di bhinneka.com. Untuk pembelian Notebook yang ditenagai oleh APU 7th Gen, akan mendapatkan Game Original secara gratis, cukup menarik bukan?
Spoiler for AMD:


Spoiler for Sumber Tambahan:
Diubah oleh adioc 29-06-2016 09:45
0
8K
34
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan