basotahuikanAvatar border
TS
basotahuikan
MERASA DITIPU oleh pelapak GROSIR PHILIPS di bukalapak.com
Selamat malam Kaskus dan Kaskuser,

Langsung aja nih, ane mau melaporkan penipuan yg terjadi di marketplace bukalapak.
Kronologisnya gini nih agan2,

[10 Maret 2016]
ane lg nyari sparepart buat blender ane dirumah yg udh jadul bgt (tipe phillips cucina HR 1741).
Jadi blendernya tuh sebenernya masih bisa dipake, tapi istri ane ngeluh karena dah lama gt, trus gelas bumbunya udh ga bagus kondisinya walaupun masi bisa dipake dan berfungsi baik.

Akhirnya ane searching2 di google, nemu di beberapa marketplace ada yg nyediain. Setelah lama ane mempertimbangkan, pilihannya jatuh di penjual di bukalapak dengan ID GROSIR PHILLIPS. Klo melihat reputasinya di marketplace sih bagus.


akhirnya ane pesen gelas blender kaca komplit Original+ drymill Original dua2nya seharga Rp. 305.400 + ongkir Rp. 28.000 + asuransi Rp. 5.610. Totalnya Rp.339.010

Spoiler for bukti transaksi:

Mahal banget ya untuk sparepart doang, uang segitu sebenernya bisa beli blender baru. Tp karena alasan sentimentil (bekas alm. ibu ane), jd ane jabanin dah.

[14 Maret 2016]
Barang yang dipesan akhirnya sampai. Setelah paket dibuka dan dicek, tidak ada tanda2 kerusakan. Lalu ane coba bandingin sama komponen blender ane yg asli, dan ngetes bisa dipakai apa tidak.

Hasil testnya mengecewakan. Barang ternyata tidak sesuai dengan yg diharapkan. Drymill ternyata setelah dicoba bocor dan hampir merusak mesin blender. Paket gelas kaca juga ternyata tutupnya tidak pas dan berbeda dengan originalnya sehingga susah ditutup.


Tus ane coba cek resi JNE, ternyata tercantum disana Rp. 14.000 dan pengiriman tidak menggunakan asuransi.
padahal saya membayar Ongkir Rp. 28.000 + asuransi Rp. 5.610 di transaksi bukalapak.
Spoiler for JNE:

Ane coba telepon CS bukalapak 1500350, selalu jawabannya sibuk karena sedang melayani pelanggan lain.
Akhirnya ane coba kirim pesan ke bukalapak, tidak lama kemudian dibalas dengan pesan berikut.
Spoiler for balasan dari admin bukalapak:

Loh, ini nyuruh diskusi pengiriman barang. Padahal ane udh ngisi dari waktu ane selesai ngecek barang, nah Pelapaknya malah ga ada respond.
Spoiler for scrshot diskusi retur barang:


Trus ane coba tuh ngirim message via whatsapp ke nomer si pelapak (dia kebetulan nyamtumin alamat dan nomer hp)
Spoiler for whatsapp dari ane:


kyknya messagenya nyampe tapi ga dibaca (entah langsung didelet), boro2 dah ngerespon.
-------------------------------

Kesimpulannya, Ane kyknya udh kena tipu nih. Dapet pelajaran klo feedback, testi dll tuh ga menjamin pedagang jujur dan beritikad baik.
Entah gimana ini bukalapak sistemnya gimana, kyknya kurang tanggep begini klo udh kejadian, ga tau nih duit ane bisa balik apa engga.

Mau ngeproses juga paling engga ada itikad dari marketplacenya, yakni bukalapak sendiri. Ane sekarang nunggu itikad baik dari bukalapak untuk menyelesaikan ini. Alamat pelapak sama nomer hpnya ada klo niat mau lapor sama yg berwajib, cuman ane nunggu respond dr bukalapak sendiri deh. Secara ane menggunakan jasa bukalapak untuk beli barang ini.

Terimakasih,
---------------------------------

UPDATE 1 : Pelapak barusan bales whatsapp ane, menurutnya barang yg ane pesen udh ga produksi, jadi diakalin pk barang tipe lain. Jadi kurang lebih murni kesalahan pelapak karena masih ngiklanin barang yg dia udh ga punya.

Pelapaknya udh konfirmasi nerima retur. Dia bilang dana masi di rekening bukalapak.
Spoiler for konfirmasi:


Ane nunggu respon bukalapaknya makin ga jelas nih. Tadi nyoba nelepon CS-nya lagi di 1500350, akhirnya nyambung trus abis ngasihin nomer transaksi ane disuruh tunggu sebentar, ngedengerin nada sambung yg diulang2 5menitan lebih, kyknya CS-nya sendiri ga ada itikad bantu.

UPDATE 2: Pihak bukalapak akhirnya ngirim email untuk bantu konfirmasi ke pelapak untuk retur barang. Ane packing balik, nyertain foto sebelum dan sesudah packing dan ngisi kolom resi pengiriman dan foto resinya. Tinggal nunggu konfirmasi barangnya nyampe, dan duit ane balik kaga ya.
Spoiler for resi kirim balik:


UPDATE 3: Barang setelah saya coba tracking di JNE ternyata sudah sampai tujuan dan diterima.

namun pada di web bukalapak sendiri masih tertulis, on process
Spoiler for tracking bukalapak:

saya semakin merasa bahwa pihak bukalapak sendiri kurang responsif menangani kasus seperti ini.

UPDATE 4: Setelah melalui proses yg panjang dan ngirim ke admin berkali2, akhirnya duit ane kembali di bukadompet. Terhitung tanggal 28 Maret, 20 hari sejak ane order. Karena duit ane udah balik, jadi ane anggep case closed. Cuman buat saran aja untuk Marketplace Bukalapak agar mengecek dagangan pelapak2 apabila stok habis atau masih mencantumkan barang yang sudah tidak didagangkan lagi.
Untuk urusan ongkir dan tracking juga baiknya diperbaiki karena banyak diantaranya yg tidak sesuai. Ane harap kasus kayak gini tidak terulang lagi di bukalapak. Terimakasih
Diubah oleh basotahuikan 31-03-2016 15:18
0
3.5K
7
Thread Digembok
Urutan
Terbaru
Terlama
Thread Digembok
Komunitas Pilihan