ombloo96Avatar border
TS
ombloo96
Gerhana Matahari Bisa Bikin Mata Buta? Ini Penjelasannya


[img]http://s.kaskus.id/images/2016/03/08/7795397_201603080540500978.

Spoiler for cek no repsol:


udah tau kan gan /sist tgl 09 februari bakal terjadi Gerhana Matahari Total, yang cuma kejadian di Indonesia emoticon-I Love Indonesia. Gerhana matahari adalah fenomena alam yang luar biasa. tapi ane gak akan ngebahas apa penyebab gerhana matahari.

Di berbagai media udah nyaranin sebaiknya kita tidak langsung melihat gerhana matahari dengan mata telanjang. Maksudnya tanpa bantuan alat, seperti teleskop, kacamata, dan lainnya. Ah, kenapa begitu, ya?
Pupil mata kita bisa membesar dan mengecil jika terkena cahaya.

Asal agan tahu saja, mata kita ini kayak diagframa pada kamera. Ada bagian mata kita yang bisa melebar dan menyempit. Namanya pupil (ingat y bukan upil emoticon-Ngakak). Pupil ini berfungsi untuk menyaring jumlah cahaya yang memasuki mata.

Kalau suasana sekitar kita gelap, maka diameter pupil mata kita membesar sampai 8mm. Kalau di siang hari yang terang, biasanya diameter pupil mata kita mengecil sampai dengan 2 mm. Nah, kalau mata kita melihat cahaya yang sangat terang, pupil bisa mengecil sampai 1,6 mm.

Faktanya

Pupil mata manusia tak mampu menghalangi pancaran cahaya matahari yang begitu terang.

Kalau dihitung, cahaya langsung dari matahari itu harus dilemahkan 50 ribu kali supaya bisa diterima oleh pupil mata manusia. Kalau tak dilemahkan, orang yang melihat langsung ke arah matahari besar kemungkinannya menjadi buta.
Melihat gerhana sebaiknya dengan menggunakan alat, seperti teleskop.


Bukan Cahaya yang Menyusut, tapi Bentuknya!
Saat terjadi gerhana matahari , memang cahaya matahari tertutup oleh bulan, sehingga cahaya di sekitar alam menjadi redup. Tetapi meskipun cahaya matahari itu tertutup, pancaran cahayanya tak berkurang sedikit pun, hanya ukurannya saja yang menyusut.
Dan ketika kita mendongak ke atas menatap matahari, yang terjadi adalah pupil mata kita belum sempat bereaksi.


Akibatnya, cahaya matahari yang masuk ke mata berlebihan sehingga membuat mata kita bisa menjadi buta. Jadi, sebaiknya saat gerhana maupun tak ada gerhana, kita tidak menatap matahari secara langsung.


Gunakanlah alat bantu, seperti teropong, teleskop, kamera, atau instrumen optik lain untuk melihatnya. Sebab, di situ ada lensa yang dapat memusatkan cahaya. Nah, sebaiknya jangan pernah melihat gerhana matahari dengan mata telanjang. Semoga kalian tidak menatap langsung sinar matahari, ya. Berbahaya untuk kesehatan mata agan/sista.

sekian penjelasan singkat dari ane, kalo ada yg mau nambahin atau benerin dengan senang hati ane terima emoticon-I Love Indonesia

Spoiler for sumur:
nona212
nona212 memberi reputasi
1
5.3K
34
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan