Pengaturan

TS
sigitsf
CATPER Menapaki Mistisnya Gunung/Bukit Sanggabuana Karawang

Permisi ane mau meramaikan percatperan disini nih emoticon-Ngakak

UPDATED 03 MARET 2016

Spoiler for INFO:

Awal 17 Oktober 2015
Langsung aja kembali ke cerita, berawal di sabtu pagi ane hanya gogoleran alias tiduran ga jelas dikamar tiba-tiba ane kepengen jalan entah kemana tapi setelah cek keuangan ternyata cuma ada selembar 50 ribuemoticon-Berduka (S)ga keabisan akal ane kontak beberapa rekan yang sekiranya sudi diajak ngesot rencana awal pengen ke mt.lembu yang terkenal itu tapi setelah kontak sana sini cuman ada satu yang bersedia ngikut yaudah ngobrol ngalor ngidul kanan kiri akhirnya sepakat kita ke sanggabuana karawang itung-itung nostalgia jaman diklat PA duluemoticon-Ngakak (S)

Siapin perabotan lenon rencana awal jalan jam 09.00 apa daya sabtu pagi emang ga kerasa tiba-tiba sudah siangemoticon-Ngakak (S)
ane segera panasin motor mandi babibu cuss ke kosan temen ane ngambil beberapa alat yang kurang eh ternyata ada temen ane satu lagi si fahmi yaudah ane culik soalnya dia punya kolega dikarawang sana padahal doi masih beler belom mandi leher pegel semalam abis nonton konser metal sebagai temen yang kejam ane ga hiraukan ituemoticon-Malu (S)

Jam 02.00 akhirnya motor ane si putih yang abis dicuci melaju menembus debu kota industri cikarang delta mas perjalanan kurang lebih satu jam belok kanan belok kiri kanan lagi begitu seterusnya siang itu panas cukup terik ditambah angin dan debu serta ikut pula truk tronton sungguh kaloborasi yang sukses membuat mata kelilipanemoticon-Hammer (S)

Jam 03.15 kami sampai digerbang menuju Curug Cigentis dan sekitarnya untuk motor dikenakan biaya masuk Rp. 15.000 berhubung ane bawa AKAMSI (Anak Kampung Sini) biaya masuk GRATISSemoticon-I Love Indonesia (S)
Kami berhenti dulu dirumah kakanya si fahmi dari sini tinggal 15 menit menuju parkiran tapi akibat suguhan mie ayam yang membuat kami sukses melupakan waktu kita baru tiba di parkiran jam 17.00emoticon-Cape d... (S)

Spoiler for Mie ayam dulu:

Spoiler for Gugusan perbukitan sekitar:

Spoiler for Parkiran:

Sekedar info aja biaya penginapan motor permalam Rp.10.000 untuk mobil ane lupa nanyaemoticon-Malu (S)
Abis nitipin motor kita langsung jalan ga lupa berdoa dulu ane udah agak was was jalan malem disini cuma ya hati berkata maju dari pada pulang lagi nanggung malem minggu ga kemana-manaemoticon-Ngakak (S)
Trek awal sanggabuana ini menurut ane paling sulit sampai batas hutan dan kampung dimana trek nanjak terjal dan terbuka sore-sore aja ane ampe ngos-ngosan gini apalagi tengah hari bolong wah gawat panasnyaemoticon-Cape d... (S)
Spoiler for Trek awal:

Spoiler for Nanjak gan:

Jalan ngesot ngerest beberapa kali seteah 15 menit dari start awal parkiran ane nyampe ditrek persawahan disini kita bakal ketemu persimpangan yang mau ke Curug dan mau ke Sanggabuana.
Gn. Sanggabuana ini ga ada BASECAMP yang mau mendaki atau ziarah tinggal nitipin motor dan bilang mau naik, atau kalo mau lebih aman bisa ketemu kuncen gunung setempat buat nanya dan izin pendakian

Spoiler for Sawah:

Spoiler for Persimpangan:

Hari makin sore ane baru sampai di perkampungan terakhir sebelum batas hutan "SEPI" kesan pertama yang ane tangkap disini, perkampungan yang ane maksud disini hanya terdiri dari beberapa rumah saja selebihnya Makam-Makam yang diberi seperti Rumah jangan tanya Makam siapa ane ga tau emoticon-Malu (S)
Ngerest bentar sambil minum air sayang ane lupa dokumentasiin karena memang battery kamera ane tinggal 2 bar emoticon-Berduka (S)
mulai dari sini kamera ane hemat buat jepret niatnya kalo ada pengen foto Milky Way tapi kayanya ga ada dimari emoticon-Bingung (S)

Spoiler for :

Hari menjelang malam pukul 18.00 ane tiba di suatu pos yang ada air terjun mini dan sumber air yang melimpah ada gubuk dan warung cuman warungnya tutupemoticon-Roll Eyes (Sarcastic)Pas jaman diklat PA ane disuruh bikin Bivak nih dimari eh tengah malam ada keributan ternyata kesurupan gan, konon katanya ada nyonya kunti yang tinggal dipohon besar depan warung Ane DKK ngerest sejenak makan roti minum air tak lupa sholat dan berdoa dan langsung cus karena hawanya sudah ga nyamanemoticon-Shutup
Ndah dari mari kita akan disuguhkan tanjakan yang namanya tanjakan 2 Jam gan ya pasti tau sendiri lah kenapa 2 jam emoticon-Wakaka
1 jam berlalu kita sampai ditengah tengah tanjakan itu awan hitam disinari bulan yang agak terang bersinar diatas kepala kami tapi tetap kesan seram terus menghantui karena beberapa spot tercium semerbab wangi menyan dan suka tiba-tiba ada angin yang lewat diiringi bunyi gemersek dicelah celah jurang gitu ane sebagai manusia normal ya stay cool padahal merinding setengah moydaremoticon-Roll Eyes (Sarcastic)

Sunyi senyap terus menemani kami bertiga kutu kupret si angga yang ndak mau didepan jadilah ane sebagai leader yang tamvan jalan duluan dengan senter mantap ditangan senter hanya kami arahkan kebawah sesekali kedepan ndak berani ane nyenter kearah lain ya you know lah emoticon-Shutup pukul 20.11 kita sampai di tanah lapang setelah tanjakan 2 jam disini muat 2 tenda gan buat camp tapi bukan disini spot kita hehe..

Ngaso-ngaso lucu dulu disini curhat nostalgia bla bla bla kita cape ngomong mulu lanjutlah berjalanan malam ini, dari sini kurang lebih 1 jaman lagi sampai "puncak kuburan" tetap sunyi malam ini enggan pergi ditambah masih aja kemenyan menusuk idung kami yang mancung dan pesek iniemoticon-Ngakak
lama berjalan tibalah kami dibangunan samping track bangunan yang dalamnya kuburan lagi lagi ane ga tau itu kuburan siapa, tak lupa mengucap sallam ngeri ada yang keganggu kita lewat mari emoticon-Malu

Malam semakin larut sunyi masih berlanjut menyan masih semerbab hening menyelimuti kami bertiga ini pendakian paling sunyi ane biasanya pada koar-koar bercanda garing yang tak lucu tapi kami ketawa tapi kali ini hanya hening, lama berjalan akhirnya kita sampai ditanjakan terakhir sebelum puncak, pukul 21.44 kita sampai di puncak yang ada banyak makam ini konon salah satu makam disini didiami oleh Mbah Petruk itu tokoh pewayangan ada juga versli lain yang menyebutkan Prabu Siliwangi ya percaya ga percaya kita saling menghormati aja gan emoticon-Malu
Sampai puncak ternyata sudah agak ramai gan ada juga pendaki yang sekedar ngadem kaya kita ini tapi kebanyakan pada penziarah yang lagi nyari wangsit, ane melipir kesebelah kanan disini view langsung mengawah ke waduk jatiluhur dan jajaran pegunungan dipurwakarta.
Buka tenda janda Luxe Tigermoth buka nasting lanjut kita ngopi malam emoticon-thumbsup
Sejenak kita lupain kemistisan yang terjadi ditrack diganti dengan obrolan dan candaan khas dari sekumpulan manusia yang besar dan hidup dialam emoticon-Shutup

Spoiler for view malam:

Spoiler for Sendokir:

Dibelakang tenda ane ada bangunan milik warga yang tinggal diatas gan cuman lagi tak ada penghuni horor abis deh soalnya kerap kali terdengar suara pintu berdesik gitu dehemoticon-Shutup