Pengaturan

TS
christzone
[FR] SINGAPORE 3-5 JUNI 2015
Kali ini ane mau berbagi cerita sedikit sama agan-agan soal trip singkat ane ke Singapura tanggal 3-5 Juni kemarin. Semoga bermanfaat emoticon-Cendol (S)

PERSIAPAN
Buat tiket pesawat ane beli dari Air Asia pas lagi promo dan dapet harga Rp 578.000 buat PP.
Sedangkan buat hotel ane beli dari air asia go. Setelah cari-cari yang ratingnya oke pilihan ane jatuh ke Quarters Hostel di daerah Clarke Quay dengan tarif Rp 497.098 untuk menginap 2 malam termasuk sarapan. Ane sengaja pilih hostel ini karena posisinya strategis dekat dengan stasiun MRT, di kanan kiri hostel banyak kedai makan, dan dekat dengan Singapore River (lagi pengen liat sungai bersih gan soalnya di Jakarta gak ada emoticon-Cape d... (S) )
Beberapa hari sebelum berangkat ane diminta mentransfer biaya airport tax oleh AA sebesar Rp 150.000 karena ternyata di bandara udah gak melayani pembayaran airport tax.

Jadi untuk persiapan perjalanan ane menghabiskan:
Tiket AA PP = Rp 578.000
Quarters Hostel 2 malam = Rp 497.098
Airport Tax = Rp 150.000
TOTAL = Rp 1.225.098

DAY 1
Jadwal pesawat ane hari ini berangkat jam 17.40, jadi ane putuskan paginya untuk tetap ngantor dulu. Sekitar jam 15.30 ane tiba di Supermall Karawaci dan langsung menuju shuttle DAMRI. Harga tiket Damri dari Karawaci ke Bandara Rp 50.000 dengan jadwal keberangkatan setiap satu jam sekali. Jam 16.05 armada yang ane tumpangi langsung meluncur menuju bandara walaupun penumpangnya cuma 3 orang (ane, temen ane, sama satu mas-mas). Menurut ane armadanya cukup nyaman namun sayang wifi nya gak nyala emoticon-Cape d... (S) .
Sekitar jam 17.10 ane tiba di terminal 3 Soekarno Hatta dan langsung meluncur ke loket imigrasi. Antrian di imigrasi gak terlalu panjang dan gak ada masalah, jadi ane berhasil melewati imigrasi dengan cepat dan langsung nunggu di lounge keberangkatan. Baru aja duduk di lounge dan langsung terdengar pengumuman kalo pesawat ane delay 25 menit karena pesawat belum tiba dari Jogja emoticon-Cape d... (S) . Sambil nunggu pesawat ane putuskan untuk menikmati pemandangan terminal 3 yang cukup ok. Ternyata gak sampai 25 menit pesawatnya sudah tiba. Sekitar jam 6 sorean pesawat ane lepas landas meninggalkan Jakarta.

Di pesawat agan akan dibagikan kartu imigrasi Singapura yang harus diisi dan ditunjukkan di loket imigrasi Changi Airport, jadi jangan sampai tertinggal di pesawat gan. Setelah hampir merasa bosan di pesawat akhirnya mendarat juga di Changi Airport terminal 1. Begitu sampai di bandara ane langsung menuju skytrain yang akan mengantar ane menuju terminal 2. Suasana bandara cukup sepi, mungkin karena udah malem juga. Skytrain datang dan kita langsung menuju terminal 2 dengan sangat cepat. Keretanya nyaman, bersih, dan on time. Tiba di terminal 2 ane langsung menuju loket imigrasi. Kondisinya sepi banget waktu itu sampe ane ragu bener apa gak ini loket imigrasinya. Setelah liat ada orang yang menuju loket itu akhirnya ane yakin ini loket buat keluar imigrasi hehee. Petugas imigrasinya kebanyakan orang India gan, dan mukanya galak-galak emoticon-Takut (S) untung ane gak ada masalah di imigrasi jadi bisa lewat dengan cepat.
Selesai dengan urusan imigrasi ane langsung jalan menuju stasiun MRT, gampang banget nyarinya gan karena semua petunjuk sangat jelas. Di tengah perjalanan menuju stasiun ane coba mampir ke counter starhub dan ternyata mereka gak jual perdana yang $8, katanya ane disuru ke sevel, jadi yauda deh ane langsung ke stasiun MRT aja.

Begitu ketemu stasiun MRT ane langsung beli ezlink seharga $12 plus top up $10 jadi total $22. Dari stasiun Changi ane menuju hostel tempat ane nginap di Clarke Quay. Pertama naik MRT menuju stasiun Tanah Merah, lalu turun dan berganti kereta ke arah Joo Koon dan turun di stasiun Raflles Place. Begitu sampai di stasiun Raffles Place petunjuknya lengkap banget agan mau ke daerah apa tinggal liat peta yang ada di dinding. Keluar stasiun ane jalan kaki menuju hostel. Di tengah perjalanan ketemu Mcd, karena perut udah laper dari pas mendarat jadi ane putuskan makan dulu di Mcd. Ane pesen paket McChicken Burger seharga $5,35. Selesai makan dan beresin sampah bekas kita makan langsung menuju hotel dengan menyusuri Singapore River. Sempet 2x mampir ke sevel buat cari perdana starhub tapi mereka hanya jual pulsa untuk top up jadi ane langsung ke hostel aja biar cepet ketemu wifi biar bisa ngabarin pacar di Jakartaemoticon-Kiss (S) .
Sekitar jam 22.30 kita sampai di Hostel tanpa pake nyasar (walaupun tanpa google maps) dan untungnya resepsionisnya masih ada. Dia langsung antar kita ke kamar dan nunjukin beberapa fasilitas yang bisa dipakai. Disini ane sekamar sama 4 orang cewe kayanya dari China atau Hongkong emoticon-Malu (S) . Oya disini ane diminta deposit $20 untuk pemakaian loker. Ane putusin buat sharing loker aja sama temen ane karena barang bawaan kita gak banyak, so ane cuma keluar $10. Uang ini nanti akan dikembalikan waktu agan check out dan mengembalikan kunci lokernya.

Damri ke bandara = Rp 50.000
Ezlink card = $22
Mcd = $5,35
Deposit loker = $10
TOTAL = Rp 50.000 dan $37,35

DAY 2
Karena ane lupa bawa perlengkapan mandi akhirnya ane sama temen beli pasta gigi dan sikat gigi di sevel seharga $9,9 dibagi dua jadi ane keluar $4,95 untuk sebuah sikat gigi dan pasta gigi sharing emoticon-Cape d... (S) Buat handuk ane sewa dari hostel seharga $2 dan deposit $5 jadi total $7. Untuk sampo dan sabun disediakan di kamar mandi lengkap dengan water heater dan jangan khawatir gan disini klosetnya pake shower jadi masih sama seperti di Indo emoticon-Ngakak (S)
Selesai mandi langsung menuju ruang depan untuk sarapan. Disini agan harus membuat sarapan sendiri dan membersihkan peralatan makan kalian sendiri (serasa anak kostemoticon-Ngakak (S) ). Menu sarapannya prasmanan dan tinggal pilih aja ada roti dengan beragam selai dan dilengkapi dengan toaster, ada sereal, ada kopi, teh, dan susu.

Selesai sarapan ane langsung menuju patung merlion. Ane putuskan berjalan kaki menyusuri sungai untuk ke patung merlion karena jaraknya tidak terlalu jauh dan sambil menikmati pemandangan. Sampai di Merlion sudah ramai banget pengunjung yang pada foto-foto disini. Sudah puas dengan foto-foto ane putuskan untuk ke Bugis Junction buat beli kartu starhub. Dari Merlion jalan kaki ke stasiun Raffles Place lalu naik kereta arah Pasir Ris dan turun di stasiun Bugis. Sampai di Bugis Junction ternyata tokonya belum buka, akhirnya ane nyebrang ke Bugis Street buat cari target oleh2 karena disini murah. Sebelum masuk Bugis Street beli air mineral dulu seharga $1 karena cuaca panas banget. Selesai ngelilingin Bugis Street balik lagi ke Bugis Junction, dan ternyata belum buka juga Starhubnya emoticon-Cape d... (S). Pas udah buka ane langsung ke kasir beli perdana yang $8 isi pulsanya ada $10, jangan lupa tunjukin passport agan waktu beli kartu ini. Selesai pasang ke hp langsung daftar paket data buat 3 hari dengan kuota 200MB seharga $4, jadi sisa pulsa masih ada $6 expired tanggal 1 Desember 2015 (buat yang berminat bisa hubungin ane). Begitu hp udah aktif temen ane menghubungi temennya yang kerja di SG, katanya dia mau nemenin kita jalan", lumayan dapet tour guide gratis. Begitu ketemu dengan temennya temen ane kita langsung menuju Sentosa Island. Dari stasiun Bugis kita naik kereta arah ke Joo Koon dan turun di Outram Park lalu pindah kereta menuju Harbourfront. Sampai di Harbourfront langsung menuju lantai teratas lalu naik Sentosa Express. Ane putuskan untuk naik Sentosa Express sampai ke stasiun terakhir di Siloso Beach. Keluar stasiun ane langsung menuju antrian free shuttle menuju Palawan Beach. Disini ada menara yang cukup tinggi dan jika cuaca cerah agan bisa melihat pulau Batam dari sini. Dari Palawan Beach ane berjalan kaki mengelilingi Sentosa mulai dari patung merlion raksasa sampai ke USS. Selesai foto-foto di depan bola USS ane makan di Malaysian Food Street. Ane pesen nasi briyani pakai daging ayam seharga $6,5 dan ane dibeliin jus kurma sama temen. Rasanya seger banget tapi lama-lama jadi asem sampe badan merinding minumnya emoticon-Takut (S). Selesai makan ane jalan kaki keluar dari Sentosa sampai stasiun Harbourfront. Tujuan selanjutnya adalah Orchard Road. Dari Harbourfront naik kereta arah Punggol turun di Dhoby Ghaut. Dari sini agan ganti kereta yang ke arah Jurong East dan turun di Orchard. Keluar melalui ION Plaza dan ane berpisah dengan temennya temen ane tadi karena doi ada acara lagi. Sebelumnya doi sempet bungkusin kita pop corn buat oleh2, merk nya ane lupa tapi yang jelas gak ada di Jakarta. Setelah berpisah ane berjalan menyusuri Orchard Road buat mampir ke es potong uncle yang melegenda. Satu es krim harganya $1,2. Sambil makan es, ane memilih duduk2 di Orchard Road karena kaki mulai berasa pegal.
Setelah istirahat sejenak ane lanjut ke Lucky Plaza dan ane putuskan beli oleh2 disini karena takut besok gak ada waktu lagi. Setelah berburu tas, kaos, dan coklat akhirnya $39 habis untuk oleh2.

Dari Lucky Plaza ane balik ke hostel dulu buat taruh oleh2 dan mandi sebentar. Ane memilih nyobain naik bus untuk kembali ke hostel, dan buat ane lebih enak naik kereta gan walaupun di kereta gak ada pemandangan apa-apa. Selesai mandi ane lanjut mau nonton pertunjukan Garden By The Bay. Dari hostel ane jalan kaki kesana. Walaupun jauh dan pegel tapi kebayar lunas dengan pemandangan malam Singapura. Menyusuri Singapore River sempet liat pertunjukan air mancur di Marina dari kejauhan, melintasi sirkuit F1 dan Helix Bridge pemandangannya bener2 gak ada duanya gan. Selesai nonton pertunjukan ane milih pulang naik MRT karena udah cape banget. Ane naik kereta dari Bayfront dan turun di Chinatown. Keluar stasiun ane makan dulu di daerah Chinatown seharga $5 lalu pulang ke hostel.

Sikat gigi + Odol = $4,95
Oleh-oleh = $39
Makan malam = $5
TOTAL = $72,65

DAY 3
Selesai sarapan langsung check out dari hostel, uang ane yang buat deposit loker sama handuk dibalikin. Lumayan gan ada $15 deposit ane. Hari ini jadwal ane buat dateng ke acara Broadcast Asia di Marina Bay Sands. Dari stasiun Clarke Quay naik kereta arah Harbourfront turun di Chinatown. Dari Chinatown naik kereta arah Bugis lalu turun di Bayfront.

Udah puas muter-muter di Broadcast Asia saatnya kembali ke Jakarta. Buat sampai ke Changi Airport ane naik kereta dari Bayfront menuju Bugis lalu pindah kereta yang ke arah Pasir Ris. Tapi karena ada teman ane yang nitip gantungan kunci akhirnya ane keluar dulu dari Bugis menuju Bugis street lalu beli gantungan kunci seharga $10, setelah itu balik ke stasiun langsung menuju Changi Airport. Dari Bugis naik kereta arah Pasir Ris turun di Tanah Merah lalu pindah kereta ke arah Changi Airport. Tiba di stasiun Changi terminal 2 ane langsung naik skytrain menuju terminal 1. Di Changi ane beli oleh-oleh tambahan seharga $14,7. Dan ternyata Air Asia pun delay lagi cukup lama.

Sekitar pukul 19.30 ane tiba di Jakarta. Temen ane memilih naik taxi karena dia ngejar waktu ada acara. Katanya ane bayar 50 ribu aja seharga DAMRI sisanya dia yang bayar,,,lumayan gan naik taxi murahemoticon-Ngakak (S)

Gantungan kunci = $10
Oleh2 di bandara = $14,7
TOTAL = $24,7 - $15 (return deposit hostel) = $9,7

Demikian perjalanan singkat ane di Singapura. Semoga bermanfaat bagi para kaskuser emoticon-Cendol (S)