ultimates.yangAvatar border
TS
ultimates.yang
Komunitas Freedive di Indonesia
Istilah freediving muncul dari kata apnea yang berasal dari ungkapan Yunani yaitu; "a-pnoia" yang berarti 'tanpa bernapas'. Secara harafiah, kata apnea tidak berhubungan dengan kegiatan air, namun dalam terminologi saat ini kata apnea digunakan untuk merujuk pada olahraga freediving (free-diving atau freedive).

Freediving adalah penyelaman kedalam air tanpa melibatkan penggunaan peralatan selam atau alat bantu pernapasan, tetapi lebih bergantung pada kemampuan seorang penyelam untuk menahan nafasnya didalam air sampai penyelam tersebut kembali menuju permukaan. Contohnya yaitu tahan nafas untuk melakukan spearfishing, fotografi freedive, kompetisi apnea, dan sampai tingkat tertentu termasuk kegiatan snorkeling. Kegiatan yang paling banyak menarik perhatian masyarakat pada umumnya adalah olahraga ekstrim dari kompetisi apnea dimana para pesaing berusaha untuk mencapai kedalaman yang dalam, tahan nafas yang lama (static apnea), dan mencapai jarak yang jauh (dynamic apnea) dalam satu kali nafas.

Apa yang membuat hal ini menjadi begitu spesial dan menarik?



Setiap orang memiliki ketertarikan pada aspek yang berbeda dari olahraga ini; Bagi sebagian orang, freediving adalah cara untuk menikmati kedalaman laut tanpa perlu merasa canggung dan tidak nyaman dengan peralatan SCUBA. Orang lain menganggap freediving sebagai olahraga ekstrim dengan keunikan yang membutuhkan relaksasi yang mendalam dan kedamaian yang membuatnya berbeda dengan olahraga ekstrim yang memicu adrenalin lainnya. Beberapa orang menilai freediving sebagai alat untuk berburu didalam air. Kebanyakan orang melihat freediving sebagai bentuk seni dan merupakan bentuk ekspresi dari diri sendiri dan kebanyakan orang lainnya melihat freediving sebagai cara untuk menyatu dengan lautan dan seluruh alam.

Manfaat Freediving



Terlepas dari apa yang membuatnya menarik dalam praktek Apnea (Freediving), Apnea itu merupakan bentuk dari meditasi yang mendalam yang mengarah pada perubahan yang positif dalam kesadaran seseorang tentang diri sendiri dan lingkungan disekitarnya dan merupakan salah satu kemampuan untuk berkonsentrasi. Freediving mengarah pada kondisi yang lebih baik pada fisik dan mental bagi mereka yang mempraktekkannya dengan benar.

Jadi siapa sajakah yang disebut sebagai freediver?



Kebanyakan orang telah berlatih freediving tanpa menyadarinya! Freediver adalah Siapapun yang menahan nafasnya dan menyelam kedalam air; seperti orang-orang yang bermain dengan ikan pada kedalaman dua meter hingga orang yang turun ke kedalaman dua ratus meter menggunakan kereta luncur, selama Anda menahan nafas didalam air dan Anda menikmatinya, maka Anda adalah freediver. Termasuk juga dengan para Freediver Indonesia yang mencintai freediving.

Sudah ada beberapa kumpulan Komunitas Freedive di Indonesia diantaranya :
Quote:


Quote:


Quote:


Jika Anda adalah seorang traveler, backpacker, adventurer, flashpacker yang jatuh cinta dengan pantai dan keindahan bawah laut Indonesia, freediving merupakan salah satu cara untuk menikmati keindahan bawah laut Indonesia tanpa harus mengeluarkan biaya yang sangat besar untuk kegaitan Scuba Diving.

Mungkin ada yang ingin mengetahui, tertantang dan mau mencoba seperti apa kegiatan freediving yang melatih teknik penahanan nafas yang lama di dalam air, Anda dapat bergabung dengan komunitas freediving yang berada di kota Anda. Atau mungkin Anda dan teman-teman Anda juga sudah memiliki komunitas freedive di kota Anda, mohon untuk memperkenalkan komunitas Anda di sini agar lebih eksis untuk memperkenalkan olahraga freediving di tanah air Indonesia.

Berikut thread di kaskus yang membahas dan berdiskusi tentang freediving
untuk yang suka free diving masuk..

Untuk yang ingin mencoba spearfishing di Palabuhan Ratu bisa berganung di group ini.
SPEARFISHING PALABUHANRATU
Contact Person : Yadi
Diubah oleh ultimates.yang 28-03-2013 13:16
0
25.4K
81
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan