r1b13Avatar border
TS
r1b13
Dahlan Iskan: Tol Atas Laut Bali Dilengkapi Jalur Khusus Motor Seperti Suramadu
Jakarta - Jalan tol atas laut pertama Indonesia yang berlokasi di Bali senilai Rp 2,4 triliun akan selesai Juli 2013 nanti. Ini akan jadi tol kedua setelah Suramadu yang dilengkapi oleh jalur khusus sepeda motor.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan mengatakan, jalur khusus sepeda motor sedang dibangun di sisi kiri jalan tersebut, dan sudah hampir jadi. Pagi ini, Dahlan menguji coba jalan tol tersebut. Sebelumnya, Dahlan menyebutkan, pesepeda motor yang akan melintas jalan tol ini akan dikenai tarif Rp 4.000 sekali jalan. Dan untuk mobil akan dikenai tarif Rp 10.000.

Konsep motor masuk tol ini terus diperjuangkan Dahlan. Dia menganggap motor adalah alat migrasi masyarakat kelas bawah menjadi kelas menengah. Oleh karena itu, tak ada salahnya bila motor diberikan perhatian lebih. Dahlan mengatakan, tanpa ada motor, pertumbuhan masyarakat kelas menengah Indonesia tidak akan secepat sekarang. "Tanpa sepeda motor pertumbuhan kelas menengah baru di Indonesia tidak akan secepat ini. Kalau orang biasa naik angkutan umum kemudian pindah ke motor rangsangan ekonominya berbeda sekali," ucapnya akhir pekan lalu.

Bahkan untuk lebih memanjakan pengendara motor, Dahlan sudah meminta salah satu BUMN yakni Jasa Marga untuk melakukan kajian pembuatan jalur motor di dalam jalan tol. Pembuatan jalur motor ini bisa dilakukan dengan menambah sayap sayap jalan di tol yang digunakan untuk jalur motor. "Saya sudah meminta Jasa Marga untuk melakukan study, karena pengendara motor ini masih akan terus tumbuh dan tidak akan bisa dibendung," tutupnya.

Dikatakan Dahlan, semua badan jalan yang dibangun keroyokan oleh konsorsium BUMN ini sudah menyambung semua. Dahlan kaget melihat hampir seluruh jalan tersebut sudah diaspal. "Pengaspalan itu memang berlangsung simultan sehingga bagian akhir yang baru tersambung itu pun bisa langsung cepat diaspal. Sepanjang perjalanan di tol atas laut itu saya melihat gerbang-gerbang pintu tol sedang dibangun," kata Dahlan. Tiang-tiang lampu di jalan tol ini juga sedang dikerjakan dan sebentar lagi akan rampung.

Seperti diketahui, susunan kepemilikan proyek tol ini meliputi PT. Jasa Marga Tbk sebesar 60%, PT. Pelindo III sebesar 20%, PT. Angkasa Pura I sebesar 10%, PT. Wijaya Karya Tbk (Wika) sebesar 5%, PT. Adhi Karya Tbk sebesar 2%, PT. Hutama Karya Tbk sebesar 2%, dan PT. Pengembangan Pariwisata Bali sebesar 1%.

Tol atas laut ini rencananya dibuat untuk melayani jalur transportasi pertemuan KTT APEC pada Oktober 2013 nanti.
0
1.3K
6
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan