Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

murwanto_labsAvatar border
TS
murwanto_labs
Proses Perekaman dan Distribusi data OPTA Sports
Bismillahirrahmanirrahim, semoga tidak emoticon-Blue Repost




Agan-agan pecinta bola paling tidak pernah mendengar nama Opta, sebuah perusahaan di bidang olahraga yang mengumpulkan data-data tentang olahraga. Data tersebut biasanya berupa statistik maupun angka-angka penting dalam sebuah pertandingan.

Opta Data Sports didirikan tahun 1995, pada awalnya didirikan dengan tujuan menganalisa performa dan membuat ranking baik pemain maupun klub. Pendiri Opta pada mulanya menonton pertandingan sepakbola di kafe setempat dan mencatat apa yang terjadi di lapangan dengan secarik kertas. Lama kelamaan, digunakan Excel sebagai pengganti kertas dan pena, dan akhirnya berkembang menjadi sebuah software kompleks -mencatat hal yang sama dan dilakukan secara cepat, terstruktur dan realtime. Sekarang fungsi data Opta menjadi sangat penting untuk para pelanggannya, termasuk klub sepakbola.

Setiap sentuhan pada bola dimonitor sedemikian rupa dan secara langsung, sehingga menghasilkan lebih dari 4.000.000 event individual dari kurang lebih 2.000 pertandingan selama setahun.



Diantara agan mungkin ada yang bertanya-tanya, itu gimana caranya dapetin data sedemikian akurat dan hampir secara realtime?

Pada awalnya ane berpikir "mungkin arena pertandingannya sudah dipasangi alat-alat canggih sedemikian rupa, sehingga data bisa langsung di dapet". Tapi ternyata ane SALAH BESAR, karena dalam metode pengumpulan datanya, Opta menggunakan cara manual, yaitu dengan menggunakan tenaga manusia.

Secara umum, Opta mengumpulkan data dari suatu event dengan cara sebagai berikut (contoh kasus Barclays Premier League) :

1. Biasanya, jadwal Barclays Premier League (BPL) atau Liga Inggris diumumkan 6 bulan sebelumnya. Tim data collection (aka Ops) menyusun schedule, dan segera saat informasi didapatkan mereka melaporkan ke Staff Perencana dan didapat 2-3 orang per satu pertandingan untuk menganalisis permainan.




2. Saat pertandingan dimulai, di ruang data collection para spesialis menyaksikan pertandingan dengan software khusus, sehingga jika terjadi event dalam seuatu pertandingan, sang analis bisa langsung mencatat kejadian tersebut secara langsung melalui software tersebut. Yang dicatat yaitu event yang terjadi terhadap bola (pass,shoot,dll). Hal ini dicatat secara terperinci (where, what & who) dan berfokus pada akurasi.




3. Proses pengumpulan data ini dilakukan sangat detil, misalnya sumbu koordinat x/y yang lengkap (bahkan sumbu z dapat digunakan, seperti kasus tembakan dalam sepakbola)




4. Dalam sepakbola, Opta rata-rata merekam data antara 1.600 - 2.000 event individual dalam setiap pertandingan. Event tersebut dicatat/direkam dan didistribusikan secara langsung. Tiga analis memantau setiap pertandingan, satu mengumpulkan data dari tim tuan rumah, satu analis untuk tim tamu, dan analis terakhir menjadi supervisor data tersebut dan menambahkan beberapa data tambahan.




5. Data-data yang telah direkam oleh para analis didistribusikan langsung ke data center di London melalui skema XML, API maupun metode lainnya seperti yang diinginkan pelanggan. Waktu dari event yang terjadi (time stamp) harus sangat detail, karena para pelanggan menggunakan automated video clips, sehingga misalnya gol terjadi jam 12 tepat, mereka akan memotong klip dengan patokan data yang direkam analis Opta secara otomatis.




6. Akhirnya, data-data tersebut sampai ke kita sebagai penonton melalui televisi emoticon-Selamat




Opta di Youtube gan :





Sumber : http://www.optasports.com/

Mohon maaf kalau emoticon-Blue Repostdan jangan di emoticon-Blue Guy Bata (L) gan
Kalo berkenan emoticon-Rate 5 Star sama emoticon-Blue Guy Cendol (L) nya gan emoticon-Peace emoticon-I Love Kaskus (S)
0
4.4K
15
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan