desaininterior8Avatar border
TS
desaininterior8
Pengertian Desain Interior dan Fungsi nya
asalamaualaikum wr wb.emoticon-I Love Indonesia (S)

Suber : Menurut WIKIPEDIA

Pengertian Interior Design / Desain Interior adalah merupakan sebuah profesi di bidang kreatif dengan solusi solusi teknis yang diterapkan kedalam struktur yang dibangun, untuk mencapai lingkungan interiornya. solusi ini fungsional, diantaranya untuk meningkatkan kualitas kehidupan dan budaya penghuninya serta memunculkan kesan estetik dalam rumah yang menarik. desain diciptakan untuk merespon terhadap adanya peraturan yang ditentukan yaitu untuk mendorong prinsip-prinsif kelestarian lingkungan.

Ada tiga hal utama yang menjadi kajian dalam desain interior, yaitu:

- Ruang
- Alat
- Manusia (user)

Dalam mempelajari desain interior diperlukan penguasaan sejumlah pengetahuan yang berkait dengan aspek kebutuhan manusia didalam ruang sebagai makhluk individual maupun sosial. Pengetahuan yang dimaksud mencakup : sejarah desain, psikologi, sosiologi, ergonomi, konstruksi bangunan, fisika teknik,metodologi dan estetika. Selain pemahaman terhadap pengetahuan yang mendukung diperlukan juga penguasaan keterampilan dalam proses perancangan desain interior antara lain kemampuan membuat program, kemampuan membuat presentasi desain, kemampuan komunikasi dan sebagainya.
Bidang kajian program studi interior meliputi :

- Bidang perancangan fasilitas tidak bergerak : fasilitas pendidikan, fasilitas komersial, fasilitas rekreasi, eksibisi, terminal dan hunian. Fasilitas bergerak antara lain : sarana transportasi seperti bus, kapal laut, kereta api.
- Bidang keahlian furniture
- Bidang keahlian teknologi dan ilmu bahan.

Dalam proses desain itu pula keunikannya yaitu bahwa proses desain itu tidak selalu menuju ke satu jawaban yang pasti dan benar. Bahkan sering di peroleh lebih dari satu solusi yang tepat untuk suatu masalah desain. Jadi bagaimana kita dapat menilai apakah suatu desain itu baik atau buruk?

Sebuah desain dianggap baik dan bagus menurut pendapat perancangnya,kliennya atau orang lain yang dan menggunakan desain tsb,karena salah satu dari beberapa alasan sebagai berikut :

* Sebuah desain dianggap bagus sebab telah memenuhi fungsinya dengan baik-desain berhasil.
* Sebuah desain dianggap bagus sebab biaya murah-ekonomis,efesien dan tahan lama.
* Sebuah desain dianggap bagus sebab tanpak indah- secara estetis menyenangkan.
* Sebuah desain dianggap bagus sebab dapat menimbulkan kembali perasaan dan ingatan akan suatu waktu dan tempat- membawa arti.

Kadang- kadang, kita menilai suatu desain sebagai pelengkap karena kita berpendapat desain tersebut mengikuti mode desain yang sedang popular atau dapat menimbulkan impresi pada orang lain yg dapat mengangkat status kita.Beberapa desain dianggap bagus juga karena dianggap mudah dimengerti dan diterima oleh umum. Sedangkan yang lain baru dapat dihargai oleh sekelompok orang tertentu saja.Desain yang sukses biasanya dapat menyampaikan lebih dari satu pesan sehingga dapat menarik perhatian orang banyak.
Semakin modern zaman semakin berkembang juga desain interior minimalis dan desain interior modern.

RUMAH MINIMALIS

Rumah minimalis adalah istilah yang mungkin sudah tidak asing untuk anda dengar, realisasi istilah-istilah ini dapat ditemukan di hampir setiap sisi perumahan masyarakat saat ini. Namun, meskipun sebagian besar dari kita sudah sangat akrab dengan istilah dan bentuk rumah minimalis, tidak semua dari mereka memahami makna dan definisi istilah. Ini adalah masalah penting yang harus diperhatikan. Jangan jangan apabila orang bertanya kita tidak dapat menjawab dan menerangkan pengertian desain interior rumah minimalis dengan tepat.

DESAIN INTERIOR MINIMALIS

Desain Interior minimalis saat ini banyak ditemui bahkan di pinggiran sebuah kota walau sebenarnya belum tentu bisa dibilang bahwa gaya arsitektur dari rumah tersebut adalah minimalis, kalaupun ada mungkin tidak murni lagi, tapi sudah ada sentuhan lain disesuaikan dengan iklim tropis serta gaya arsitektur lokal. Ini cukup positif karena sentuhan warna-warna atau faktor lain dari gaya lainpun akan membaur di antara desain interior minimalis murni yang belum tentu disukai oleh sebagian masyarakat di Indonesia ini.

Berikut rincian bagian2 ruangan apa saja didalam rumah,apartemen,restoran ataupun kantor yg dapat di diberikan sentuhan desain interior untuk mempercantiknya.

Ruang Keluarga = Living Room
Spoiler for Living Room:


Kamar Tidur = Bed Room
Spoiler for Bed Room:


Ruang Dapur = Kitchen Set
Spoiler for Kitchen Set:


Kamar Mandi = Bath Room
Spoiler for Bath Room:


Ruang Kantor = Office Room
Spoiler for Office ROom:


Restoran
Spoiler for Restoran:


Pameran = Booth
Spoiler for Pameran:


untuk rekomendasi kali aja ada agan2 yg berminat untuk mempercantik apartemen,rumah,rusunami, resto dan kantornya..
ane kasih beberapa sumber dibawah :

http://jasainteriormurah.com
http://paketinteriorapartemen.com
http://paketdesaininterior.com
http://interiorapartemenjakarta.com
http://interiorfurnituremurah.com
http://desaininteriormurah.net
http://furnitureinteriormurah.com

dan masih banyak lagi gan yg ga mampu ane sebutin atu2..
sekian penjelasan dari ane wassalam.
Nantikan penjelasan tentang desain2 unik interior lainnya ya.. Bersambung-
Diubah oleh desaininterior8 01-02-2016 10:43
0
18.2K
83
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan