Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

atlezaAvatar border
TS
atleza
Fenomena Destiia "Cewe anti Cowo Miskin" dan Cyber Bullying
Bismillah, 1st thread ini gan, klo salah kamar mohon di maaf sebelum e, Klo repost juga mohon maaf juga. Semoga membantu.

OK let's ramp the keyboard.....

Baru tadi sore saya liat sebuat berita di website Dream.co.id [LINK] saya cukup tertarik dengan judulnya, "Heboh `Wanita Anti-Cowok Miskin`, Bikin Geram Netizen".
Spoiler for Isi beritanya gan....:

Terus saya coba telusuri empunya akun tersebut, akun nya bernama "Destiia Barbiie Trulula Asomething Jr." Setelah saya lihat, ternyata 2 halaman yang menurut saya cukup bertentangan (paling tidak selama 5 menit saya melihat 2 halamn tersebut). Pertama adalah sebuah fanpage yang berisi memang seperti yang di tuliskan di berita [LINK]. yang satu lagi adalah sebuah akun facebook yang bernama Destiia Barbiie [LINK]. Bertentangan, agan liat sendiri dah, di Fanpage yang saya sebutkan berisi tentang "penghinaan" tentang pria miskin dll. Sedang Akun facebook kedua lebih berisi tentang pembelaan bahwa Fanpage yang ada tersebut palsu dan mengatasnamakan dirinya untuk tujuan menjelekkan namanya. Yah tentu saja, banyak sakeli netizen yang meragukan penyangkalan tersebut. Terlihat banyak sekali komentar yang ada dalam akun facebook Destiia berisi kecaman dan meragukan tentang penyataannya bahwa fanpage itu palsu dan bukan dirinya.

Jika agan tanya apa pendapat saya akan kasus ini, saya tidak akan mengomentari akan ensensi asli dari kasus ini, yaitu tentang "Anti Cowo Miskin". Saya malah melihat dari sisi yang lain. Yaitu tentang Cyber Bullying. Why? Karena kasus ini mengingatkan saya pada kasus yang cukup mirip dengan Kasus Amanda Todd, bagi yang belum paham tentang kisah tragis yang menimpa Amanda silakan ikuti link berikut [LINK].

Mengapa saya mengaitkan kasus Destiia dengan Amanda Todd? Lihat lah patternnya. (IMO) SAMA PERSIS. Amanda diserang (dibully) dengan foto pribadinya yang disebarkan melalui media sosial. Sedang Destiia "diserang" melalui akun lain yang mengatasnamakan dirinya dan melakukan hal negatif. Depresi, Amanda mencoba mengklarifikasi hal itu hanyalah insiden, seseorang yang tak bertanggung jawab melakukan hal tersebut untuk menggangu hidupnya. Destiia? Tentu saja pembelaan demi pembelaan dilontarkan olehnya untuk menunjukan bahwa fanpage tersebut palsu dan bertujuan merukan kehidupannya. Lalu bagaiamana tanggap orang melihat (Netizen), SAMA. entah itu Amanda atau Destiia, kebanyakan Netizen tidak percaya akan pernyataan mereka dan tetap membully mereka. Akhirnya? Untuk Amanda Todd berujung cukup tragis. Amanda BUNUH DIRIkarena depresi akan tekanan oleh orang sekitar dan media sosial.

Ini adalah Video terakhir Amanda Todd sebelum mengakhir hidupnya.


Lalu Destiia? Saya bersukur dia masih cukup tabah dan menjalani hidupnya.

Tapi ada hal begitu penting yang saya ingin sampaikan pada agan-agan semua.Terlepas apa yang sebenarnya terjadi dengan Kasus Destiia.

STOP MENEBAR KEBENCIAN DI MEDIA SOSIAL DAN
STOP CYBER BULLYING


Saya tidak begitu paham, apa sebenarnya untung dibalik menjelek-jelakan orang di media sosial. Terlebih dengan isu palsu dan fitnah. yang ada hanyalah pembunuhan identitas/karakter seseorang. Dan bagi saya hal ini adalah hal yang sangat kejam disamping pembunuhan secara harafiah. Bayangkan saja isu tidak sedap tentang anda menyebar dan menggerogoti kehidupan anda. Kepercayaan hilang, teman dan kolega menjauh. Depresi? saya yakin anda akan mengalaminya. Apakah ini buah dari kebencian? Puas? tentu saja bagi yang menyebarkan fitnah, akan begitu menyenangkan melihat targetnya tersiksa. Namun saya tanya, apakah ini wujud asli manusia? menghalalkan segala cara untuk mendapatkan tujuannya. Dan jika gagal akan melakukan hal negatif untuk menjatuhkan lawan-lawannya? Secara jujur saya meyakinin, hal ini adalah sifat terburuk yang dimiliki manusia.

Namun mari kita kembali ke kasus Amanda Todd, coba bayankan anda diposisi penyebar fitnah, dan mengetahui target anda bunuh diri karena ulah anda. Apa yang akan anda rasakan? Jika anda tidak merasakan apapun dan masa bodoh akan kejadian ini. Saya benar-benar tidak menyangka bahwa anda sudah tidak punya hati nurani. Apakah ini wujud asli manusia?

Dan teruntuk pasa netizen semua yang membaca sebuah kasus, dan (saya mohon maaf) sok-sok an komentar miring.

Mohon resapi dulu cerita yang ada, bisa jadi ada sebuah fakta yang tersembunyi debalik kebencian yang tersaji gamblang dihadapan anda. Selain melihat dari depan sebuah cerita, coba lihat sisi lain dari sebuah peristiwa. Bisa jadi pelajaran sesungguhnya ada disisi lain itu.

Saya mengakui, bahwa adalah hal yang lumrah bahwa manusia sangat mudah memberikan pemikiran tentang apa yang tersaji gamblang di depan mereka. Manusia bisa akan secara jujur menyatakan kesukaan atau kebencian mereka akan sesuatu tanpa meneliti apa dibaliknya. Namun perlu kita sadari bahwa kita itu bukan cuma punya hati, tapi kita juga punya otak. Otak membantu kita untuk merasionalkan sesuatu, dan hati membantu kita untuk menyatakan hal yang benar dan salah. Jika timpang dalam penggunaan keduanya, yang ada kita akan sepihak dalam melihat sesuatu. Jika kita telalu mendahulukan hati ketimbang otak, yang ada adalah Cinta Buta dan Kebencian tak Mendasar. Jika kita lebih mendahulukan otak ketimbang Hati ketidak-pekaan lah yang akan muncul dalam diri.

Mari kita jadikan media sosial sebagaimana mestinya, sebagai ajang untuk mencari kolega, teman atau bahkan masa depan. Jangan meracuni kehidupan kita dengan fitnah dan kebencian. Dan mari kita seimbang dan adil dalam melihat sesuatu. Bisa jadi ada sebuah pejaran tersembunyi dalam sebuah kisah yang begitu berharga untuk kita resapi bersama.

======================================================================================

Jika ditanya apa hubungan saya dengan Destiia, saya sama sekali tidak memilki hubungan apa-apa dengan yang bersangkutan. Saya membaca berita ini hari ini. Dan posting ini hayalah bentuk kepedulian saya akan ranah yang selama ini kita singgahi bersama dan kita cintai bersam, MEDIA SOSIAL.

SUMUR

Heboh `Wanita Anti-Cowok Miskin`, Bikin Geram Netizen - MERDEKA
Pelajaran dari kisah Amanda Todd: Stop posting foto ababil, Stop mengejek ababil, stop jadi ababil.

=====================================================================================

Koment yang mikin mata ane belalak emoticon-Wow
Quote:

Emang bener ye gan, bisa jadi ini modus buat dagangan fanpage.....
Diubah oleh atleza 17-12-2015 12:16
0
20.7K
101
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan