Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

januhaidarAvatar border
TS
januhaidar
8 Buku Tentang Sepakbola Yang Harus Kamu Baca Kalo Kamu Fans Bola


Cek Repost
Spoiler for cek Repost:


Ternyata banyak cara untuk nikmatin sepak bola loh. Bukan cuma nonton atau main PS atau malah taruhan. Cerita-cerita pemain hebat, manajer bahkan sampai taktik menarik juga untuk dibahas.

Kalau kamu pengen nikmati sepak bola dengan cara lebih, kamu bisa coba baca buku-buku tentang sepak bola. Bukan cuma buku biografi, tapi buku yang membahas sepak bola secara serius dan juga buku-buku fiksi yang ceritanya tentang sepak bola. Dijamin abis baca kamu bakal lebih tercerahkan.

1. Inverting The Pyramid - Jonathan Wilson

Spoiler for Buku 1:


Kenapa 4-4-2 akrab banget sama Inggris? Kenapa ada 4-3-3 tapi ada juga 4-3-2-1? Apa pula bedanya? Gimana taktik yang dipakai orang di zaman dulu. Jurnalis Guardian, Jonathan Wilson mengulik tentang sejarah taktik sepak bola dan memecahkan ide taktik sebagai penanda zaman. Kalau kamu pengen jadi manajer sepak bola, kamu perlu banget baca buku ini.

2. Fever Pitch - Nick Hornby
Spoiler for buku 2:



Novel tentang fans Arsenal ini super duper mengharukan. Terutama jika kamu fans Arsenal dan fanatik banget sama sepak bola. Soalnya penulisnya Nick Hornby bener-bener menceritakan pengalaman hidupnya jadi fans klub asal London Utara ini. Personal dan penuh curhatan, menarik untuk dibaca.

Buku ini udah pernah diangkat juga ke film loh.

3. Soccernomics - Simon Kuper & Stefan Szymanski
Spoiler for buku 3:



Sepak bola adalah bisnis yang sangat besar. Simon Kuper dan Stefan Szymanski menyadarinya. Maka dari itu mereka coba melihat sepak bola dari sudut pandang ekonomi. Sembari membuat prediksi akan jadi gimana sepak bola ke depannya. Buku yang udah ditulis lama banget tapi masih relevan sampe sekarang. Lumayan dibaca buat bahan obrolan sama temen. Sok-sokan pinter aje biar kelihatan keren.

4. Brilliant Orange - David Winner
Spoiler for buku 4:



Fans Timnas Belanda? Kalo iya, kamu mesti baca ini! Buku ini mengulas tuntas tentang kejeniusan sepak bola Belanda. Tentunya buku ini ngebahas juga Total Football yang ngebuat mereka berjaya di era 60an. Selain itu juga bicarain tentang pemain-pemain penting Belanda yang ngubah sepak bola Eropa di 90an.

5. Jalan Lain Ke Tulehu - Zen RS
Spoiler for buku 5:



Untuk Indonesia, ada buku cerita karangan Zen RS. Zen RS yang seorang jurnalis menulis buku ini sangat detil sampe kayak baca karya jurnalistik. Ceritanya tentang seorang wartawan yang ngeliput ke Maluku dan melihat gimana konflik Maluku berlangsung di akhir 90an. Kaya akan sejarah, pengetahuan dan keunikan yang susah kamu dapetin dari buku manapun.

6. Alex Ferguson: My Autobiography
Spoiler for buku 6:


kalo ini ane dah punya gan.
Manajer terbaik di dunia di era modern. Gak bisa dipungkiri Sir Alex (walaupun kamu bukan fans MU) adalah manajer yang jago banget. Hampir semua gelar penting udah dia menangi bersama Manchester United. Dia berhasil ngebuat MU jadi klub paling ditakuti di Inggris. Tentunya autobiografinya seru karena dia ngebeberin cerita-cerita penting yang gak akan bisa kamu baca dimanapun.

7. I Think Therefore I Play - Andrea Pirlo
Spoiler for buku 7:



Kalau tadi manajer sekarang ada pemain. Andrea Pirlo, filsuf sepak bola. Dengan ketenangannya dia bisa ngebawa timnya juara. Seorang maestro di lapangan dan juga di kehidupan sehari-hari. Gaya bahasanya elegan khas orang Italia. Kamu bisa baca pemikiran menariknya di buku ini.

8. I Am Zlatan
Spoiler for buku 8:



Arogan tapi juga sangat berbakat. Zlatan Ibrahimovic memang gak memenangkan kompetisi kayak Liga Champions atau Piala Dunia. Tapi figurnya yang percaya diri ngebuat ceritanya jadi bahan bacaan yang asyik dinikmati.

semoga bermanfaat
ane ngarep emoticon-Toastya gan,sekalian emoticon-Rate 5 Star
kalo yang ini emoticon-Blue Guy Bata (L) ane tolakkkkk

sumur MBDC
0
4.1K
23
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan