Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

sibayiclAvatar border
TS
sibayicl
Cari Tau Apa Aja yang Bisa Agan Lakuin Dengan Excel
BISMILLAHIRRAHMANIRRAHIM

Ripazha Kaskuser!

First, Sorry kalau saya salah kamar. saya cuma mau ngebagi ilmu di jagad Kaskus ini, dan karena menurut saya The Lounge adalah alam yang paling rame, jadi ya saya mangkal di sini aja.

Sesuai ajaran dari Nabi saya bahwa Sebaik-baik manusia adalah orang yang bermanfaat bagi manusia yang lain, maka sekarang saya mau coba terapin itu. Mudah-mudahan beneran bermanfaat buat agan. Check this one out!


Quote:


Pasti agan pada kenal Excel pas di sekolaan cuma dari buku TIK doank?
Guru agan cuma ngajarin agan soal formula-formula standard yang kayak begini?















Atau yang begini?





Quote:


Quote:


Udah Jelas? - Belum?! - Baca Lagi!


Oke, sampai sini agan udah tau lebih ya. Sekarang kita buktiin project VBA yang sesungguhnya. Saya punya beberapa contoh sederhana dari project VBA ini yang saya bangun di Excel. Agan bisa download, trus cobain di komputer agan. Syarat yang diperlukan adalah PC agan harus memiliki OS Microsoft Windows XP atau yang terbaru (32 dan 64 bit ga masalah) dan Microsoft Excel 2007 ataun versi yang terbaru (Sangat disarankan Microsoft Office 2010). File tidak saya lock jadi agan bisa melihat code VBA didalamnya. (Catatan : Agan harus mengaktifkan macro di Excel)

Quote:


Oke gan, saya cuma bisa nampilin 5 contoh aja buat agan pelajari sendiri. Saya sengaja ga tampilin tutorial step-by-step ya di sini, karena bukan di sini tempatnya. buat agan yang pengen kuasai VBA ini, agan bisa belajar di forum-forum sebelah. Sebenarnya VBA ini bukan hal yang baru di kalangan developer, tahun 2005 adalah awal boomingnya VBA sejak Microsoft Office 2003 rilis dan menyertakan VBA ini dalam paket Office mereka. Saya sendiri baru mengenalnya 2 tahun belakangan. Satu hal yang bagi saya mutlak untuk belajar coding VBA ini adalah aga harus menguasai bahasa inggris, paling gak pasif lah. Karena dominan referensi untuk VBA ini berbahasa inggris, ya itu karena owner Microsoft sendiri adalah orang Amerika, coba aja om Bill Gates orang batak, bah! bayangin sendiri lah. Saya saranin buat agan yang pengen belajar VBA, untuk banyak baca referensi di forum-forum developer kayak stackoverflow.com, vbaexpress.com, codeproject.com, excel-easy.com, atau langsung ke markasnya di MSDN Office. Semua refrensi yang saya kasi tadi berbahasa inggris gan, saya belum nemu forum vba dari indonesia, yang ada cuma blog. Atau agan bisa cari refrensi dari google menggunakan keyword VBA Excel.


That's all gan, semoga bermanfaat buat agan sejagad kaskus. Saya bakal update dengan contoh-contoh project vba yang lain kalau peminat thread ini banyak dan saya juga bakal include tutorial serta penjelasannya. Mari belajar bersama dan #GoHellGapTek


Terimakasih. Wassalam.

emoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesia emoticon-I Love Indonesia
Diubah oleh sibayicl 20-11-2015 18:53
anasabila
anasabila memberi reputasi
1
7.1K
43
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan