Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

blackyardigansAvatar border
TS
blackyardigans
dugaan penipuan mengatasnamakan Mitra Jaya Abadi (incaran : pengguna mobil)
Sebelumnya mohon maaf kalau salah kamar emoticon-Big Grin
Saya belum berani judge ini 100% penipuan, karena udah googling belum nemu info kasus yg serupa. Mohon bantuannya buat agan-agan jika ada yg mengetahui ttg modus ini lebih jauh untuk bantu mengkonfirmasi apakah ini penipuan atau bukan.

Andai bukan penipuan, kok terlalu mencurigakan plus gak pakai etika emoticon-Mad

============================================================================================================


Sekitar jam 3 sore saya beli makanan ke borma swalayan di taman kopo indah 2, bandung.
Saat saya hendak pulang dan sudah masuk ke mobil, tiba-tiba ada orang setengah berlari menghampiri mobil saya. Penampilannya berkemeja rapi, seperti sales properti. Sepatu pantofel, celana kain warna hitam, kemeja putih bergaris, bawa tas selempang hitam, dan tak lupa rambut klimis rapi emoticon-Big Grin
Berikut percakapannya :
A : gw
B : diduga penipu (namanya ronny)

B : "maaf pak minta waktunya sebentar, kami dari mitra jaya abadi sedang ada promo voucher makan dan ada undian berhadiah (kebetulan bgt di CFC borma emang lagi ada promo makan beli 2 gratis 1")
A : (dg menunjukan muka gw yg kusut brewokan dan terlihat kurang bersahabat) "Undian apaan emang?"
B : (memberikan 2 lembar amplop) "Silakan disobek amplopnya dan lihat tulisan di dalamnya pak. Minimal dapat voucher makan Rp 100.000, dan kalau beruntung dapet grand prize bisa memilih sesuai keinginan"
Bentuk amplopnya seperti ini :

Harusnya gw udh langsung curiga, kok tiba-tiba ada orang yg nawarin undian voucher makan, dan timingnya pas bgt lagi emang di CFC lagi ada promo makan. Pas banget lagi gw emang pemburu makanan murah emoticon-Stick Out Tongue

Sampai saat ini masih terlihat normal, belum ada yg mencurigakan. Akhirnya saya buka amplop pertama, disitu ada tulisan "terimakasih"
B : "wah sayang sekali bapak belum beruntung, kalau tulisannya terimakasih artinya bapak belum dapat hadiah. Coba buka amplop satunya lagi" (dia mengambil amplop pertama saya)
A : (membuka amplop) "Ini tulisannya voucher makan Rp 10.000"
Seperti ini bentuknya :


B : "wah masa sih pak 10rb? Minimal voucher makan 100.000 loh pak. Coba saya lihat (dia mengambil amplop saya dg nada gak percaya)
Wah bapak selamat pak. Lihat gambar B di kanan, itu tandanya bapak dapat grand prize dari kami. Bapak bisa pilih hadiahnya pak. Kemarin orang cimahi ada yang ambil logam mulia loh pak (semangat bgt ngomongnya sampe muncrat-muncratemoticon-Mad )
Hadiah yg bisa dipilih adalah 1 unit mobil, belasan unit motor, puluhan logam mulia, dan ratusan entah itu mini compo atau DVD player" (gak ngerti gw itu mini compo atau apalah, dia ngomongnya cepet bgt kayak lagi dikejar bulldog yang lagi dikejar setan)

Tidak lama kemudian dia mengeluarkan koran, menunjukkan iklan yg gambarnya sama dengan apa yg ada di amplop, sambil meyakinkan saya kalau undian ini beneran ada, sampai dimuat di koran, dan bukan penipuan.
B : "lihat pak pengumumannya di koran ini. Undiannya sampai bulan agustus pak" (sambil mengembalikan amplop ke tangan saya dan menjejerkannya dengan gambar di koran agar saya percaya kalau itu sama)
Jika tidak jeli, saya pasti tertipu, karena rapih banget mainnya :
1. Gambar di koran sama persis dengan yg di amplop
2. Koran yg dikeluarkan bukan satu lembar sobekan, tapi satu eksemplar (bener gak sih istilahnya? emoticon-Bingung (S) ). Satu edisi gitu maksudnya
3. terdapat tanggal berlaku undian, sampai XX-08-2015 (tanggal tepatnya lupa)
4. terdapat nomor seperti surat keputusan gitu, dia jelasin kalau undian ini tercatat resmi (gw gak ngerti cara baca nomor surat keputusan emoticon-Hammer (S) )

Tapi tetap saja ada yg mencurigakan :
1. Undian macam apa yg tidak mencantumkan nomor kontak/customer service? Udh gw cari-cari sampai ke kolong mobil gak ada itu nomer kontak/CS. Andai gw suruh dia telanjang pun gw yakin gak bakal menemukan nomor CS dibalik kolornya emoticon-Betty (S)
2. Dia melipat bagian atas koran yg berisi tanggal terbitnya koran, sehingga gw gak tau itu koran baru atau basi
3. Dan tentu yg paling mencurigakan adalah, undian dg hadiah mahal, kok ngeprint amplop undian aja pakai printer kualitas jelek? Gambarnya blur, sampai tulisan di gambar tidak terbaca emoticon-Ngakak (S)


Sampai titik ini gw udh yakin ini gak bener, tapi klo langsung hardik/teriak sih keliatannya gak seru, malu sama muka serem brewokan gini klo teriak-teriak di parkiran kayak korban rudapaksaan emoticon-Ngakak (S)

B : "Hadiah bisa diambil di Jl sudirman pak, di samping bank BJB. Selamat ya pak, rezeki bapak adalah rezeki saya juga"
A : "Iya-iya makasih. Nanti saya kesana deh ya kalau sempet" (dg muka datar yg samasekali gak terlihat girang klo gw dapet hadiah emoticon-Ngakak (S) )

Saya nutup kaca dan mulai memundurkan mobil, tapi eh tapi tiba-tiba orang itu langsung lari dan main paksa buka pintu samping mobil gw emoticon-Mad
Yaa kontan lah saya marah

A : "Ada apa lagi mas? Saya buru-buru, ada yg nunggu di rumah" (dengan nada marah)
B : "Saya harus ikut pak, sebagai bukti kalau bapak menang"
A : "Lah ini kan udah ada amplop tanda saya menang" (nada makin tinggi)
Disinilah letak kesalahan orang tsb, dia gak narik lagi amplop yg berisi tanda menang undian dari tangan saya. Padahal amplop pertama yg berisi "terimakasih" alias belum menang undian, langsung dia tarik lagi. Mungkin dia terkesima dengan brewok gw, jadinya mabok emoticon-Betty (S)

Dia tampak sekali bingung mau bales apa, disitu kecurigaan gw meningkat hingga 100% bahwa ini penipuan. Lagian undian mahal kok salesnya gak dikasih kendaraan atau seenggaknya uang transport, gak modal amat. Pake acara maksa masuk ke mobil lagi. FYI mobil gw cuman kijang super taon 1995, boh ya cari mobil lain kek. Di kanan gw ada honda jazz RS 2014, di kiri ada daihatsu sirion, dan dua mobil di kanan gw adalah BMW F30 terbaru

A : "udahlah nanti aja yah, saya buru-buru, ada yg nunggu di rumah" (hamster gw blm dikasih makan, kasian dia sakit emoticon-Frown )
B : "kalau begitu minta nomer HP bapak aja yah" (ngeluarin HP, sepertinya HP ericksson jadul yg udah gak ada chasingnya)
A : (gw kasih nomor asal, yaitu nomor modem yg sebulan sekali gw ganti)
B : "Janji yah pak, bapak bakal kesini lagi. Saya tunggu"
A : "iya gw janji kesini lagi kapan-kapan" (beneran kok gw janji kesana lagi, akhir minggu atau minggu depan, klo mau belanja emoticon-Stick Out Tongue )

Dia sepertinya mau miscall saya, saya sih masa bodo dan segera memundurkan mobil untuk keluar.
Dari jauh terlihat dia masuk ke pepohonan di samping tempat parkir, berhubung jalur keluar parkir itu berputar, kalau dia masih ada di sana harusnya ketika saya sudah melewati gerbang bayar parkir saya bisa melihat dia. Tapi ternyata dia udah gak ada disana, ngibrit kali emoticon-Stick Out Tongue

Sesampainya di rumah, tentu gw langsung ngasih makan hamster gw emoticon-Frown
Kemudian gw coba googling ttg mitra jaya abadi, ada beberapa sih PT mitra jaya abadi dg bidang usaha berbeda, tapi gak ada satupun yg logonya sama dg di amplop emoticon-Stick Out Tongue

============================================================================================================


Gw sih yakin ini penipuan, tapi takutnya gw memfitnah karena gw juga gak punya cukup bukti, yaa gw minta infonya dari agan-agan siapa tau klo ini adalah undian beneran

Andai gw ngizinin dia masuk ke mobil, entahlah apa yg terjadi..
- bisa jadi tiba-tiba dia mengeluarkan senjata dari tasnya emoticon-Frown
- bisa jadi gw diarahkan ke daerah yg menjadi markas gengnya dia, terus gw dirudapaksa rame-rame emoticon-Frown
- bisa jadi dia malah nraktir gw di restoran mahal emoticon-Ngakak (S)

============================================================================================================

wah ada pengalaman serupa tapi udah lebih jauh nih daripada gw emoticon-Betty (S)
Quote:


Quote:


Quote:


pengalaman agan aswad77
pengalaman agan jackpole
pengalaman agan adambapr
Diubah oleh blackyardigans 03-10-2015 23:06
0
48.1K
59
Thread Digembok
Urutan
Terbaru
Terlama
Thread Digembok
Komunitas Pilihan