Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

thirdcookAvatar border
TS
thirdcook
7 alasan kenapa kerja di dapur itu enak
Assalamualaikum agan dan aganwati sekalian . Ane seblumnya cuman silent reader disini , mulai dari lama ane pantengin ini forum . Dan baru ini bikin trit , semoga bisa meramaikan kaskus dibalik serangan iklan klepon yuk yak merajalela.

Oke langsung aja . Ini trit adalah murni pengalaman ane dan pemikiran yg ane dapat selama ane kerrja di dapur . ane akan jabarkan beberapa hal yg biki ane betah kerja di dapur ,ane gak bakalan bahas mengenai beratnya kerja di dapur.

1, bisa makan, at least nyicip, makanan2 dari dalam ataupun luar negeri
Tuna, wagyu, meltique, salmon, kobe , kaviar, scallop, beef wellington, siapa sih yg nolak makanan itu ? Apalagi waktu acara kompetisi masak di tv makin terkenal , banyak makanan yg pengeeen banget kita makan, sayangnya kadang2 makanan itu susah buat kita makan, selain kadang hargany yg selangit , atau kebetulan di daerah kita gak ada yg jual sama sekali. Nah kalo ente kerja di dapur yg kebetulan ada jual itu menu , merupakan surga yg bener2 cocok buat ente2 sekalian. Tapi jangan juga tiap hari ambil wagyu di chiller buat dimakan sendiri, yg ada bakalan di lempar pake teplon panas sama executive chef nya.

2. Gak gampang ngiler kalo liat makanan di iklan, banner, ataupun acara masak.
Secara ente orang dapur , ente bakalan gak ngiler kek panglima tian peng yang liat adek chang e depan agan . Ente akan lebih bisa nahan diri buat jajan di luar cuman karena liat iklan tv yg menggoda . Paling ga ente bisa bikin makanan itu sendiri di dapur ente, tentu aja dengan izin chef ente .

3. Bisa bersaing dengan semua orang dari berbagai negara, ras dan suku.
Makanan itu cuman dua , enak, dan gak enak. Kadang org bilang enk itu relatif . Oke ane ralat , yg bisa dimakan dan yg gak.
Apa hububgannya sama saibgan dengan berbagai orang dari berbagai negara, ras dan suku ? Sini ane jabarin. Makanan yg bisa dimakan itu mutlak adanya, tsaaah bahasa ane. Biar ente orang mana pun , kalo ente bisa masak makanan yg bisa dimakan , dan enak bagi org yg makannya , ente gak bakalan takut untuk selalu bersaing dengan berbagai orang dari mana pun org itu berasal . Mau dari eropa kek, amerika, asia, asalkan pembendaharaan lidah dan rasa ente cukup , ente gak bakalan hilang kerjaan , jadi jangan takut sama yg namanya pasar bebas , atau apalah namanya yg banyak ditakutin sama mahasiswa yg baru lulus saat ini , dimana mereka takut kalah saingan sama org2 dari luar neheri. Jangan salah loh , orang indonesia banyak yg di segani sama orang2 luar negeri kalo masalah perdapuran . Ketua ICA aja , chef henry alexis bloem , sampe promo ke spanyol buat makanan indonesia, lebih tepatnya kuliner bali .
Jadi, org dapur gak takut yg namanya persaingan pasar bebas, yg penting lidahnya gak mati rasa aja , dia bakalan bisa terus kerja .

4. Bertambahnya wawasan dan pengetahuan yang banyaak banget .
Masih berkaitan dengan poiint 3, berhubung ente harus masak berbagai macam jenis makanan buat berbagai macam orang , ente mau gak mau harus tau basic rasa, tekhnik , dan istilah yg ada di dunia perkulineran, baik dalam negeri ataupun luar ngeri. Kalo gak, gimana ente bisa masak enak , kalo basic nya aja ente gak tau, jadi ente akan di "paksa" unuk nambah wawasan pengetahuan ente .

5. Bahasa inggris merupakan keseharian ente
Percaya gak percaya, orng dapur, terutama yg di bintang 4 ke atas, apalagi yg semi dan fine dining . Itu setiap hari harus terbiasa dengan istilah2 dapur yg kebanyakan pake bahasa inggris dan perancis. Sebut saja bain marie, mire poix (mudahan gak salah tulis, haha), yg notabene adalah istilah prancis, bukannya gaya2 an pake bahasa sana , tapi emang lebih mudah dan common pake istilah itu. Belum lagi semua bahan yg kebiasaan disebut dalam bahasa inggris . Jadi secara gak langsung ente akan belajar bahasa inggris secara cuma2 kalo kerja di dapur. Sungguh disayangkan kalo ente kerja di dapur hotel berbitang tpi ente gak bisa bahasa inggris, gak usah fasih , paham aja udah cukup.

6. Bisa kerja di luar negeri
Alasan yg ke 6 ini mungkin sedikit "biasa" buat beberapa orang , karena gak cuman di dapur ente bisa kerja di luar negeri . Tapi ini merupakan salah satu kerjaan yg banyaaaaaak banget lowongannya di luar negeri, ente bisa ke dubai, australia, singapore, thailand, vietnam , bahkan arab saudi , kalau ente emang nguasain lidah, skill dan bahasa agan2 sekakian. Merupakaan kerjaan yg bisa ngasih ente kesempatan unuk melihat dunia. Ane sih belum sampe tahap ini, tapi ini cita2 ane , buat kerja di luar negeri, kapan lagi bisa jalan2 di luar negeri dan dapet duit ? ? Makanya ane mesti kerja keras buat bisa ke sana . Ane cinta indonesia , tapi apa salahnya melihat dunia luas dan membawa masakan indonesia ke sana .

7. Duit
Ujung2 nya duit! ? ?. Emang bener gan , sesuka apa pun agan sama passion dan kerjaan agan , tapi kalo gak cukup menghasilkan ya jangan di kerjain , nyapein agan2 . Kita bisa mengejar passion kita, tapi juga harus dengan realitas . Hidup ini perlu duit gan , dan kerja di dapur , walaupun bagi sebagian orang merupakan kerjaan yg kurang bonafid , tapi ternyata cukup menjanjikan loh gan . Di kota ane sendiri , hotel bintang 4 nya, anak kithen nya bisa dapet take home pay sampe 6 juta rupiah perbulan , dengan kelas cook (non supervisor). Itu baru dalam negeri, belum kalo agan bisa di luar sana. Cerita cdp ( chef de partie) ane pas dia di new orlean, dia dapet gaji 16 us dollar per hour nya , dan biasanya dia kerja 8 sampe 12 jam perhari, kerja nya 6 hari. Bisa kebayangkan berapa duitnya ? Tinggal bisa bisa kita aja nge hemat duitnya

Okr gan itu aja sekilas mengenai enaknya kerja di dapur, dan untuk dapet enaknya kerja di dapur , ente harus ngrlaluin proses yg gak enak2 banget, nanti ane bikin thread tentang paitnya kerja di dapur deh ,, ane tidur dulu , udah lima watt mata .

0
4.2K
19
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan