Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

gosiptutorAvatar border
TS
gosiptutor
[WASPADALAH ] Modus baru penipuan ? Menanyakan Passcode SMS 1418


Kejadiannya begini gan, tanggal 20 Agustus 2015, sekitar jam 11.00 -an ane ditelp seseorang yang mengaku dari grapari telkomsel, mengabarkan ane dapat hadiah. No.HP yang menghubungi ane S E N S O R376691212, Singkat cerita beliaunya menjelaskan ane berhak mendapat hadiah, karena penasaran modusnya, ane layani tuh orang..... setelah ngobrol-ngobrol sekitar 3 menitan, tiba-tiba ane disuruh buka hp, katanya dia mengirimkan sms konfirmasi, ane segera ngecek sms, yang katanya dari grapari telkomsel.

Bener aja ternyata ada sms dari nomer 1418- ane diminta nyebutin passcode yang tertulis disitu, umumnya dalam kondisi bahagia karena dapat hadiah, orang tidak ngecek dengan teliti dan seksama apa keseluruhan isi pesan dala sms, ternyata bunyi smsnya " Silahkan gunakan passcode 30XX untuk login Go Mobile. Passcode bersifat RAHASIA. Jangan memberitahukan kepada siapapun !

Dari awal ane udah curiga ada aroma tipu-tipu selama percakapan, karena ane merasa tidak punya duit di ATM bank manapun, ane santai saja saat disuruh nyebutin passcode dari SMS , begitu penipu itu ane beritahu, langsung bilang katanya ane akan dihubungi kembali.

Penasaran dengan modus yang digunakan , ane segera googling dengan beberapa keywords yang berhubungan dengan nomer 1418--ternyata itu nomer Go Mobile CIMB niaga.

Segera ane tersadar. Ternyata ane pernah daftarkan nomer hp yang dihubungi oleh penipu tadi untuk daftar rekening ponsel CIMB niaga. Untung saja, setelah daftar, uang segera ane tarik kembali via ATM sehingga tidak ada saldo yang tersisa disitu... Pantesan aja penipu segera tutup telp-nya karena merasa gak dapet apa-apa dari ane..

Hati-hati gan seandainya agan punya rekening ponsel CIMB Niaga dan dapat ditelp seseorang dengan modus menanyakan passcode untuk verifikasi hadiah dari Grapari Telkomsel atau provider lainnya, itu jelas nipu, karena udah jelas ada tulisan Passcode bersifat RAHASIA. Jangan memberitahukan kepada siapapun ! WASPADALAH !!

UPDATE 17.00 WIB
Sore hari sekitar jam 17.00 ane dan istri terima sms dari CIMB Niaga gan ( no kami berdua terdaftar di rekening ponsel CIMB ) ... intinya Jangan sekali-kali kasih PIN dan passcode ke siapapun, Bank dan Rekanan Bank TIDAK pernah meminta data rahasia untuk alasan apapun.
Spoiler for sms dari CIMB di hp istri :


case closed
Minggu-minggu ini polisi telah menangkap sindikat pemalsu ATM yang menggunakan data nasabah bank yang dijual di internet. Moga tidak ada kaskuser yang jadi korban

Spoiler for Tanggapan CIMB:

Diubah oleh gosiptutor 25-08-2015 01:56
0
40.1K
59
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan