Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

kamtonoAvatar border
TS
kamtono
[SHARE] 7 KEUNTUNGAN MENGGUNAKAN DISTRO LINUX YANG SESUAI
kalau ada ide lagi entar ane update.... minta komentarnya saja deh. sebenarnya mau tak tambahin sampai beberapa baris, tapi karena lagi buntu ane posting sebagian dulu.
-----------------------------
artikel yang ane tulis ini sebenarnya masih ada kaitannya dengan kunjungan ane terakhir mampir di distrowatch.com, bagi yang belum pernah mampir di situs ini ane kasih tahu kalau sebenarnya distrowatch.com sudah menjadi situs wajib buat mengetahui tentang distro-distro terbaru, termasuk berita, bagaimana cara buildnya, remastering dari distro apa, aslinya bikinan negara mana dan masih banyak lagi.

menggunakan distro linux yang sesuai disini adalah sesuai dengan kategori yang sudah ada, misalnya saja yang sering ane lihat di sub forum ini sering banget menggunakan kali linux sebagai distro linux pertamanya, salahkah ? tidak. hanya saja distro tersebut digolongkan sebagai distro forensic, yang artinya akan banyak aplikasi open source testing, hacking, dan lainnya yang dibundel jadi satu didalamnya. contoh lainnya adalah seperti keinginan menggunakan distro linux server tapi akhirnya berujung dengan memilih fedora atau ubuntu sebagai basisnya, salahkah ? tidak. akan tetapi ada beberapa distro linux yang sesuai penggunaanya untuk server.

bagi pengguna linux senior, sebenarnya linux sendiri bisa di instal macam-macam nggak perlu di kategorikan segala. akan tetapi bagi para pengguna pemula hal tersebut sangatlah sulit dilakukan.

dan berikut beberapa hal keuntungan dari menggunakan distro linux yang telah dikategorikan masuk pada kategori tertentu. dan pada artikel yang saya tulis ini berdasarkan pada kategori yang kurang lebihnya seperti pada menu pencarian distrowatch.com

  1. dukungan aplikasi, seperti yang diketahui bahwa belum semua keseluruhan aplikasi dengan label open source tersedia untuk semua distro, ketersediaan yang dimaksudkan adalah dibuatkan versi paketan installernya. pada aplikasi-aplikasi open source yang proyeknya tidak begitu ramai pengguna maka kemungkinan untuk mendapatkan installer sesuai dengan distro linux yang kita sukai akan sangat kecil. beberapa contoh misalnya aplikasi steam yang secara resmi mendukung distro linux ubuntu pada versi tertentu, bagaimana dengan distro yang lain ? hmmm…. entahlah.



    dukungan aplikasi yang saya maksud disini tidak lain adalah ketersedian aplikasi apakah dengan lisensi open source, freeware atau shareware dalam bentuk binary yang telah siap install. jadi tidak memerlukan proses compile terlebih dahulu. untuk saat ini binary package aplikasi yang sering tersedia adalah berupa .rpm dan .deb dan tentunya ini akan memudahkan anda untuk memilih distro linux yang menggunakan package aplikasi tersebut.

  2. dukungan vendor hardware ataupun perusahaan software besar, contoh keberadaan dukungan perusahaan software besar adalah seringkali dirilisnya beberapa software dalam bentuk paket binary, bukan source code. perusahaan pembuat kartu grafis adalah sedikit contoh yang menerapkan ini.

    memang benar beberapa perusahaan hardware dan software besar tersebut mendukung linux, akan tetapi keberadaan source codenya sendiri mereka menyimpannya (Proprietary). dan mereka hanya melepas dalam bentuk binary (biasanya .rpm atau .deb). dan tentu saja jika sudah mengarah ke bentuk binary format tertentu tentunya akan mengerucut ke distro tertentu saja kan. berikut saya ambil di salah satu halaman website dari pabrikan AMD, tampak jelas secara resmi hanya ada 2 distro linux yang dibuatkan binary paketnya, yaitu redhat dan ubuntu, yang lainnya mungkin dipersilahkan masuk di Linux 32 dan 64 bit.



    bukan bermaksud untuk mengecilkan hati para pengguna distro linux lainnya yang tidak disebutkan pada gambar diatas. akan tetapi kenyataan sesungguhnya untuk saat ini adalah para pembuat hardware besar memang memilih hanya beberapa distro linux sebagai basis utama, alasan klasik seperti basis pengguna yang banyak pastinya menjadi alasan utama. dan tentu saja satu hal yang menjadi alasan utama (menurut saya) adalah hubungan bisnis. tak banyak distro linux yang mempunyai tujuan bisnis sebagai tujuan utamanya, mereka para pembuat hanya berdasarkan karena alasan kebebasan, hobi, kreativitas dan lainnya.

  3. konfigurasi yang lebih cepat, ini saya akui ketika menggunakan distro linux elastix, salah satu distro berbasis centos dengan kelengkapan paket asterix dan teman-temannya untuk keperluan instalasi voip. kalau di minta untuk instal satu persatu paketnya mulai dari asterix, apache, mysql dan lainnya mungkin bisa butuh beberapa hari itu saja jika ada yang menyediakan howto bagaimana cara instal, konfigurasi dan testingnya. atau memasangkan distro linux smoothwall sebagai gateway internet dalam sebuah kantor dengan waktu kurang dari 30 menit.

    beberapa contoh kategori distro linux disini antara lain seperti pada kategori firewall, NAS, security, gateway, dan telephony. beberapa distro linux tersebut mendedikasikan keperuntukannya dalam sebuah situasi-situasi seperti ini. dan yang pasti merupakan favorit bagi para sysadmin, dan sebenarnya juga favorit para manajer mereka karena tentu saja biaya yang dikeluarkan sedikit dan waktu pemasangan yang lebih cepat.

  4. bergabung dengan komunitas pengguna distro linux yang sama, kalau alasan yang satu ini sudah otomatis. yang anda perlukan cukup memberitahukan kepada dunia bahwa saya menggunakan distro linux tertentu. secukup itukah, tentu tidak pastinya anda akan dipastikan akan lebih sering menggunakan mesin pencari jika terjadi permasalahan yang diakhiri dengan sebuah kalimat distro linux yang anda pakai.

  5. mempunyai pemikiran yang sama dengan penggagas distro linux, sepopulernya distro linux seperti ubuntu, fedora, mint dan lainnya bukan berarti bebas dari para haters. alasannya bermacam-macam dari yang mulai sepele hingga terlalu sangat idealis. dan bahkan yang paling menggemparkan belum lama ini tentu saja perpecahan dari kubu distro linux debian hanya karena gara-gara sysinit vs systemd.

    dan setidaknya lahirnya desktop environtment seperti cinnamon dan mate adalah sebuah bukti sahih tentang keberadaan pengguna linux yang tetap menginginkan desktop yang akan terus sama. dan tentu bukan hanya sekedar permasalahan system init dan desktop environment saja, gagasan menggunakan library, kernel terbaru, toolkit (experimental), gagasan untuk menggunakan kembali hardware lama dan masih banyak lagi gagasan lain, yang mungkin apabila kita pahami dan cermati kita pasti akan setuju.

  6. hemat waktu instalasi paket tertentu, harus diakui memang iya, terutama bagi para pengguna linux yang komputernya jarang terhubung ke internet. dan bahkan beberapa paket aplikasi grafis, multimedia dan game membutuhkan waktu download yang tidak sebentar. beberapa paket yang tersedia secara default belum tentu ada disetiap bawaan installer masing-masing distro linux. tentu saja apabila yang dibandingkan antara instalasi live CD (< 1 GB) dibandingkan dengan yang lebih dari 3 GB.

    pesan moralnya tentu saja apabila anda pengguna linux pemula pastikan memilih instalasi dengan kepingan DVD atau yang memuat lebih banyak aplikasi.

  7. power of remastering, meskipun out of topic tapi setidaknya bahwa inilah salah bukti yang tercantum pada lisensi GNU/GPL (entah versi yang mana). jadi apabila anda pengguna linux pemula jangan kaget apabila ada informasi ada distro linux baru, setidaknya berikan apresiasi. oh ya gimana kabarnya beberapa distro linux buatan anak negeri sendiri ? hayo siapa tahu distro mana saja yang masih aktif sampai hari ini.

    beberapa manfaat adanya remastering seperti, proyek yang terus berlanjut dari distro induk meskipun misalnya distro induknya tersebut telah berakhir. salah satu contohnya adalah mandrake linux yang mempunyai turunan seperti mandriva, openmandriva, mageia. setidaknya mereka meneruskan semangat dan juga gagasan dari pembuat linux mandrake.
Diubah oleh kamtono 17-08-2015 01:53
0
3.2K
8
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan