Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

rajabergetarAvatar border
TS
rajabergetar
Pertama Kali, Merauke Kirim Seribu Ton Beras ke 4 Kabupaten
Untuk pertama kalinya seribu ton beras lokal dari Kabupaten Merauke didistribusikan Badan Urusan Logistik Divisi Regional Papua dan Papua Barat ke empat wilayah, yakni Kabupaten Keerom, Kabupaten Jayapura, Kota Jayapura, dan Kabupaten Sarmi.

"Pengiriman beras lokal ini untuk pertama kalinya, sebagai salah bentuk swasembada pangan di Papua. Apalagi Merauke telah ditetapkan oleh Presiden Joko Widodo sebagai lumbung pangan nasional. Pengiriman beras lokal menandakan kebangkitan pangan Papua," kata Kepala Bulog Divisi Regional Papua dan Papua Barat Arief Mandu, Senin, 13 Juli 2015.

Menurut Arief, jika produksi beras di Merauke stabil, pengiriman serupa akan dilakukan secara terus-menerus. Tapi jika ada gangguan alam, produksi beras hanya akan diprioritaskan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di Merauke.

"Gangguan alam seperti El Nino, kemarau, atau kekeringan diwaspadai. Tapi petani setempat telah membuat penampungan air cadangan di sekitar lahan persawahan," katanya.

Saat ini, kata Arief, produksi beras lokal asal Merauke berkisar 30-35 ribu ton. Sedangkan kebutuhan beras Merauke dan empat kabupaten di sekitarnya, yakni Boven Digul, Mappi, Asmat, Merauke, dan Sorong mencapai 25 ribu ton. "Masih ada 10 ribu ton beras yang bisa surplus dan bisa di-drop ke sejumlah kabupaten di Papua dan Papua Barat,” tuturnya.

Gubernur Papua Lukas Enembe mengatakan, setelah Presiden Jokowi menetapkan Merauke sebagai lumbung padi nasional, kabupaten-kabupaten di Papua tak perlu lagi mendatangkan beras dari luar. "Beras petani yang sebelumnya dihargai rendah, Rp 6.600 per kilogram, saat ini ditetapkan menjadi Rp 7.300 per kilogram lewat instruksi presiden, sehingga petani di Merauke giat menanam padi,” katanya.

Lukas berujar, momentum kebangkitan pertanian Papua saat ini akan mendorong peningkatan pendapatan masyarakat sesuai dengan visi dan misinya, yakni bangkit, mandiri dan sejahtera melalui pemberdayaan ekonomi masyarakat. "Tentunya ke depan akan mendorong meningkatnya investasi ke Papua, pendapatan asli daerah, dan sumber daya alam sebagai salah satu sumber kesejahteraan masyarakat," kata Lukas.


http://bisnis.tempo.co/read/news/201...ke-4-kabupaten



hebat ya jokowi... nggak cukup satu periode tanam sejak ia menyatakan tekad menjadi merauke sebagai lumbung nasional.. ehhh... sudah panen... emoticon-Ngakak (S) emoticon-Ngakak (S)
Diubah oleh rajabergetar 05-08-2015 09:34
0
4.5K
64
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan