fahmialbyAvatar border
TS
fahmialby
Mengenal Lebih Dekat Pers Mahasiswa di Berbagai Perguruan Tinggi di Indonesia
Buat agan yang aktif di kampus, tentunya kenal sama lembaga jurnalistik yang dikelola langsung sama mahasiswa ini. Setiap kampus punya pers mahasiswa (persma) masing-masing lho. Di kampus agan ada persmanya juga kan?emoticon-Malu (S)emoticon-Malu (S) emoticon-Malu (S)


Pers Mahasiswa hampir sama kayak pers pada umumnya, hanya berbeda di cakupan wilayah dan 'pekerja'nya doang hehe. Berdasarkan pasal 1 ayat (1) UU Pers menyebutkan tentang definisi pers:
Spoiler for definisi pers:

Selain berfungsi sebagai kekuatan pengontrol kebijakan kampus dan non-kampus yang otoritarian, persma muncul sebagai kekuatan pembangkit kesadaran dan kebutuhan publik pembacanya (baca: mahasiswa) terhadap aneka kepentingan publik itu sendiri.

Pers Mahasiswa se-Indonesia tergabung dalam Perhimpunan Pers Mahasiswa Indonesia (PPMI).

Spoiler for ppmi:


Quote:


Seperti organisasi kampus pada umumnya, persma juga kadang ngalamin yang namanya pasang surut. Yang paling sering sih ketemu masalah pendanaan dan regenerasi. Jadi, persma yang tahun ini kebetulan boomingkegiatannya belum tentu sama boomingnya di tahun-tahun berikutnya.

Kesan Persma yang 'serius' dan 'berat' agaknya cukup berpengaruh terhadap minat mahasiswa untuk bergabung. Padahal, kalau sudah masuk persma, banyak juga yang malah keasyikan hehe. Banyak pengalaman seru yang didapat saat bergabung jadi anggota pers mahasiswa. Kesempatan bertemu dengan orang penting, nambah teman dan koneksi, dan tentu saja bikin kita tambah kritis.
Oiya, jangan lupa, stasiun radio kampus juga termasuk persma loh gan, kayak yang punya ITB.


Quote:

Kampus agan ada persnya juga? Silahkan komen dibawah yee emoticon-Ngakak (S)
Quote:

Jangan lupa emoticon-Rate 5 Star sama emoticon-Toast emoticon-Toast emoticon-Toast

SALAM PERS MAHASISWA!
Diubah oleh fahmialby 19-08-2015 17:14
0
7.4K
35
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan