Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

bagjasiregarAvatar border
TS
bagjasiregar
OJK : Ekonomi Nasional Tak Akan Goyah, KPK Silakan Bongkar Kasus Pajak BCA

Kekacauan yang diakibatkan oleh Bank BCA dalam dugaan keterlibatan petinggi Bank BCA terkait pemberian gratifikasi untuk Hadi atas jasanya memuluskan permohonan keberatan pajak Bank BCA rupanya cukup merisaukan banyak pihak. Yang baru saja memberikan tanggapannya atas perkembangan penyidikan kasus pajak Bank BCA adalah Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Setelah setahun lebih hiruk pikuk pengusutan kasus pajak Bank BCA OJK diam dan lebih cenderung untuk mengamati pergerakan issue, namun tempo hari melalui Dewan Komisioner OJK, Ilya Avianti menyampaikan sepatah dua patah kata menanggapi kelanjutan nasib kasus pajak Bank BCA. Entah apa yang mendasari OJK akhirnya bersuara, namun yang jelas dengan OJK sebagai otoritas tertinggi pengawas jasa keuangan turut buka suara, berarti kasus pajak Bank BCA sudah sangat serius.

Ilya Avianti membuka tanggapannya dengan menjelaskan bagaimana kasus ini diawali. Beliau membenarkan jika kasus pajak Bank BCA bersumber dari krisis moneter. “pada saat itu (krisis moneter) semua industri perbankan memang mengalami gangguan” demikian buka Ilya. Dari pernyataan tersebut saya mengambil kesimpulan bahwa yang selama ini diyakini oleh beberapa pengamat benar adanya, bahwa kasus pajak Bank BCA memang berkaitan dengan carut marutnya skema BLBI.

Selain itu, Ilya juga berkomentar soal wewenang KPK yang selama ini ramai diributkan di media pasca kekalahan KPK di persidangan praperadilan Hadi Poernomo. Sedikit berbeda dari putusan praperadilan, OJK justru menghormati KPK dalam upaya membongkar kasus ini. “kasus ini adalah kasus hukum, jd OJK harus menghormati KPK dalam hal ini memang bertindak untuk melakukan pemeriksaan itu” kata Ilya.

Dukungan OJK atas KPK usut kasus pajak Bank BCA tentu menjadi modal besar KPK untuk lebih percaya diri dalam upayanya usut kasus ini, dengan catatan jika KPK bisa meminimalisir potensi dari upaya intevnsi kasus. Selain dukungan atas KPK, OJK juga mengatakan bahwa masyarakat tak perlu khawatir jika kasus pajak Bank BCA dibongkar maka perekonomian nasional akan goyah. perekonomian nasional tak akan goyah, lebih lagi OJK meyakinkan nasabah bahwa saat ini perbankan sehat maka jika kasus pajak BCA berhasil dibongkar, baik itu perekonomian Negara maupun keuangan perbankan tetap tidak terganggu.

“dalam kasus pajak BCA, perekonomian nasional tidak terganggu, masyarakat tidak perlu khawatir karena sekarang semua industri keuangan itu sehat” demikian Dewan Komisioner OJK, Ilya Avianti meyakinkan. Jadi menurut saya KPK sudah tidak perlu menahan diri lagi. OJK sudah memberi lampu hijau dan sudah memastikan bahwa perekonomian Negara tak akan goyah jika kasus pajak BCA dibongkar.

Sumber :
1. http://www.bloombergindonesia.tv/vid...-dipertanyakan
0
1.7K
11
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan