bisnismajuAvatar border
TS
bisnismaju
10 Fakta tentang Alkohol
Secara kimia, alkohol adalah senyawa organik dengan kelompok fungsional hidroksil (OH) terikat pada atom karbon jenuh. Alkohol adalah istilah yang awalnya disebut etil alkohol primer alkohol (etanol), alkohol dominan pada minuman beralkohol.

Akhiran -ol muncul dalam nama kimia IUPAC dari semua zat dengan kelompok hidroksil yang merupakan kelompok fungsional dengan prioritas tertinggi; zat dengan kelompok prioritas yang lebih tinggi adalah menyajikan awalan hidroksi akan muncul dalam nama IUPAC. Akhiran -ol pada nama non-sistematis (seperti parasetamol atau kolesterol) juga biasanya menunjukkan bahwa zat termasuk kelompok fungsional hidroksil dan, sehingga, dapat disebut alkohol.

Alkohol memiliki sejarah panjang dalam beberapa penggunaan di seluruh dunia. Hal ini ditemukan dalam minuman beralkohol yang dijual kepada orang dewasa, sebagai bahan bakar, dan juga memiliki banyak kegunaan ilmiah, medis, dan industri. Istilah ‘bebas alkohol’ sering digunakan untuk menggambarkan produk yang tidak mengandung alkohol. Beberapa konsumen dari beberapa produk komersial dapat melihat alkohol sebagai bahan yang tidak diinginkan, terutama dalam produk yang ditujukan untuk anak-anak.

Minuman beralkohol, biasanya mengandung 3-40% etanol dari volumenya, dan telah diproduksi dan dikonsumsi oleh manusia sejak zaman pra-sejarah. Alkohol lainnya seperti 2-metil-2-butanol (ditemukan dalam bir) dan γ-hidroksibutirat asam (GHB) juga dikonsumsi oleh manusia untuk efek psikoaktif mereka. Berikut 10 fakta mengenai alkohol.

1. Alkohol membunuh satu orang setiap 10 detik di seluruh dunia.



2. Hanya membutuhkan waktu 6 menit untuk sel-sel otak dapat bereaksi terhadap alkohol.



3. Alkohol tidak dicerna; itu akan diserap langsung ke dalam aliran darah.



4. 48% dari populasi dunia yang berusia lebih tua dari 15 tahun mengaku tidak pernah mengkonsumsi alkohol.



5. Alkohol tidak membuat Anda lupa. Ketika Anda mabuk untuk sementara otak kehilangan kemampuan untuk menciptakan memori.



6. Setiap orang Rusia mengkonsumsi 18 liter (4,8 US gal) alkohol per tahun, dua kali lipat dari apa yang para ahli anggap berbahaya.



7. Ada lebih dari 500.000 kematian terkait alkohol di Rusia setiap tahunnya.



8. Orang dengan mata biru memiliki toleransi alkohol yang lebih tinggi.



9. Lebih dari 30% dari kanker dapat dicegah dengan menghindari rokok dan alkohol, memiliki pola makan yang sehat dan aktivitas fisik.



10. Bir tidak dianggap sebagai minuman beralkohol di Rusia hingga 2013.




Source: Do You Know?
0
4.9K
33
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan