arifdoankAvatar border
TS
arifdoank
Mengenal Suku-Suku Penganut Sistem Kekerabatan "Matrilineal" Di Indonesia
Spoiler for buka:




Matrilineal berasal dari dua kata bahasa Latin, yaitu mater yang berarti ibu, dan linea yang berarti garis. Jadi, sistem kekerabatan matrilineal berarti suatu adat masyarakat yang mengatur alur keturunan berasal dari pihak ibu. Baik di Indonesia maupun di dunia, penganut sistem kekeraban matrilineal merupakan kelompok minoritas. Rata-rata penganut sistem kekerabatan matrilineal hanya berupa komunitas-komunitas kecil, sangat jarang dalam bentuk komunitas besar yang meliputi suatu wilayah yang luas. Bahkan ada juga sebagian penganut matrilineal yang beralih jadi patrilineal karena pengaruh yang dibawa dari luar. Misalnya pengaruh agama dan sebagainya.

Di Indonesia sendiri terdapat beberapa suku penganut sistem kekerabatan matrilineal yang tersebar diberbagai wilayah. Berikut ini adalah suku-suku di Indonesia yang menganut sistem kekerabatan matrilineal.


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Itulah sekilas tentang suku-suku penganut sistem kekerabatan matrilineal di Indonesia. Meski jumlah mereka tergolong kecil, namun mereka telah turut memperkaya kebudayaan Indonesia. Selama ini kebanyakan diantara kita hanya mengetahui suku Minangkabau sebagai penganut matrilineal di Indonesia, padahal masih ada beberapa suku lainnya walau dalam bentuk komunitas kecil. Adakah diantara agan-agan kaskuser yang berasal dari suku diatas?

Berdasarkan komentar-komentar sebagian agan-agan kaskuser, ane ingin meluruskan kalau belum tentu bagi penganut kekerabatan matrilineal seorang perempuanlah yang harus menjadi kepala keluarga, kepala suku ataupun kepala adat. Kadang penganut matrilineal hanya sekedar mewarisi suku, marga atau klan dari sang ibu, selebihnya tetap laki-laki yang berkuasa seperti sebagai kepala keluarga ataupun kepala adat.

Sekian saja thread ini dari saya. Semoga bisa memberikan manfaat emoticon-shakehand


Quote:
Diubah oleh arifdoank 08-06-2015 07:41
0
116.1K
263
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan