Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

NewB|eZAvatar border
TS
NewB|eZ
Peristiwa yg terjadi tepat di hari ini pd 26 thn yg lalu yg ditutupi pemerintah RRT
Penyebab Kejadian


Protes Lapangan Tiananmen 1989 (atau Insiden 6/4 atau Pembantaian Lapangan Tiananmen) adalah sebuah rangkaian demonstrasi yang dipimpin mahasiswa diadakan di Lapangan Tiananmen di Beijing, Republik Rakyat Tiongkok, antara 15 April dan 4 Juni 1989. Protes ini ditujukan terhadap ketidakstabilan ekonomi dan korupsi politik yang kemudian merembet menjadi demonstrasi pro-demokrasi yang memang merupakan suatu yang belum lazim di Tiongkok yang otoriter. Lebih dari 3.000 orang meninggal sebagai akibat tindakan dari pasukan bersenjata.

Angka-angka perkiraan korban sipil berbeda-beda: 400-800 (CIA), dan 2.600 (Palang Merah Tiongkok). Para mahasiswa pengunjuk rasa mengklaim bahwa lebih dari 7.000 orang yang terbunuh. Setelah kekerasan ini, pemerintah melakukan penangkapan di mana-mana untuk menekan sisa-sisa pendukung gerakan itu. Pemerintah membatasi akses pers asing dan mengendalikan liputan atas kejadian-kejadian di pers daratan Tiongkok. Penindasan terhadap protes Lapangan Tiananmen mengundang kecaman yang luas oleh Amerika Serikat dan pemerintah negara-negara Barat lainnya terhadap pemerintahan RRT.

Man vs. Chinese tank Tiananmen square yang menghebohkan dunia


Tank Man, atau Unknown Rebel, adalah sebuah julukan yang diberikan kepada seorang pengunjuk rasa di lapangan Tiananmen pada tanggal 5 Juni 1989. Orang yang hingga saat ini tidak diketahui namanya itu menjadi terkenal ketika aksi protesnya direkam, dipotret, dan dipublikasikan ke seluruh dunia. Dalam peristiwa tersebut, sang pengunjuk rasa berdiri menentang barisan tank Tipe 59 Tiongkok dan menghentikan lajunya.

Potret paling terkenal yang menggambarkan peristiwa ini adalah foto karya Jeff Widener (Associated Press) yang di ambil dari lantai ke-6 Beijing Hotel dengan lensa 400 mm. Versi terkenal lainnya adalah foto yang diambil oleh fotografer Stuart Franklin dari Magnum Photos. Foto karyanya memiliki jangkauan pandang yang lebih luas dari foto karya Widener dan memperlihatkan lebih banyak tank di depan sang Tank Man. Franklin juga berhasil memenangkan penghargaan World Press untuk foto itu. Foto tersebut juga termasuk ke dalam "100 Photos that Changed the World" (Ind: seratus foto yang mengubah dunia) versi majalah LIFE pada tahun 2003. Selain itu, peristiwa ini juga direkam dalam videotape oleh CNN dan BBC, dan telah disiarkan di seluruh dunia.

Baik foto maupun film tentang aksi sang Tank Man yang berdiri menentang barisan tank mendapat perhatian masyarakat seluruh dunia. Peristiwa tersebut menjadi berita utama di ratusan koran dan majalah dan siaran berita besar di seluruh dunia. Pada bulan April 1998, majalah TIME dari Amerika Serikat memasukan sang Tank Man sebagai 100 orang yang paling berpengaruh di abad ke-20.


25 Foto Protes Berdarah

Spoiler for 1. Protes yang dimulai pada april 1989, setelah kematian Sekretaris Jenderal Partai Hu Yaobang.:

Spoiler for 2. Hu dipandang sebagai orang yg berpikiran liberal dan mendukung mahasiswa dimana para mahasiswa menginginkan pemerintah untuk Pro-market dan Pro-Demokrasi.:


Spoiler for 3. 100rb orang berkumpul setelah pemakaman resmi dr negara untuk Sekjen Hu.:

Spoiler for 4. Artikel anti protes pada Koran People's Daily semakin membuat mahasiswa marah:

Spoiler for 5. Pada tanggal 13 Mei mogok makan dimulai dan masa yang berkumpul bertambah menjadi 300rb orang.:

Spoiler for 6. Darurat militer diumumkan pada tanggal 20 Mei:

Spoiler for 7. Militer China bergerak menuju Beijing dan dipaksa mundur beberapa hari kemudian, beberapa dari mereka diajak untuk bergabung dengan para demonstran:

Spoiler for 8. Para demonstran mulai terpecah:

Spoiler for 9. Para Mahasiswa telah menduduki lapangan Tiananmen:

Spoiler for 10. Para demonstran memajang patung Liberty setinggi 9 meter yang terbuat dari styrofoam:

Spoiler for 11. Para demonstran menyindir para demonstran bayaran Pro-pemerintah.:

Spoiler for 12. Tentara China mulai menstrerilkan Lapangan Tiananmen pada awal Juni:

Spoiler for 13. Para demonstran tetap bertahan:

Spoiler for 14. Kebanyakan dari mereka tidak bersenjata, namun ada beberapa yang mempersenjatai diri dengan batu dll:

Spoiler for 15. Kerusuhan mulai pecah:

Spoiler for 16. Secara resmi ada 241 orang yang meninggal pada peristiwa ini:

Spoiler for 17. Secara tidak resmi terdapat ribuan korban dari peristiwa ini, kebanyakan terjadi di luar lapangan Tiananmen dimana para tentara secara langsung menembaki mereka:

Spoiler for 18. Korban luka-luka yang tidak terhitung:

Spoiler for 19. Tank man yang terkenal:

Spoiler for 20. Foto Tank man dari sudut pandang lain, tidak jelas identitas dari tankman ini dan juga tentang nasib nya setelah kejadian ini.:

Spoiler for 21. Lebih dari 10rb orang ditahan setelah kejadian ini, dan tidak diketahui berapa jumlah yang dieksekusi oleh pemerintah.:

Spoiler for 22. Pemerintah China masih berusaha untuk menutupi kejadian ini, bahkan pada hari ini pencarian tentang kejadian ini pada situs mikroblogging China (Weibo) di ban oleh pemerintah.:

Spoiler for 23. Kira-kira pada setahun yang lalu, 5 demonstran China yang menyaksikan teman mereka di tembak memberikan testimoni tentang betapa mengerikannya kejadian tersebut pada anggota parlemen USA:

Spoiler for 24. Para masyarakat China mengenang pembantaian ini dengan menyaksikan tayangan TV yang telah di sensor oleh pemerintah:

Spoiler for 25. Novelis Murong Xuecun menulis bahwa Presiden RRT yang sekarang Xi Jin Ping mungkin lebih paranoid dari pada pendahulunya.:


Setiap negara pasti ada kebijakannya yang positif dan negatifnya gan, bahkan di negara kita pun ada kejadian yg mirip2 dengan kejadian ini, dan berhubung kejadian ini tepat terjadi pada hari ini pada 26 tahun yang lalu, dan inget kata2 Bung Karno dulu, JAS MERAH alias jangan sekali kali melupakan sejarah.

Mudah2an kita belajar dari kejadian2 ini dan semoga kejadian seperti ini tidak terulang lagi gan di masa depan emoticon-Kiss (S)


Sekian Thread dr ane, mudah2an lebih membuka wawasan agan2 sekalian, ga perlu cendol, yang penting rate 5 aja biar ga tenggelam, ok ? hehe emoticon-Betty (S)


Spoiler for Sumber:


Diubah oleh NewB|eZ 05-06-2015 06:45
0
6.3K
44
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan