kaskusbangetnihAvatar border
TS
kaskusbangetnih
Mau Tau Cara Memilih Jurusan Kuliah Yang Tepat? Baca ini!





Spoiler for HT:




Udah, langsung aja cekidot.







Di sini ada yang mau masuk kuliah tapi masih bingung nentuin jurusan?
Nih gue kasih tau.




Spoiler for :




Jadi gini, beberapa waktu yang lalu, gue lagi iseng browsing di internet dan nemu website yang keren banget. Di situ gue juga nemu tulisan tentang cara memilih jurusan kuliah yang tepat. Lagi asik-asik browsing, kebetulan ada tiga orang anak SMA yang main di net gue, trus ngga sengaja denger obrolan mereka yang entah lagi bolos atau pura-pura ijin mau ambil data.

Sebenernya sih bukan gak sengaja-sengaja amat, ya agak kepo juga ngedengerin obrolan anak muda kayak ente-ente sekalian. Intinya sih, mereka itu lagi ngobrolin masalah pemilihan jurusan/fakultas/universitas yang bakal mereka pilih nanti. Ngobrol ngalor ngidul sambil terus gue kupingin, tapi mereka kayaknya tetep belom tau nih, bakal masuk mana nanti pas lulus SMA.




Gini yeh sodara-sodara sekalian, bukan maksud hati untuk menggurui, tapi gue di sini cuma mau meluruskan pemikiran sodara-sodara sekalian dalam niat memilih jurusan nanti. Sebenernya sih tulisan ini paling pas buat kelas 10 dan 11, soalnya waktu lo pada yang masih di kelas ini masih rada panjangan buat mikirin beginian. Tapi buat yang kelas 12 pun pasti berguna juga, soalnya gak sedikit dari lo yang di kelas 12 yang sampai detik ini pun belum bisa nentuin pilihannya.

Okeh! Meluruskan pemikiran. Apa sih yang harus dilurusin? Emang pikiran kaya benang bisa berlibet-libet? YOIH! Yang namanya proses itu, kadang lurus, kadang berantakan. Pikiran kan proses juga. Ada informasi yang masuk, ada skema yang kita pake sebelomnya buat nalar tuh informasi-informasi, ada juga yang akhirnya kita ambil sebagai pengetahuan baru dari informasi tersebut. Proses kan? Nah makanya, mari kita sama-sama lurusin pemikiran, buat ngebantu kita milih jurusan yang pas buat kita nanti.

Kebiasaan anak sekolah pas milih jurusan yang menurut gue gak efektif adalah;


Ngebayangin nanti prospek ke depannya gimana.




Bukannya kita gak mikirin masa depan yah, tapi dengan ngelurusin pemikiran ini, justru kita ngusahain masa depan kita tuh menyenangkan buat kita. Oh terus kita bisa jadi apa aja yang kita mau gitu? Nah di sini nih serunya. Apa sih yang sebenernya kita mau?

Kebanyakan dari kita pas pengin nentuin jurusan yang paling pas dengan kita adalah dengan menempuh tes minat bakat yang biasa diselenggarakan di sekolah, atau dibawa ortu buat ngetes di biro psikologi. Sebenernya gue mau bilang sesuatu nih soal ini. Di dunia psikologi sendiri, kata BAKATitu sebenernya masih diperdebatkan, apakah ada atau nggak ada. Kalo menurut gue pribadi dari artikel-artikel yang gue baca, kalaupun ada yang namanya BAKAT, itu sifatnya cuma kemampuan-kemampuan dasar manusia kayak kecepatan, kegesitan, kekuatan fisik, dan sebagainya. Bakat kaya gitu gak bisa bikin kita tau mau jadi apa kita nantinya.



Quote:

Ini baru hal yang harus kita temuin. Di benak lo pada waktu ngedenger kata Minat, kemungkinan besar bakal suka ketuker sama hobi. Misalnya; Minat lo apa? Baca, renang, nonton tv, dsb. Sering nih kejadian kaya gini. Itu sih hobi men.

Kalo kata seorang tokoh psikologi:
Quote:


Dari penjelesan ini, dapat kita simpulkan ada dua hal yang penting dalam mengetahui minat kita yaitu; tingkah laku kita, serta sumber minat kita. Biar gampang mikirnya, gue kasi contoh satu.

Quote:

Nah bisa disimpulin kalo orang ini punya minat sama hewan atau tumbuhan, dan bakal seneng deh kalo ngurusin hal-hal yang berbau hewani dan nabati. Kayak gitu.




---------------------------------------




Udah ngerti?


Mari kita lanjut.


"Terus sekarang gimana? Apa sih minat kita? Apa kita harus langsung percaya aja sama tes psikologi yang bilang bahwa minat kita itu A, atau B, atau XXX?"

Eits, ntar dulu. Hasil tes itu menunjukkan kecenderungan kita buat suka sama hal-hal umum, belum tentu kita bener-bener suka sama jurusan tertentu. Misalnya gini, hasil tes psikologi bilang kalau elo cocok untuk masuk jurusan Teknik lah misalnya, belum tentu lo bener-bener cocok untuk ngejalanin perkuliahan selama minimal empat tahun di jurusan teknik, apalagi untuk bisa berkarir sebagai insinyur/arsitek. "Jadi gimana dong? Gimana cara buat bisa milih jurusan yang emang sesuai sama apa yang kita mau?"

Sebenernya jawabannya simpel. Gak usah terlalu serius mikirin kuliah sebagai jurusan-jurusan spesifik. Kuliah itu adalah sarana buat lo untuk memperkaya intelektualitas, apapun jurusan yang lo pilih. Itu satu sebenernya. Nah tapi, kita juga sebisa mungkin harus tetep tau, hal yang bikin lo seneng itu apa? Pelajaran atau bidang ilmu apa yang lo tertarik untuk lebih mendalaminya? Itu sih gak usah bingung-bingung. Lo kan udah lebih dari 10 tahun sekolah, masa gak tau sih bidang pelajaran yang lo sukain? Atau dalam bahasa kerennya, lebih intellectually challenging buat lo.

Nih gini. Mata pelajaran yang sebenernya lo sukain itu bukan yang gampang men (iya sih pasti lo suka soalnya nilainya pasti bagus). Tapi kalo mau jujur ama diri sendiri, mata pelajaran yang menurut lo pasti lo suka, adalah mata pelajaran yang bikin elo tertantang buat lebih dalam mempelajari hal-hal yang terkandung di dalamnya. Tanpa lo sadarin, lo asik sendiri tuh browsing-browsing soal isi mata pelajaran tersebut, terus gunain pengetahuan hasil browsing tadi buat memperkaya penalaran lo di bidang itu. Itu baru namanya beneran suka. Pasti ada deh mata pelajaran yang kaya gini di benak lo semua.

Hal lain lagi yang perlu banget lo camkan dalam pemilihan jurusan adalah:

-Hal Pertama
Spoiler for PERTAMA:

-Hal Kedua
Spoiler for KEDUA:

-Hal Ketiga
Spoiler for KETIGA:



Yang pertama adalah
Quote:



Yang kedua adalah
Quote:



Nanti gue juga bakal bikin tulisan tentang Pentingnya Science dalam Pendidikan. Dengan cara berpikir seperti ini, lo juga bisa lihat kalau Sosiologi juga bisa masuk ke dalam Science.


Yang terakhir adalah
Quote:

Nah, kalo ketiga kemampuan dasar ini bisa lo kuasain dengan baik bahkan sejak lo di bangku sekolah, jurusan apapun yang lo tempuh harusnya gak bakal jadi masalah buat lo.

Seru yah? Eits, jangan seneng dulu. Nanti pas kuliah, kehidupan yang lo hadepin itu bakal jauuuuuhh lebih seru dari yang bisa lo bayangin. Tapi sebelum itu, biar menjamin keseruan itu, lo pilih dulu baik-baik jurusan mana sih yang paling cocok buat lo, sesuai minat lo, menantang lo secara intelektual? Silakan dipilih mumpung masih ada waktu. Gak usah sungkan buat nanya orang-orang genius soal ini, pasti dibantu. Jangan sungkan juga untuk ngobrolin sama temen, pacar, dan ortu soal ini, terutama ortu sih. Kalo penjelasan lo masuk akal dan bikin mereka bangga sama pemikiran lo, apapun yang mau lo masukin pasti mereka lebih gampang buat setuju. emoticon-Big Grin


Quote:


Spoiler for Sumber:


Sekian dari ane, gan. Minta emoticon-Blue Guy Cendol (L)kalo berkenan, jangan emoticon-Blue Guy Bata (L) ya!
Diubah oleh kaskusbangetnih 27-04-2017 06:40
0
67.1K
473
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan