Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

elitefuhrerAvatar border
TS
elitefuhrer
BIJAK DALAM MEMANFAATKAN (SAMPAH) PLASTIK
Sampah plastik merupakan sampah yg tidak mudah diurai oleh alam, plastik ramah lingkungan sekalipun membutuhkan waktu 2 tahun agar teruai oleh alam. Bahkan dalam kondisi yg kurang paparan sinar matahari, suhu yg tidak tepat dan kelembaban tinggi, tas plastik ramah lingkungan membutuhkan waktu 5 tahun untuk terurai. Untuk plastik bukan daur ulang, bisa membutuhkan puluhan tahun agar terurai oleh alam. Untuk bahan styrofoam, bahkan membutuhkan ratusan tahun sebelum terurai oleh alam. Walaupun belum punya anak emoticon-Ngakak (S) , bolehlah kita memikirkan kondisi alam anak cucu kita ke depannya.
Spoiler for Plastik ramah lingkungan:

Spoiler for Styrofoam:

Dalam keseharian, kita sering sekali menggunakan kantong plastik, misalnya ketika kita belanja ke minimarket. Berikut tips sederhana untuk menghemat penggunanaan kantong plastik. Maksud hemat di sini bukan masalah nilai uangnya, tetapi agar perilaku kita lebih ramah terhadap alam.

Spoiler for 1.Jangan memisahkan jenis belanjaan:

Spoiler for 2. Belanja tanpa kantong plastik:

Spoiler for 3. Memanfaatkan ulang plastik:

Spoiler for 4. Menggunakan kantong kain:

Spoiler for 5. Membawa wadah saat belanja makanan:


Berkaitan dengan tips no 3, ane punya tips menyimpan dan memanfaatkan ulang plastik.
Dalam menyimpan kantong plastik, kita sering agak susah karena plastik cukup memakan ruang, tidak rapi dan malah menjadi sampah.
Spoiler for Tips melipat kantong plastik:

Selama ini ane sering memanfaatkan kantong plastik untuk menampung sampah,selain sampah lebih mudah dipungut dan tidak berantakan. Kita juga tidak perlu mencuci tempat sampah, jadinya lebih hemat air.
Spoiler for Tempat sampah:


Itu tips dari ane, sengaja ane urutkan dari yg paling mudah dan memungkinkan kita aplikasikan dalam keseharian kita. Mungkin kita tidak bisa untuk melakukan semua itu, tapi kita bisa memilih 2 atau 3 tips di atas untuk kita terapkan. Selama ini ane hanya bisa menerapkan no 1, 2 dan 3, cukup gampang dan tidak muluk-muluk untuk dijadikan kebiasaan. Mungkin ini langkah sederhana, tp insya Allah akan berdampak besar jika menjadi kebiasaan mayoritas masyarakat kita. Setiap kita bertanggung jawab untuk melestarikan alam dan membangun peradaban yg lebih baik, sesuai dengan kapasitas kita masing-masing. Jika kita bukan orang penting yg bisa membuat undang-undang untuk membatasi penggunaan kantong plastik, kita masih bisa berkontribusi dalam mengurangi penggunaan plastik. Karena rasanya pemerintah emoticon-I Love Indonesia (S)kita masih jauh dari usaha untuk membatasi penggunaan plastik. Seperti kata orang bijak: dari pada meratapi nasib, lebih baik kita menyiasati keadaan yg ada.

Jika agan-agan merasa thread ini bermanfaat, silahkan dishare. Syukur kalo ada yg ngasih rate atau cendolemoticon-Cendol (S) emoticon-Cendol (S)
Terima Kasih
Diubah oleh elitefuhrer 08-05-2015 12:05
0
7.3K
22
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan