Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

krupuk.alotAvatar border
TS
krupuk.alot
Jokowi Bangun Tol Solo-Kertosono, Gubernur Soekarwo: Masyarakat Bersyukur Betul



Ngawi -Tiba pukul 17.00 WIB, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan pemancangan tiang pertama (groundbreaking) proyek tol Solo-Kertosono 177 km. PT Jasa Marga Tbk, dan Waskita Karya Tbk menjadi pelaksana proyeknya.

Acara ini digelar di tengah area persawahan di Desa Klitik, Kecamatan Geneng, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur. Jokowi didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuk Hadimuljono, Menteri BUMN Rini Soemarno, dan Gubernur Jawa Timur Soekarwo.

"Masyarakat bersyukur betul ada groundbreaking seperti ini," ujar Soekarwo, Kamis (30/4/2015).

Di depan Jokowi, Soekarwo melaporkan, proyek jalan tol yang ada di Jawa Timur sudah ada sepanjang 600 km lebih. Namun yang beroperasi baru 96 km. Proyek tol Kertosono ini merupakan bagian dari Trans Jawa yang terbagi menjadi 2 ruas, Solo-Ngawi dan Ngawi-Kertosono.

"Dapat kami laporkan juga, Mantingan-Kertosono sudah 73% (lahan) yang kita bebaskan. Kertosono-Mojokerto sudah bebas lahan 90% lebih," papar Soekarwo.

Soekarwo mengatakan, masyarakat Jawa Timur bersyukur. Karena bila tol ini jadi, ongkos distribusi barang akan menjadi lebih murah.

"Nilai tukar petani akan lebih lebih naik. Karena selama ini tingginya harga pangan itu tidak dirasakan petani, tapi habis untuk ongkos transportasi. Dengan ini makanya diharapkan petani lebih merasakan, petani lebih makmur," papar Soekarwo.

"Saya juga berdoa. Mudah-mudahan Bapak-Bapak sehat dan panjang umur, sehingga tol lain juga bisa dipercepat," tutup Soekarwo.
(dna/dnl)

sumber

Bersyukur betul emoticon-Recommended Seller

============================================


Jokowi: 2017, Jalan Tol Solo-Kertosono Rampung


TEMPO.CO, Ngawi – Presiden Joko Widodo menargetkan proses pembangunan jalan tol Solo-Kertosono rampung pada akhir 2017. "Saya sudah berikan target ke Menteri PU paling lama untuk dua ruas ini 2,5 tahun harus selesai," katanya saat meresmikan percepatan pembangunan jalan tol ruas Solo-Ngawi dan peletakan batu pertama jalan tol ruas Ngawi-Kertosono di Desa Klitik, Kecamatan Geneng, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur, Kamis petang, 30 April 2015.

Menurut Jokowi, ruas dua jalan tol dengan panjang 177,12 kilometer itu merupakan bagian dari megaproyek Jalan Tol Trans-Jawa dan seharusnya rampung tiga tahun lalu. Namun kontraktor sebelumnya, PT Theiss Construction Indonesia, tak mampu mengerjakan proyek karena kekurangan dana. Akibatnya, proyek itu sempat berhenti pengerjaannya. Pemerintah langsung mencabut kontrak perusahaan itu untuk diambil alih.

Dua badan usaha milik negara sektor konstruksi, yakni PT Jasa Marga (Persero) Tbk dan PT Waskita Karya (Persero) Tbk, terpilih untuk menggarap jalan tol Solo-Ngawi-Kertosono. Keduanya berbagi saham, 60 persen dimiliki Jasa Marga dan sisanya dikuasi Waskita Karya. Adapun nilai investasinya tahun ini mencapai Rp 10 triliun.

Direktur Utama PT Jasa Marga Adityawarman menuturkan 30 persen atau Rp 3 triliun dari nilai investasi itu bersumber dari uang dua perusahaan tersebut. Adapun sisanya, yakni 70 persen atau Rp 7 triliun, merupakan pinjaman dari perbankan nasional. "Itu sudah dalam rencana bisnis kami," katanya.

Adityawarman menyatakan jalan tol Solo-Ngawi-Kertosono akan rampung akhir 2017, karena pemerintah berkeinginan keras membuka Jalan Tol Trans-Jawa pada 2018.

Menurut Adityawarman, hingga kini, masih ada empat ruas yang belum tersambung, yakni Pemalang-Batang-Semarang dan Solo-Ngawi-Kertosono. Kini ruas Solo-Ngawi-Kertosono telah resmi digarap PT Jasa Marga dan PT Waskita Karya. "Adapun ruas Pemalang-Batang-Semarang sudah ada investornya tapi belum ada kegiatan konstruksinya. Kami berencana menggarap di sana," ujarnya.

tempo

2017 ga klar harap sundul ini berita emoticon-Big Grinemoticon-Big Grinemoticon-Big Grinemoticon-Big Grin
Diubah oleh krupuk.alot 03-05-2015 14:16
0
1.6K
6
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan