xperianAvatar border
TS
xperian
IPEGA 9028, Gamepad android, ios, windows


Permisi gan, ane mau review singkat tentang bluetooth gaming controller bermerk ipega seri 9028.

Awalnya ane gak berminat sama gamepad buat android gan, tapi pas ngeliat madcatz lynx, ane jadi kepengen buat nyoba. Akhirnya ane tertarik sama controller merk ipega yang satu ini. Yang bikin ane kepincut itu karena ada touchpad buat gerakin kursor.
Langsung aja ane cari toko komputer mana yang jual ipega ini di kota ane, ane langsung samperin dan untung barangnya ada, tinggal satu pula emoticon-Ngakak (S)

Oke langsung aja kita liat unboxingnya
Spoiler for isi dus:

isinya gak muluk muluk, cuma user manual, kabel usb to micro usb dan ipega 9028 itu sendiri.

DESAIN
Spoiler for ipega 9028:


Oke impresi pertama ane, bodinya gak berkesan murahan. Gak keliatan kalo gamepad murah. Ini karena body dibalut cat doff yang halus. Dipadukan juga dengan plastik glossy wana biru, nah plastik ini yang menurut ane kualitasnya kurang. Tapi kalo diliat sekilas gak jelek amat kok.
Layout tombolnya mirip kayak XBOX controller gan, dimana analog joystick kiri dan D-Pad kiri letak posisinya terbalik jika dibandingkan dengan layout dari joystick bawaan Playstation. Penamaan tombol D-Pad bagian kanan juga mirip seperti XBOX contoller, XYAB, gak kotak segitiga bunder dan ex emoticon-Ngakak (S)
Lanjut, peletakan tombol yang menurut ane agak aneh itu ada di R2 dan L2, dimana ada dibagian bawah dari gamepad ini. Tapi justru itu menurut ane yang membuat gamepad ini sangan ergonomis. Peletakan tombol itu pas sekali di tempat jari tengah ane. Jadi buat pencet, jari tengah ane ga perlu berpindah dari tempatnya. Nice emoticon-Cendol (S)
Lanjut ke touchpad. Touchpad berjalan lancar gan, cukup sensitif juga. Ane baru coba di android sih emoticon-Malu (S) . Kalo di anroid sendiri, begitu touchpad disentuh, kursor langsung muncul. Sama persis ketika agan konekin mouse ke android.
Tombol nya termasuk kecil ya gan, tapi buat tangan ane itu gak terlalu kecil kok gan. Feel dari pencetan tombolnya menurut ane kurang gan, ada perasaan capek di jari ketika pencet D-Pad sebelah kiri.
Di bawah tombol start select dan home ada tombol multimedia gan, tombol ini membantu banget kalo main game, agan tinggal kecilin dan gedein volume dari sini langsung.

Dibagian atas terdapat telescopic bracket buat tempat hp agan bertengger. Narik bracket ini mengecewakan ane gan, keras. Telescopicnya pake besi gan, tapi yang ane liat pertama kali seperti plastik. Ane tau itu besi juga dari iseng nempelin magnet ternyata nempel. Tipis tapi keliatannya kuat gan. emoticon-Hammer (S) . Bracket yang ada di gamepad ane ternyata bengkok gan emoticon-Cape d... (S) . tapi masi bisa menopang hape dengan aman.
Spoiler for Bracket bengkok:

Nah seperti yang diliat digambar terakhir diatas, di bagian tempat hape agan bertengger, yang warna item itu gap nya kecil, hape LG G2 pake case nillkin dan spigen slim armor lolos terus gak bisa nempel disana. Itu gara gara bentuk belakangnya yang curvy. Tapi kalo hape agan ngotak, ane rasa ga ada masalah. Ane juga jadi gak pake case di hape ane.

KONEKSI
Sekarang kita masuk ke konektivitas, nah awal ane nyoba konek ke hape ane, ane buka manual. Disuruh buat download driver gan. Ane coba seting sana sini gagal mulu. Akhirnya ane coba cari google, ternyata ada cara yang lebih gampang.

Cara konek disini gampang, dari kondisi mati, tombol home dipencet berbarengan dengan tombol X, itu untuk mengaktifkan mode android gan. (Kalo untuk yang lain, tombol B untuk iCade Mode/apple, tombol Y untuk gamepad mode/komputer, tombol A untuk keyboard mode. Tapi ane belum coba)
Setelah tombol home dipencet berbarengan dengan tombol X, tahan selama 3 detik, terus lampu search kedap kedip secara cepat gan.
Spoiler for lampu search:

Terus agan masuk ke Hape android agan buat aktifin bluetooth, entar ada PG-9028 langsung klik pair dan otomatis connect gan. Dan gamepad bluetooth agan siap dipake.
Spoiler for konek android:

Spoiler for hape terpasang:

Game-game yang ane coba diantaranya leo's fortune, gta chinatown, real racing 3, modern combat 5, Fifa15 itu bisa dimainin pake gamepad gan. dan game yang ane udah coba tapi belum bisa itu carx drift racing gan, COC juga gak bisa emoticon-Blue Guy Peace yang lainnya belum ane coba gan
Ane juga coba konekin dari pc ke gamepad pake usb gak bisa gan, harus pake bluetooth. belum ane coba pake bluetooth sih emoticon-Hammer (S)
koneksi bluetooth dari gamepad ini juga gak ganggu koneksi ke pebble smartwatch kalo agan juga pake. Tapi ane belum coba buat konek ipega, pebble dan bluetooth speaker secara bersamaan gan. Besok kalo ane udah coba ane kabari lagi deh.

Kesimpulan
Buat gamepad murah seharga 200ribuan, ipega 9028 ini value for money kok gan. Gak rugi, body keren dibalut cat doff halus, bodi ergonomis, koneksi mudah dan katanya battery life panjang karena ada fitur battery saving (ane belum charge dari beli sih), apalagi ada touchpadnya, itu semua udah nutupin kekurangannya. Menurut ane aja sih.

Kalo ada yang salah, mohon dikasi tau ya gan emoticon-Big Grin

terimakasih udah mau nyimak.

emoticon-Cendol (S) emoticon-Cendol (S) emoticon-Cendol (S)
0
46K
37
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan