Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

mperncopAvatar border
TS
mperncop
Mie Ayam Ijo-Bogor, pilihan kuliner sehat

Bebarapa waktu lalu saya berlibur ke Bogor dan saya memang sudah niatkan untuk berwisata kuliner. Saya akan hunting makanan yang terletak di jalan raya tapos III atau yg terkenal dengan Seseupan yang terletak di Ciawi. Saya tidak hunting di kota Bogor, karena saya pikir tentu sudah banyak yang tahu makanan apa saja yang tersaji di kota Bogor, karena rata rata pengunjung dari luar kota pasti akan banyak yang mencicipi jajanan di kota Bogor yang memang menyajikan variasi makanan yang sepertinya tidak pernah habis. Untuk menuju Jalan Raya Tapos memang agak jauh menuju dari kota Bogor, harus menempuh perjalanan sekitar satu jam.

Setelah mencoba batagor sehat tanpa vetsin, tanpa pengenyal dan tanpa pengawet, saya putuskan untuk hunting makanan sehat lain yang semuanya hanya ada di Jalan Raya Tapos III.
Saya menemukan rumah makan Mie Ayam Ijo atau disebut juga dengan Mie Ayam hejo dalam bahasa sunda. Saya sering melewati rumah makan ini jika berkunjung ke rumah saudara saya yang terletak hanya sekitar 10 menit dari rumah makan Mie ayam ijo ini,tetapi memang belum pernah mencoba.
Saya yang liburan ini ke sana bersama seorang teman, berniat mencicip mie ayam ijo ini.
Terletak di sebelah kanan jalan dari arah seseupan-Ciawi,dengan berpatokan pada SMU Ciawi,rumah makan ini terletak di depan SMU Ciawi. Ketika kami masuk, terlihat beberapa pengunjung yang terlihat sedang bersenda gurau dengan suara keras. Menu kemudian disodorkan oleh pemilik rumah makan yang turun tangan melayani langsung pelanggannya. Ternyata selain mie ayam ijo,ada varian mie lain yaitu mie orange, mie hitam dan mie biasa.
Mie ijo adalah mie dengan pewarna dari sayur mayur, mie orange menggunakan pewarna dari wortel dan mie hitam pewarna terbuat dari tinta cumi. Saya memesan mie ayam orange baso, dan teman saya memesan mie ayam ijo baso,per mangkoknya hanya sebelas ribu saja. Jika memesan mie ayam tanpa baso maka hanya Sembilan ribu saja.
Tidak lama, pesanan datang, disajikan dengan ditaburi ayam dipotong dadu, seperti mie ayam pada umumnya dan sayur sawi serta pangsit. Mie nya sedikit, mangkok tidak penuh seperti mie ayam biasanya. Kami langsung makan,dan enak sekali, mie ayam orange saya terasa ada sedikit rasa manis mungkin karena wortel yangg digunakan. Kami makan dengan lahap. Saya suka dengan porsi mie yg tidak menggunung di mangkok.
Kebetulan saya berbincang bincang juga dengan pemilik rumah makan ini yang saya rasa pasangan suami istri. Si istri bernama Erna dan si suami yang berpotongan rambut cepak ini berasal dari Solo dan bernama Joko Widodo, nama yang sama dengan nama mantan gubernur Solo.
Mereka lalu bercerita bahwa telah berjualan mie ayam selama dua tahun, mie dibuat sendiri dengan menggunakan konsep makanan sehat, maka mbak Erna tidak menggunakan pengenyal, pengawet dan pengembang. Itulah mengapa mie tidak menggunung di mangkok namun padat dan tetap membuat kenyang. Baso yg menemani mie pun dibuat sendiri.
Setelah makan mie, pilihan minuman juga banyak tersedia, saya memilih jus viber,yaitu jus sayur mayur dicampur buah. Jus berwarna hijau ini begitu segar, manis dan ada rasa asam. Ada campuran jeruk nipisnya begitu mbak Erna menjelaskan. Ada rasa sayur yang sedikit langu namun tidak kentara, tertutup dengan jeruk nipis. Bagi saya jus sayur tentu tidak afdhol kalau tidak ada rasa sayur mayurnya sama sekali.
Kedai mie ayam ijo menurut saya sangat masuk akal untuk dijadikan pilihan berkuliner sehat, harga setiap menunya pun sangat murah.

tien212700
tien212700 memberi reputasi
1
6.1K
15
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan