Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

family38Avatar border
TS
family38
Pilih Kereta Cepat Tiongkok atau Jepang?

RI Masih Pikir-pikir


china


jepang

Jakarta, (Analisa). Rencana pembangunan kereta cepat Jakarta-Bandung muncul kembali saat kunjungan Presiden Jokowi di Tiongkok, pekan lalu. Rencana kereta cepat sempat digagas pada pemerintahan sebelumnya dengan menggandeng 'Shinkansen' Jepang.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Sofyan Djalil mengatakan rencana kereta cepat masuk dalam penandatanganan kesepahaman (MoU) antara Indonesia dan Tiongkok pekan lalu.

Namun, pemerintah masih menimbang untuk menentukan teknologi mana yang akan dipakai.

Sofyan mengatakan kerjasama kereta cepat, hanya 1 dari 8 MoU lainnya dengan Tiongkok termasuk soal target peningkatan perdagangan, dan lainnya. Kereta cepat Jakarta-Bandung memerlukan studi lebih lanjut.

"Sehingga dengan begitu, selama ini kan sudah ada studi yang dilakukan oleh Jepang. Dengan begitu kita bisa tahu mana yang lebih menguntungkan, mana yang lebih dibutuhkan bagi republik," kata Sofyan di kantornya, Lapangan Banteng, Jakarta, Senin (30/3).

Sofyan memastikan tahun ini keputusan pembangunan kereta cepat sudah dilakukan pemerintah.

Nantinya akan diputuskan apakah akan memakai teknologi Tiongkok atau Jepang.

"Tapi apakah dengan Tiongkok, tergantung studi ini," katanya.

Nilai investasi soal kereta belum bisa dipastikan, saat ini masih studi soal skema pembiayaannya yang segera diselesaikan.

Sehingga dalam waktu dekat akan diputuskan teknologi kereta mana yang akan dipakai. Selain itu, di Tiongkok juga sempat dibahas kerjasama pembangunan Light Rail Transit (LRT) Jabodetabek.

"Kemarin ketemu Adhi Karya dengan perusahaan Tiongkok untuk membantu LRT. Dari Bekasi ke Jakarta, Depok Jakarta, Bogor Jakarta dan sebagainya," katanya. (dtc)

sumur : http://analisadaily.com/ekonomi/news...554/2015/03/31
0
3.2K
35
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan