Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

warungrakyatAvatar border
TS
warungrakyat
Tips Membangun Bisnis Online Shop Dari Awal | WarungRakyat.com




Dalam membangun sebuah online shop atau e-commerce, toko online atau apa pun itu, pada dasarnya sama saja seperti membuat situs lainnya, dan 90% tergantung pada platform yang anda gunakan, misalkan kita ingin membuat online shop dengan platform berbasis wordpress, maka langkah awal anda adalah, cari themes atau templates jenis onlineshop, dan saat ini sudah banyak sekali themes yang bisa anda gunakan, mulai dari yang gratis, sampai yang berbayar dan mahal. untuk onlineshop tampilan themes tersebut harus cukup meyakinkan, karena tidak bisa di pungkiri bahwa saat ini banyak sekali penipuan dengan modus toko online! artinya toko online anda harus cukup meyakinkan pembeli. karena kalau tidak, besar kemungkinan mereka akan mencari toko online besar yang cukup ternama. alasannya cukup sederhana, karena mereka tidak mau uang mereka hilang! kalau di lihat perbandingan harga, antara online shop kecil dengan yang besar, tidak akan jauh berbeda, akan tetapi rasa aman belanja online adalah salah satu faktor penting.

Secara logika orang tidak akan membeli suatu produk via online. akan tetapi ada beberapa alasan yang mendorong konsumen untuk mencoba belanja online. salah satu alasan nya adalah, karena mereka tidak bisa menemukan produk yang ada di sekitar mereka, atau karena harganya lebih murah dan terjangkau. akan tetapi yang menjadi hambatan terbesar dalam sebuah industri e-commerce adalah, faktor kepercayaan! mengingat saat ini banyak sekali terjadi penipuan online, dan hal ini tidak terjadi di indonesia saja, akan tetapi di seluruh dunia, oleh karena itu negara-negara yang sudah berpengalaman biasanya akan membuat sistem keamanan berbelanja online menjadi lebih aman, entah itu dari sistem pembayaran, seperti paypai yang di mana konsumen bisa melakukan pembatalan pembayaran atau refund/dispute payment, atau bisa juga adanya website website yang bertugas untuk mengawasi reputasi! dan biasanya pihak pemerintah tidak terlalu ikut campur dalam industri tersebut! alasan nya cukup sederhana, yaitu bukan bidang mereka, mungkin dari sisi penegakan hukum pemerintah bisa juga menerapkan aturan baru, akan tetapi kenyamanan dan keamanan transaksi tersebut hanya para pelakunya yang bisa menciptakan sistem yang lebih baik.

Adapun cara-cara yang harus anda ketehui ketika baru membuka bisnis online shop dari awal :

Pahami Kebutuhan Konsumen
Buatlah online shop yang dapat memenuhi kebutuhan konsumen. Ketahui terlebih dahulu fokus jenis baju yang ingin Anda jual. Ambil contoh: baju pesta. Gali lebih lanjut segala hal yang berkaitan dengan kebutuhan konsumen akan baju pesta. Apakah model dan jenis bahan baju pesta yang dibutuhkan orang? Apa saja yang dicari dan dihindari seseorang ketika memilih baju pesta? dan masih banyak lagi pertanyaan yang harus Anda jawab sebelum memutuskan akan menjual baju apa.
Sekedar menjual baju yang dibutuhkan konsumen saja, Anda sudah pasti memiliki pembeli (namun tidak banyak). Untuk menggaet pasar lebih luas, padukan kebutuhan tadi dengan tren pasar. Setelah memahami kebutuhan baju konsumen, lakukan riset sejenak untuk mengetahui perkembangan tren fashion. Hal ini akan memungkinkan Anda untuk dapat menyediakan produk yang selalu up to date dan banyak disukai orang.

Pelajari Pasar Terlebih Dahulu Dengan Menjadi Reseller/Dropshipper
Sebelum menjual produk sendiri di toko online, sebaiknya Anda menjalani “magang” dengan terlebih dahulu menjadi reseller/dropshipper.

Tugas reseller/dropshipper adalah membantu supplier menjual barang. Anda menjadi penjual yang akan menyampaikan order ke supplier, untuk kemudian supplier dapat mengirimkan barangnya ke konsumen. Supplier biasanya memberikan harga produksi (atau naik sedikit dari harga produksi) kepada Anda. Selanjutnya, Anda bebas memasang harga ke konsumen untuk produk tersebut. Pemasukan Anda sebagaireseller/dropshipper berasal dari keuntungan harga yang Anda berikan kepada konsumen tadi. Foto-foto produk biasanya sudah langsung disediakan oleh supplier. Tugasreseller/dropshipper adalah menyebarkan dan menawarkannya ke konsumen.

Selain itu, ada pula sistem dropshipper yang memosisikan Anda sebagai penerima orderan dari penjual untuk kemudian Anda kirimkan produk pesanan tersebut ke konsumen. Pemasukan Anda untuk hal ini biasanya berupa insentif.
Dengan menjadi reseller/dropshipper Anda dapat mempelajari dunia jualan online tanpa mengeluarkan modal. Di sini Anda akan mengetahui cara jualan, bekerja sama dengan supplier, memahami produk apa saja yang menarik, berinteraksi dengan konsumen, menghadapi beraneka tipe konsumen serta memperluas jaringan distribusi.
Setelah Anda mendapatkan pengalaman langsung berjualan online sebagaireseller/dropshipper, barulah Anda mantapkan diri untuk membuka toko baju online sendiri.

Tentukan USP (Unique Selling Point)
Semakin segmented produk yang Anda jual, sebenarnya akan semakin baik karena lebih memudahkan Anda mendapat konsumen loyal serta memasuki pasar komunitas yang saingannya masih sedikit. Meskipun demikian, sebagai pemain pemula, Anda disarankan untuk menjual produk yang diminati pasar umum terlebih dahulu.
Dalam menjual produk yang sedang ngetren, Anda akan menghadapi peperangan dengan banyak pemain di ranah yang sama. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda harus memiliki keunikan. Setidak-tidaknya, Anda harus memiliki keunggulan di salah satu bagian tertentu seperti “harga, kualitas, atau varian” Akan lebih bagus lagi jika Anda menemukan keunikan lain, misalnya dari segi pelayanan, keunikan produk, packaging, dan lain-lain.

0
2.3K
11
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan