adhexasefAvatar border
TS
adhexasef
Surat Terbuka Untuk XL/AXIS: GPS Aktif Sendiri/OTOMATIS
UPDATE #CASE CLOSED:

Quote:



Selamat siang para penghuni kaskus, disini saya membuat surat terbuka untuk XL dan AXIS karena sudah sangat jengkel sekaligus bingung.

Permasalahan:
Saya pengguna Lenovo p780, Sejak kurang lebih 1 bulan ini GPS AKTIF SENDIRI/OTOMATIS AKTIF apabila saya menggunakan Kartu XL/AXIS, Masalah GPS aktif sendiri ini timbul apabila saya mengaktifkan Internet/data pada mode 3G, jika di mode edge only gps tidak aktif sendiri. Perlu diketahui, bahwa jika saya matikan gpa pun maka selang beberapa menit/detik gps akan kembali secara otomatis

Setelah saya melakukan survey, ternyata masalah yang sama timbul di smartphone lain terutama yang merek LENOVO, untuk pengguna LENOVO P780 sendiri semua yang memakai provider XL mengalami hal yang sama. Adapun Beberapa smartphone yang saya UJI COBA LANGSUNG diantaranya:
1. Lenovo p780
2. Lenovo A516
3. Lenovo s920
4. Lenovo S820

Usaha yang telah saya lakukan:
1. Menelpon CS: Saya sudah menelpon 3x. Dan saya tidak mendapat kepuasan, karena jawaban dari CS yang menurut saya merupakan jawaban yang konyol... dari 3x saya menelpon CS, jawaban mereka sama, Saya di suruh ke service center LENOVO untuk memperbaiki, padahal masalah ini timbul di semua hp LENOVO P780 dan lenovo lain loh, dan juga hanya timbul jika saya menggunakan XL/AXIS, jika menggunakan provider lain tidak ada masalah, kesimpulan saya masalah ini timbul KARENA XL/AXIS bukan HP.

2. Berganti-ganti ROM: saya mencoba berbagai rom dan ternyata masalah ini tidak bisa di atasi, HANYA MENGGANTI PROVIDER yang bisa mengatasi hal ini.

3. Membaca di forum luar (XDA/Forum MIUI): Di XDA saya menemukan masalah serupa tapi ini terjadi di REDMI 1S di MALAYSIA, masalahnya sama gps aktif sendiri jika menggunakan provider tertentu (provider saya lupa namnya). Dikatakan di sana, salah seorang pengguna melaporkan masalahnya ke provider terkait dan solved. Seperti yang saya jelaskan diatas, saya juga melaporkannya melalui CS tapi gak solved, karena JAWABAN CS nya yang terkesan menyalahkan LENOVO, padahal saya sudah menjelaskan dengan sangat rinci.

Semoga dengan dibuatnya surat terbuka ini da tanggapan positif dari pihak XL/AXIS, Untuk lebih meyakinkan lagi, silakan para pengguna smartphone android khususnya lenovo yang mengalami masalah serupa, memberikan komentar disini. Atau jika ada yang sudah bisa memperbaiki masalah ini mohon bntuannya untuk di share disini. Terimakasih

UPDATE
Maaf ane gak reply, ane jawab disini ya, supaya tidak terjadi jawaban serupa:

Alasan saya menganggap bahwa penyebab ini adalah Providernya karena:
1. Jika menggunakan SIM Card selain XL/AXIS maka masalah ini tidak muncul, menggunakan telkomsel dan indosat tidak terjadi hal seperti ini.
2. Ane mengacu pada thread di sini Redmi 1s GPS auto On, berdasarkan thread tersebut, GPS pada redmi 1s otomatis aktif, dan kejadian ini hanya terjadi pada pengguna STARHUB, operator lain AMAN, dilanjutkan pada thread tersebut, ada user yang melaporkan masalahnya ke pihak starhub dan masalahpun selesai.
3. Admin ponselmu.com juga pernah mengalami hal serupa, tapi belum di temukan jawabannya. ini thread nya GPS aktif sendiri di s920
4. Kebetulan saya pakai Axis, sebelum Axis di akuisisi/merger dngn XL saya tidak pernah mengalami hal ini.

Jawaban ane untuk pendapat agan (sebelumnya saya ucapkan terimakasih)
1. Trigger dari Aplikasi/OS: Jika memang ada trigger dari aplikasi atau OS, seharusnya menggunakan operator lainpun sama donk gan, Selanjutnya saya pastikan tidak ada trigger dari aplikasi ataupun OS, Kenapa? karena saya tesnya di 4 HP lenovo Tipe berbeda gan.
2. Coba di AOSP, ane kurang ngerti aosp murni dan gak murni gan, tapi ini list ROM yang pernah saya pakai dan masih timbul hal yang sama diantaranya, MIUI, Stockrom Lenovo baik JB maupun kitkat, rom AOSP (gak tau murni atau nggaknya) dan masih banyak rom lain juga tetap mengalami masalah yang sama.
3. Matikan Location Service: sudah gan,, masih tetap sama
4. Coba rom, jangan restore APPS dan coba gunakan akun email yang berbeda: sudah saya tes menggunakan kembali Stock ROM dan menjalankan semua yang disarankan, masalah masih ada, GPS masih otomatis aktif, Mengenai akun email, karena saya tes di 4 HP (punya ane dan teman) saya kira tidak ada yang salah mengenai ini gan,, he

Kesimpulan Sementara yang ane ambil nih gan (CMIIW) ya:
Sepertinya masalah ini memang terjadi karena Operator, karena tidak semua orang mengalami (ane nanya di grup p780) cuma sebagian yang mengalami. Saya kira Lokasi yang menentukannya, saya sendiri tinggal di kabupaten Ciamis jawabarat serta hp yang saya tes semua juga tentunya milik orang yang tinggal di Ciamis, dan semuanya mengalami masalah, alasan ini ane juga ambil dari salah satu komentar di Forum yang ane kasih linknya diatas yang menyebutkan "only Starhub users appears to be affected and mostly in the East and North East region previously. As of today, people in Central and West are getting hit too", Sepertinya yang paling saya setujui pendapat dari agan sniperwolf, ini disebabkan oleh BTS op di daerah tertentu.

Di tunggu tanggapan selanjutnya ya gan,, barangkali ada yang mengalami dan sudah solved. Terimakasih juga yang sudah menjawab.
Diubah oleh adhexasef 11-03-2015 12:42
0
33.4K
43
Thread Digembok
Urutan
Terbaru
Terlama
Thread Digembok
Komunitas Pilihan